Mekari Qontak
Featured Articles

Tips Menguasai Percakapan Bisnis dalam Tempo Lima Menit Saja

Business Conversation

Percakapan yang ada lakukan untuk mendapatkan klien atau customer haruslah memiliki nilai yang tinggi dari segi efisiensi waktu dan penyampaian pesan. Sangat mungkin percakapan yang dibangun untuk berinteraksi dengan target dapat masuk ke intinya dan segera membuahkan kepastian keberhasilannya dalam lima menit pertama. Bagaimana cara melakukannya?

Selama organisasi sales Anda siap untuk melakukan goal di lima menit pertama, hal ini tidak akan menjadi masalah. Berikut ini beberapa perencanaan yang dapat diikuti untuk memastikan percakapan bisnis Anda membuahkan hasil hanya dalam lima menit pertama karena adanya relevansi dan kredibilitas yang Anda tunjukkan.

  1. Pastikan lima menit pertama percakapan Anda mengandung hal-hal berikut:
  • Hasil riset Anda mengenai objek target lawan bicara, perusahaannya serta inisiatif bisnis perusahaan terkait.
  • Penggunaan bahasa yang sama dan penyampaian mengenai ide yang dapat menarik bagi inisiatif bisnis terkait.
  • Siap dengan adanya perhitungan monetisasi yang ditawarkan.

Tanpa adanya persiapan konten pembicaraan yang demikian, potensi pembicaraan akan langsung diakhiri bahkan sebelum mencapai waktu lima menit pertama sangatlah besar. Mereka juga tidak akan memberikan kesempatan berikutnya untuk mendengarkan apa yang hendak Anda tawarkan.

  1. Mulailah dengan pengetahuan menyeluruh soal bisnis target Anda

Dengan adanya pengetahuan yang menyeluruh, Anda dapat menunjukkan pemahaman Anda terhadap bisnis tersebut dan menciptakan kredibilitas bagi diri dan bisnis yang Anda wakili.

Business Conversation

Sumber Gambar: salesproinsider.com

  1. Lanjutkan dengan mempresentasikan sebuah ide

Di dalam presentasi ide yang Anda tawarkan ini, pastikan Anda juga menyertakan penawaran bisnis yang Anda miliki. Pastikan Anda menggambarkan pada lawan bicara Anda bagaimana mereka dapat menghadapi tantangan bisnis yang sudah Anda jelaskan tersebut.

  1. Berikan keyakinan dengan mereferensi ide yang Anda tawarkan tersebut

Jika Anda sanggup menunjukkan bahwa Anda pernah melakukan hal yang serupa untuk bisnis yang serupa dengan lawan bicara Anda dan membuktikan bahwa bisnis Anda ini bisa membantu mereka, mereka akan percaya dan bersedia mendengarkan lebih lanjut. Pandang segala sesuatunya dari sudut pandang target market Anda tersebut.

Business Conversation

Sumber Gambar: globaltravelinsurance.com

  1. Pertanyakan kondisi bisnis target market Anda tersebut

Jangan melewatkan tahapan berikut. Tanyakanlah mengenai bisnis mereka dan apa saja sponsor yang Anda tawarkan demi keuntungan target market Anda. Hal ini sangat penting, karena jika lawan bicara Anda tidak memahami adanya keuntungan bagi bisnis mereka, mereka akan dengan mudah melupakan Anda dan tidak mempertimbangkan Anda.

Meski lima formula yang sudah disebutkan dianggap sebagai kunci keberhasilan suatu percakapan bisnis sedini mungkin, pada prakteknya kondisi yang akan dihadapi oleh seorang sales representatif akan berbeda dengan teorinya. Kebutuhan untuk berimprovisasi tanpa kehilangan kredibilitas dan momentum juga sangatlah menentukan. Karenanya, selama sales representatif tersebut mempersiapkan dirinya dengan sebaik mungkin, didukung oleh data-data yang akurat dan pemahaman profesional, maka hasilnya kurang lebih akan tetap positif. Selalu ikuti alur riset, pemahaman, ide yang akan dibagikan dan diberikan referensi serta menghubungi untuk verifikasi Anda sudah berada di jalur yang benar. Selamat mencoba!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales