Mekari Qontak
Marketing Other Business

8 Tips Sukses Social Media Optimization (SMO)

Website Optimization via Social Media

Catat! Ini Dia Tips Social Media Optimization (SMO) yang Perlu Anda Ketahui!

Saat ini platform media sosial telah menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan banyak orang, termasuk bagi Anda yang memiliki bisnis atau perusahaan. Di mana social media optimization (SMO) menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.

Penggunaan SMO dapat meningkatkan visibilitas profil media sosial Anda, meningkatkan aktivitas jejaring sosial, dan memuncul bisnis Anda pada hasil pencarian. Untuk lebih jelasnya, simak apa itu SMO, tujuan SMO, dan tips SMO di pembahasan berikut ini.

Apa itu Social Media Optimization?

Social media optimization adalah metode yang digunakan untuk mengoptimasi media sosial. Optimasi ini mencakup sejumlah strategi, tools, dan praktik terbaik yang digunakan untuk mendapatkan eksposur dengan kualitas tinggi dan keterlibatan audiens yang telah ditargetkan.

Dalam penerapannya, optimasi media sosial melibatkan berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, TikTok, dan media sosial lainnya sebagai sumber trafik sekaligus backlink.

Untuk melakukan optimasi media sosial, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu konten apa yang dicari oleh audiens Anda, lingkungan media sosial seperti apa yang cocok dengan bisnis atau perusahaan Anda, dan kemudian menjalankan strategi yang tepat untuk bisnis Anda.

Jika dilihat sekilas, mungkin strategi SMO akan terlihat sama dengan strategi SEO (search engine optimization). Ini karena keduanya sama-sama berfungsi untuk mengoptimasi dan menampilkan konten. Namun, tujuan dari optimasi media sosial adalah untuk memunculkan bisnis atau perusahaan Anda pada hasil pencarian dengan menggunakan media sosial.

Selain itu, optimasi media sosial juga bertujuan untuk menghasilkan traffic website dan meningkatkan kesadaran audiens tentang website bisnis atau perusahaan Anda.

Lalu, Apa Pentingnya Social Media Optimization?

Jika dilihat sekilas, mungkin strategi SMO akan terlihat sama dengan strategi SEO (search engine optimization). Ini karena keduanya sama-sama berfungsi untuk mengoptimasi dan menampilkan konten. Namun, tujuan dari optimasi media sosial adalah untuk memunculkan bisnis atau perusahaan Anda pada hasil pencarian dengan menggunakan media sosial.

Di sisi lain, SMO bertujuan untuk meningkatkan hubungan dengan audiens dan meningkatkan kesadaran audiens terkait produk dan layanan baru. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menerapkan SMO dalam strategi digital marketing bisnis atau perusahaan Anda.

Apa Saja Tips Social Media Optimization?

Setelah mengetahui pengertian social media optimization dan tujuannya, sekarang saatnya untuk mengetahui apa saja tips yang perlu Anda ketahui untuk memaksimalkan SMO pada kampanye dan bisnis Anda.

Berikut adalah 8 (delapan) tips social media optimization:

1. Optimalkan strategi Anda

Optimalkan strategi

Media sosial berkembang dan terus berubah dengan cepat, begitu juga dengan strategi Anda. Untuk itu, Anda bisa mulai mengoptimalkan strategi Anda dengan memastikan tujuan dan sasaran yang jelas.

Anda harus mengetahui apa yang Anda ingin capai dengan menggunakan kampanye media sosial. Misalnya seperti meningkatkan eksposur brand, mendorong prospek, atau menghasilkan konversi. Strategi Anda harus fokus pada pertumbuhan bisnis Anda dengan mencapai hasil yang terukur.

Selain itu, dalam mengoptimalkan strategi Anda juga perlu memilih platform media sosial apa yang akan Anda gunakan untuk meraih audiens yang tertarik dengan bisnis Anda.

2. Sama halnya dengan SEO, Anda perlu melakukan riset untuk kata kunci

Riset untuk kata kunci

Kata kunci memainkan peranan penting dalam strategi media sosial. Untuk itu, Anda harus tahu topik, kata kunci, dan tagar apa yang akan digunakan audiens Anda untuk menemukan informasi terkait bisnis atau industri Anda.

Dengan memahami bagaimana audiens Anda mencari di media sosial, maka Anda dapat mengoptimalkan strategi media sosial Anda untuk mengarahkan lebih banyak orang ke halaman Anda.

Saat memilih kata kunci untuk kampanye media sosial, sebaiknya Anda menggunakan tools kata kunci khusus untuk media sosial. Ini karena orang-orang menggunakan kata kunci yang berbeda di media sosial dengan kata kunci di halaman pencarian.

3. Optimalkan profil bisnis atau perusahaan Anda

Optimalkan profil sosial media

Mengoptimalkan profil media sosial adalah salah satu strategi social media optimization yang sangat baik untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengguna berkualitas ke halaman Anda.

Sementara itu, foto profil, nama pengguna, dan bio menjadi tiga hal utama yang harus diperhatikan dalam mengoptimalkan profil bisnis atau perusahaan Anda. Pastikan untuk menyertakan logo bisnis atau perusahaan pada foto profil.

Kemudian Anda juga juga harus menggunakan nama pengguna yang konsisten di setiap profil media sosial. Ini bertujuan untuk memudahkan audiens saat mencari akun bisnis atau perusahaan Anda.

Di sisi lain, Anda juga harus mengisi informasi bio dengan lengkap. Tuliskan apa yang dilakukan perusahaan Anda dan integrasikan kata kunci yang relevan ke dalam bio Anda.

Selain ketiga hal tersebut, Anda juga harus menyertakan link tautan yang dapat mengarahkan audiens ke website bisnis atau perusahaan Anda, agar mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda.

4. Optimalkan konten Anda

Mengoptimalkan konten

Ada dua jenis konten yang dapat Anda posting di media sosial bisnis Anda. Pertama adalah konten asli yang dibuat untuk di-posting di media sosial. Kedua adalah content curation atau konten yang dikurasi dari berbagai sumber terpercaya.

Dengan mengoptimalkan konten, Anda dapat melibatkan audiens di media sosial untuk berinteraksi dengan brand, seperti menyukai konten, berkomentar, hingga berbagai postingan dengan pengguna lainnya.

5. Gunakan hashtag

Hashtag

Hashtag atau tagar merupakan elemen unik yang ada di media sosial. Banyak orang menggunakan hashtag untuk menemukan topik yang menarik dan sedang trending. Untuk itu, penggunaan hashtag menjadi salah satu cara untuk mengoptimasi media sosial Anda.

Penggunaan hashtag dapat memudahkan orang-orang untuk menemukan konten Anda, dan bahkan mengikuti profil Anda. Hal ini bisa menjadi peluang bagus bagi Anda untuk memperluas jangkauan dan mendapatkan prospek baru bagi bisnis Anda.

Saat memilih hashtag, Anda bisa menyesuaikan kata kunci tagar sesuai dengan topik dan tujuan konten postingan Anda.

6. Gunakan influencer marketing

influencer marketing social media optimization

Saat ini influencer memainkan peranan penting dalam media sosial. Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan influencer marketing untuk mengoptimasi sosial media dan bisnis Anda.

Anda dapat menghubungi influencer yang sesuai dengan industri Anda dari berbagai platform. Kemudian Anda bisa melakukan kerja sama dengan influencer untuk membagikan konten Anda dan mendapatkan lebih banyak audiens ke halaman profil dan website Anda.

7. Perkuat jadwal posting konten

jadwal posting social media optimization

Menemukan waktu yang tepat untuk memposting konten adalah hal yang perlu diperhatikan saat mengoptimasi media sosial. Ini karena audiens Anda tidak selalu online untuk dapat terlibat dengan informasi yang Anda berikan di media sosial.

Selain itu, Anda juga harus memerhatikan frekuensi postingan Anda. Hal ini juga harus disesuaikan dengan platform media sosial apa yang Anda gunakan.

8. Monitoring secara Berkala

Pemantauan social media optimization

Tips terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah pemantauan atau monitoring. Saat menjalankan kampanye media sosial, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pemantauan guna memastikan kampanye tersebut berfungsi dengan baik dan benar.

Anda dapat melakukan pemantauan dengan cara melacak metrik media sosial. Selain itu, Anda juga dapat memantau engagement seperti jumlah share, followers, like, komentar dan konversi yang Anda dapatkan melalui website Anda.

Dengan memantau kampanye, Anda dapat lebih mengoptimalkan strategi media sosial Anda dan mendorong hasil yang lebih baik untuk bisnis Anda.

Kembangkan Strategi Pemasaran Anda melalui Social Media Optimization Sekarang!

Qontak.com

Saat ini social media marketing menjadi hal yang sangat dibutuhkan di era digital. Strategi pemasaran dapat membantu bisnis atau perusahaan untuk memperluas pasar dan membangun brand awareness. Akan tetapi, menjalankan strategi media sosial bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Anda perlu memantau aktivitas pemasaran di media sosial secara berkala.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan sistem yang dapat membantu menghubungkan beberapa aplikasi media sosial dalam satu platform seperti omnichannel. Penggunaan omnichannel dapat memudahkan Anda dalam memantau aktivitas pemasaran, terutama di media sosial.

Qontak.com menyediakan Omnichannel CRM terbaik di Indonesia. Omnichannel Qontak.com mudah diintegrasikan dengan beberapa sosial media dan aplikasi lainnya (Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, WhatsApp, email dan lainnya. Qontak.com juga didukung dengan fitur canggih yang akan mempermudah Anda mengelola pemasaran lebih efisien dan efektif.

Anda bisa mencoba gratis penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales