Daftar isi
8 min read

Shoppertainment: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Contoh

Tayang 22 November 2023
Diperbarui 08 Desember 2023
Panduan lengkap Shoppertainment
Shoppertainment: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Contoh

Popularitas shoppertainment terus meningkat seiring perubahan perilaku konsumen yang ingin merasakan pengalaman berbelanja menyenangkan. Oleh karena itu, sebagian bisnis online beradaptasi dengan menghadirkan konten video autentik  melalui shoppertaiment.

Melansir laman Marketing.id, setidaknya 83% konsumen Indonesia mengungkapkan bahwa mereka sering menonton video sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Konten video mempunyai pengaruh besar pada keputusan pembelian untuk produk fashion, kecantikan dan elektronik.

Melihat fakta tersebut, sudah sewajarnya bisnis online mengikuti keinginan publik dengan menghadirkan konten video yang bukan hanya menjual produk tapi juga menghibur, salah satunya melalui shoppertainment.

Kenali lebih jauh konsep shoppertainment dan strategi penerapannya pada artikel berikut.

Apa Itu Shoppertainment?

Shoppertainment adalah pengabungan aktivitas berbelanja dengan hiburan. Tujuannya untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang menghibur sehingga target audiens tertarik untuk membeli. Audiens bisa melihat langsung tampilan produk, demonstrasi dan efek penggunaan produk.

Konsep shoppertainment telah diadopsi oleh banyak bisnis online. Pada penerapanya, pembuatan konten shoppertainment memerlukan konsistensi. Selain itu, dibutuhkan juga kreativitas dan  analisis trend yang konsumen minati untuk menghasilkan konten yang menjual.

Melansir dari laman Tempo.com melaporkan bahwa shoppertainment di Asia Pasifik memiliki market value senilai 1 triliun USD pada 2025. Angka ini meningkat dua kali lipat dibandingkan saat ini yang sudah menyentuh 500 miliar USD, dengan proyeksi kontribusi GMV terbesar dari Indonesia sebesar 26%.

Baca juga: Ide Bisnis Digital Kreatif yang Menjanjikan Keuntungan 

Manfaat dan Keuntungan Shoppertainment

Shoppertainment adalah strategi pemasaran berbasis pengalaman yang mendapatkan popularitas dengan cepat di dunia e-commerce. Berikut adalah lima manfaat utama yang diberikan oleh shoppertainment:

– Meningkatkan Penjualan secara Signifikan

Shoppertainment membantu bisnis menjual produk dengan cepat melalui konsep penjualan yang interaktif seperti siaran langsung. Hal ini mendorong mereka untuk bertransaksi sekaligus meningkatkan traffic website Anda.

– Membangun Citra dan Reputasi Brand Positif

Pengalaman berbelanja yang ditawarkan shoppertainment secara tidak langsung dapat meningkatkan brand image. Pasalnya pelanggan yang merasakan langsung dan puas, akan membaginya ke kolega atau sosial media mereka.

– Mengedukasi Pelanggan dengan Cara Menyenangkan

Melalui siaran langsung lewat TikTok atau sosial media lainnya, Anda bisa memberikan informasi terkait produk yang dijual dengan menarik. Pelanggan juga lebih mudah dalam memahaminya. Terlebih mereka bisa berinteraksi langsung jika kurang paham.

– Menjadi Pembeda dari Kompetitor

Di tengah persaingan bisnis yang ketat, sangat dibutuhkan inovasi agar brand Anda tetap menonjol dibandingkan kompetitor. Shoppertainment adalah solusi yang tepat. Pemasaran digital ini mendorong keterlibatan pelanggan melalui siaran langsung.

– Meningkatkan Keterlibatan dan Loyalitas Pelanggan

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa konsep shoppertaiment menyediakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Hal ini mendorong pelanggan untuk terlibat langsung dengan berbelanja dan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Bagaimana Cara Kerja Shoppertainment?

Sebagian besar konsumen dan bisnis online telah merasakan bahwa shoppertainment telah memberikan kemudahan untuk jual beli Keduanya memanfaatkan digital marketing tersebut untuk berinteraksi langsung.

Bahkan di Indonesia, hampir semua platform e-commerce sudah mengadopsi konsep shoppertainment untuk memperkaya fitur mereka.

Salah satu pelopor pertama adalah e-commerce Lazada. Platform e-commerce tersebut memungkinkan bisnis online untuk melakukan live streaming dan mengupload konten-konten menarik dan menghibur.

Konten-konten yang dimaksud bisa berupa siarang langsung dengan format “live shopping” yang dikemas dengan menarik. Dengan video tersebut, diharapkan akan menarik konsumen untuk berbelanja.

Misalnya saat bisnis online saat melakukan live shopping, ada kemungkinan besar konsumen melakukan pembelian secara spontan. Hal ini kemungkinan terjadi karena mereka tertarik atau terpengaruh dengan penawaran promosi yang Anda sajikan.

Selanjutnya, konsumen akan melakukan proses transaksi secara langsung. Dimulai dengan memilih produk yang mereka suka. Kemudian melakukan pembanyaran untuk menyelesaikan transaksi. Pesanan yang Anda terima, bisa langsung diproses untuk dikirimkan ke konsumen.

Konsumen yang telah membeli, berpeluang berbelanja kembali dan membagikan pengalaman mereka kepada para calon konsumen lainnya.

Dengan demikian, shoppertainment juga dapat membantu memaksimalkan retensi dan loyalitas dengan membuat pelanggan kembali kepada Anda.

Baca juga: Strategi Digital Marketing Bisnis

Contoh Content Shoppertainment yang bisa Dicoba

Beberapa jenis konten shoppertainment yang patut bisnis online coba adalah:

1. Live Streaming

Live streaming merupakan salah satu jenis konten shoppertainment yang paling populer. Salah satu perintis yang mengadopsi tren ini adalah Lazada.

Platform e-commerce tersebut secara rutin mengadakan live shopping yang memungkinkan bisnis online untuk berinteraksi secara real-time konsumen.

Selama siaran, konsumen dapat langsung membeli produk yang mereka lihat dipresentasikan oleh pembawa acara. Termasuk mencari penawaran eksklusif dan informasi produk yang penting.

Selain Lazada, live shopping juga tersedia di platform e-commerce lainnya seperti Shoppe. Bahkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram hingga TikTok juga menyediakan fitur live streaming yang bisa digunakan untuk berjualan.

Contoh shoppertainment - Lazada live streaming

2. Augmented Reality

Selain membawa pengguna ke dalam pengalaman dunia maya, Anda dapat memasukkan unsur-unsur realitas virtual ke konten shopperentaiment melalui teknologi Augmented Reality (AR).

Teknologi AR memungkinkan penggunanya memakai perangkat seluler dan tablet mereka untuk melihat objek 3D yang terlihat seolah-olah berada dalam lingkungan fisik yang sebenarnya.

Sebagai contoh, IKEA memungkinkan pelanggan untuk melihat bagaimana furnitur akan terlihat dalam kehidupan nyata sebelum mereka membelinya, dengan menggunakan aplikasi seluler mereka yang disebut IKEA Place.

Pengguna dapat mengamati berbagai produk seperti meja, kursi, meja rias, dan jenis furniture lainnya dalam lingkungan rumah mereka melalui model virtual berukuran penuh.

Mereka dapat menempatkan model ini di tempat yang diinginkan dan berjalan-jalan sekitarnya untuk melihat produk dari berbagai sudut.

Pengalaman tersebut memberikan pengguna gambaran yang jelas tentang bagaimana produk akan terlihat dan apakah akan cocok dengan dekorasi di sekitarnya.

Keuntungan utama dari teknologi augmented reality adalah konsumen dapat menguji produk tanpa perlu memiliki sampel fisik dari produk tersebut.

IKEA Place - contoh shoppertaiment

Sumber: ikea.com

3. Gamifikasi

Bisnis online dapat memanfaatkan konsep gamifikasi untuk menjadikan pengalaman berbelanja lebih interaktif dan menarik, dengan memasukkan unsur kontes dan penghargaan ke dalam proses berbelanja.

Sebagai contoh, Sephora memiliki aplikasi seluler yang dikenal sebagai “Sephora to Go”. Aplikasi Sephora menyediakan fitur yang disebut “Spin to Win.”

Dalam permainan “Spin to Win” ini, konsumen memiliki kesempatan untuk memutar roda virtual dengan harapan memenangkan diskon, produk gratis, atau hadiah lainnya.

Untuk berpartisipasi dalam permainan ini, konsumen harus melakukan pembelian melalui aplikasi Sephora to Go terlebih dahulu.

Kemudian mereka akan memutar roda virtual Spin to Win. Hadiah yang bisa mereka dapatkan meliputi diskon untuk pembelian berikutnya, sampel gratis dari produk kosmetik, perawatan kulit, atau pengalaman eksklusif.

Sephora Spin to Win - shoppertaiment

Sumber: Facebook sephorasingapore

4. Trivia & Kuis

Bisnis online dapat memanfaatkan elemen trivia dan kuis untuk mengajak konsumen berpartisipasi serta memberikan pengalaman berbelanja yang menghibur dan edukatif.

Pengalaman tersebut dapat mendorong mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu di dalam aplikasi dan mungkin melakukan lebih banyak pembelian.

Sebagai contoh, Amazon memiliki fitur yang dikenal sebagai “Amazon Quiz”. Fitur tersebut tersedia melalui aplikasi seluler mereka di India.

Amazon Quiz adalah permainan trivia yang memberikan konsumen kesempatan untuk memenangkan hadiah dengan menjawab pertanyaan terkait peristiwa terbaru, tren budaya populer, atau produk-produk yang ditawarkan oleh Amazon.

Untuk bermain kuis, konsumen hanya perlu membuka aplikasi Amazon dan menuju ke bagian yang berisi kuis. Setelah itu, mereka dapat menjawab pertanyaan dan melihat apakah mereka beruntung untuk memenangkan hadiah.

Hadiah yang bisa mereka dapatkan meliputi kartu hadiah Amazon, perangkat elektronik, atau produk-produk lainnya.

Bagaimana Cara Menggunakan Shoppertainment?

Setiap platform memiliki cara berbeda-beda untuk konsumen berbelanja melalui shoppertainment. Namun, cara umum untuk menemukan dan berbelanja shoppertainment cukup mudah, Anda cukup mengikuti langkah berikut:

  • Cara Menemukan Konten Shoppertainment di Berbagai platform

Buka aplikasi yang menyediakan fitur live streaming atau shopperntertaiment (misal Lazada, Shoppe, TikTok atau lainnya)
Masukkan jenis produk yang sedang Anda cari

  • Klik fitur “Live Streaming” (Setiap platform memiliki nama berbeda, misalnya “Live” untuk Shoppe dan TikTok)
  • Masukkan keyword atau hastag tertentu untuk menemukan konten yang sesuai dengan Anda cari
  • Setelah itu, akan muncul berbagai video live streaming relevan dengan yang Anda cari
  • Pilih konten atau toko online yang menampilkan live streaming produk yang Anda butuhkan

Baca juga: Cara Mudah untuk Jualan di Tik Tok

  • Cara Berbelanja Langsung lewat Shoppertainment

Sementara itu, untuk berbelanja langsung lewat shoppertainment Anda perlu bergabung dengan live streaming. Apabila Anda tertarik berbelanja produk tersebut maka dapat melakukan check out dengan cara berikut ini:

  1. Pilih konten atau toko online yang sedang menawarkan produk melalui live streaming
  2. Klik “Belanja”, lalu akan muncul daftar produk yang dijual dari toko online tersebut
  3. Pilih salah satu produk yang Anda inginkan, lalu klik “Beli”
  4. Kemudian tekan “Konfirmasi” untuk mengisi detail pemesanan
  5. Pilih metode pembayaran yang ingin Anda gunakan
  6. Klik “Bayar” untuk menyelesakan transaksi, dan tunggu hingga proses pemesanan Anda sukses

Tingkatkan Penjualan Anda melalui Shoppertainment

Shoppertaiment adalah salah satu strategi digital yang patut dicoba di era saat ini. Teknik marketing ini memungkinkan calon konsumen untuk berinteraksi langsung dengan bisnis melalui konten yang menghibur.

Tidak hanya platform e-commerce, saat ini media sosial juga menyediakan fitur yang bisnis online melakukan shoppertaiment, seperti TikTok, Instagram, Facebook dan lainnya. Melalui fitur tersebut, bisnis online bisa menawarkan produk melalui konten yang menyenangkan.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi omnichannel terbaik yang mampu mengintergrasikan berbagai channel dalam satu platform. Aplikasi Mekari Qontak dapat menghubungkan Instagram, Facebook, Twitter hingga Tokopedia chat dalam satu dasbor.

Integrasi Mekari Qontak mempermudah bisnis online untuk mengelola penjualan dan layanan pelanggan dari berbagai channal. Oleh karena itu, lebih dari 3500 perusahaan terkemuka di Indonesia menggunakan Mekari Qontak untuk mengelola bisnis mereka.

Yuk, Coba Demo Gratis Aplikasi Omnichannel terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak.

Kategori : E-commerce
WhatsApp WhatsApp Sales