Mekari Qontak
Other Business

Catat! 8 Tips Mengelola THR yang Efektif

CRM terbaik-01

Salah satu momen yang paling ditunggu saat menjelang Hari Raya Lebaran adalah uang THR (Tunjangan Hari Raya). Tunjangan ini biasanya diberikan kepada karyawan tetap maupun kontrak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Namun, penggunaan uang THR sering kali terbuang sia-sia. Lalu, seperti apa tips mengelola THR yang efektif?

Untuk mengetahuinya, yuk simak tips mengelola THR yang efektif berikut ini!

Image CTA tips mengelola THR


Apa Itu Uang THR?

Uang THR adalah tunjangan yang wajib diberikan oleh perusahaan kepada karyawan dengan ketentuan tertentu pada momen menjelang hari raya, seperti Lebaran atau Natal.

Ketentuan terkait THR sendiri sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI No.6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi pekerja atau buruh di perusahaan.


Bagaimana Tips Mengelola Uang THR yang Tepat?

Bagaimana Cara Mengatur Uang THR_

Menjelang lebaran merupakan momen krusial bagi uang THR. Mengapa demikian? Karena pada saat tersebut, akan ada banyak promo dan diskon yang dapat membuat Anda mungkin akan menghabiskan uang THR begitu saja.

Padahal, uang THR seharusnya dikelola sebaik mungkin agar tidak habis secara sia-sia dan dapat memberikan Anda manfaat berkelanjutan nantinya. Lalu, bagaimana cara mengelola uang THR agar tidak habis begitu saja?

Berikut adalah cara mengatur uang THR yang perlu Anda ketahui:

1. Membuat perencanaan keuangan

Tips mengelola THR yang pertama dan wajib Anda lakukan adalah dengan membuat perencanaan keuangan.

Dalam hal ini, perencanaan keuangan akan membantu Anda untuk mengalokasikan dana THR dengan sebaik mungkin. Sehingga, uang THR Anda tidak akan habis hanya untuk kesenangan sesaat saja.

2. Menentukan skala prioritas

Saat membuat perencanaan keuangan, Anda perlu menentukan skala prioritas Anda. Ingatlah untuk mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Anda dapat melakukannya dengan membuat daftar hal yang paling dibutuhkan hingga paling tidak dibutuhkan atau hanya keinginan semata belaka.

3. Menyisihkan untuk zakat dan sedekah

Tips mengelola THR berikutnya adalah dengan menyisihkan uang untuk zakat dan sedekah. Dalam hal ini, Anda perlu mengingat bahwasanya zakat fitrah merupakan hal wajib yang dilakukan seorang muslim di bulan Ramadhan, khususnya bagi Anda yang mampu.

Selain melakukan zakat, Anda juga dapat memberikan kebahagiaan serta keberkahan Ramadhan dengan mereka yang membutuhkan melalui sedekah. Untuk itu, jangan lupa untuk menganggarkan dana zakat dan sedekah ya!

4. Membuat daftar belanja

Apakah Anda sudah membuat daftar perencanaan keuangan dan menentukan skala prioritas? Jika sudah, apakah Anda masih memiliki budget yang dapat digunakan untuk belanja?

Anda dapat membuat daftar belanja terkait kebutuhan dan keinginan Anda. Baik pangan maupun sandang sekalipun. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan daftar belanja dengan biaya anggaran yang Anda telah buat sebelumnya.

5. Menggunakannya untuk kebutuhan mudik

Selain menggunakan uang THR untuk kebutuhan belanja dan sedekah, Anda juga dapat menggunakan tunjangan untuk kebutuhan mudik. Seperti biaya tiket pulang-pergi transportasi umum atau biaya BBM yang akan dikeluarkan.

Selain itu, pertimbangkan juga biaya kebutuhan mudik lainnya, seperti tes antigen atau PCR, oleh-oleh, atau uang yang akan Anda berikan kepada keluarga di kampung halaman.

6. Membayar utang

Cara mengatur uang THR yang berikutnya adalah dengan menggunakannya untuk membayar utang atau cicilan.

Membayar utang mungkin tidak akan memeriahkan momen Hari Raya Lebaran Anda, tapi tidak adalah salahnya untuk memanfaatkan uang THR guna mengurangi beban finansial seperti utang.

Dengan demikian, Anda dapat merayakan Hari Lebaran dengan lebih tenang dan bebas dari utang.

7. Menabung

Tips mengelola THR yang tidak kalah penting berikutnya adalah dengan mengalokasikan dana THR untuk kebutuhan menabung. Anda dapat menyisihkan sebesar 10% dari uang THR untuk tabungan Anda.

Dengan menabung, maka Anda dapat memanfaatkan uang THR semaksimal dan seefektif mungkin.

8. Melakukan Investasi

Selain menabung, Anda juga dapat mengalokasikan dana THR untuk hal yang lebih bijak, yaitu dengan melakukan investasi.

Namun, Anda perlu memastikan bahwa investasi yang Anda lakukan bukanlah investasi bodong. Pilihlah jenis investasi yang aman dan terpercaya, seperti instrumen investasi emas, deposito, reksa dana, atau saham.

Jika Anda berniat untuk melakukan investasi reksa dana atau saham, pastikan untuk memilih manajer investasi yang telah terdaftar OJK ya! Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari potensi kerugian yang tidak diinginkan.


Terapkan Tips Mengelola THR yang Tepat Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Itu dia beberapa tips mengelola THR yang dapat Anda lakukan. Beberapa tips di atas bisa menjadi cara mengatur uang THR yang tepat dan efektif untuk Anda.

Dengan demikian, Anda tidak hanya akan menghabiskan uang THR untuk kesenangan semata, tetapi juga dapat menggunakannya untuk berbagai kebutuhan yang lebih penting dan bermanfaat. Di sisi lain momen lebaran Anda pun menjadi lebih khidmat dan berkesan untuk dirayakan.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRMomnichannel, dan WhatsApp API terbaik di Indonesia yang dapat Anda gunakan untuk merampingkan dan mengotomatiskan bisnis Anda dalam satu platform terpadu.

Lebih lanjut, Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk menangani penjualan mereka. Tak hanya itu saja, Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Yuk, coba demo aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales