Mekari Qontak
Marketing Other Business

11 Tips Mengumpulkan Database Sebagai Aset Utama Bisnis

database

Database merupakan aset utama bagi Anda yang menjalankan bisnis.

Tanpa database customer maupun orang-orang yang tertarik akan produk atau jasa Anda, promosi yang dilakukan tidak akan berjalan secara efektif. Hal itu sama saja dengan menawarkan secara sembarangan tanpa benar-benar menanamkan benih ketertarikan akan bisnis Anda terlebih dahulu. Tanpa database, marketing yang Anda lakukan adalah usaha yang sia-sia.

Jadi, bagaimana cara Anda mengumpulkan database yang berisikan orang-orang yang memang memerlukan jasa ataupun produk Anda dan berpotensi untuk menjadi pelanggan Anda? Berikut ini langkah-langkah sederhananya.

11 Tips Mengumpulkan Database Sebagai Aset Utama Bisnis

1. Buat Form Pendaftaran

Jika Anda memiliki website untuk jasa atau produk Anda, masukkan formulir pendaftaran pada website yang langsung muncul ketika seseorang menemukan website Anda dan mengunjunginya.

2. Sertakan CalltoAction

Anda dapat juga menyertakan calltoaction pada halaman media sosial bisnis Anda seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn dengan memberikan link pendaftaran.

3. Buat Konten yang Menarik

Manfaatkan berbagai jalur media sosial untuk berbagi gambar yang menarik dengan copywriting yang mengundang orang untuk terdorong menjadi subscriber.

4. Mengadakan Event

Adakan acara di mana Anda dapat mempertemukan orang-orang yang Anda kenal dengan orang-orang yang dapat menjadi pelanggan potensial bagi bisnis Anda. Dari sana Anda dapat mengumpulkan berbagai kartu nama serta membuat pengunjung untuk mengisi form yang berisikan nama dan alamat email.

database

5. Ikuti Acara Besar

Selain mengadakan acara sendiri, seringlah bergabung dalam event besar seperti bazaar atau pameran. Anda dapat meminta orang yang datang ke stand Anda untuk meninggalkan kartu nama atau memberikan email, nama dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Orang-orang tersebut dapat menjadi pelanggan masa depan Anda.

6. Sediakan Bonus untuk Memotivasi Karyawan

Jika Anda sudah memiliki pegawai, tawarkan bonus jika mereka mampu mengumpulkan data alamat email yang memang aktif untuk menjadi calon pelanggan.

7. Promosi dan Membership

Tawarkan produk gratis atau keanggotaan yang menguntungkan untuk orang-orang yang sudah memberikan alamat emailnya.

database

8. Lakukan Sistem Referral

Mulailah program referral. Minta pada pelanggan Anda yang aktif untuk menganjurkan produk atau jasa Anda, dan berikan reward berupa diskon.

9. Pop-up pada Situs Web

Gunakan tampilan popup pada situs web bisnis Anda. Di mana dan kapan pun seseorang yang sudah mengunjungi situs Anda ingin menutup halamannya, popup ini muncul untuk meminta mereka meninggalkan alamat email. Gunakan tool seperti Popup Domination untuk mengaktifkan popup pada situs Anda.

10. Diskon untuk Subscriber

Tawarkan diskon menarik serta penawaran menarik yang hanya akan diperoleh jika calon pelanggan melakukan subscribe pada situs Anda.

11. Lakukan Search Engine Optimization

Optimalkan situs Anda dengan penggunaan keywords SEO yang sesuai agar website Anda dapat muncul di laman pencarian awal kapan pun keywords tersebut diketik oleh para pencari.

11 langkah ini sudah terbukti efektivitasnya. Sekarang giliran Anda mempraktekkannya.

Gunakan sebuah aplikasi database pelanggan!

Database pelanggan merupakan kunci untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Aplikasi untuk menyimpan database pelanggan memiliki peranan penting dalam mengembangkan sales dan customer service perusahaan. Memiliki database adalah cara terbaik untuk menyimpan seluruh informasi pelanggan secara teratur dan uptodate. Data yang jelas dan efisien dapat memberikan beberapa manfaat, di antaranya mendorong efisiensi perusahaan, memberikan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas mereka, serta meningkatkan penjualan.

Dengan bantuan teknologi seperti aplikasi CRM, perusahaan dapat mengelola dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Hal tersebut dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk meningkatkan sales dan mengembangkan bisnis. Manfaatkan database customer Anda dengan lebih baik dan buat bisnis Anda bertumbuh sekarang juga.

Hubungi tim Qontak.com untuk konsultasi atau coba GRATIS aplikasi database CRM Qontak.com untuk marketing yang lebih baik.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales