Mekari Qontak
Featured Articles

Tips Menciptakan Inovasi Terbaik untuk Bisnis Anda

Business Innovation

Dalam dunia bisnis kita selalu dihadapkan dengan kompetitor. Tak pelak persaingan pun tak dapat dihindarkan. Namun di sisi lain persaingan merupakan sebuah keniscayaan yang dapat membawa keuntungan. Sebab tanpa adanya persaingan maka tidak akan ada perubahan dan perkembangan dalam sebuah bisnis yang lebih baik.

Perubahan dan perkembangan tentu hanya bisa terjadi dengan adanya inovasi. Tanpa inovasi, maka bisnis akan cenderung datar bahkan stagnan. Namun untuk bisa melahirkan sebuah inovasi bukanlah pekerjaan sepele. Sebab bukan tak mungkin jika inovasi yang diciptakan tidak maksimal justru hanya akan menyeret Anda kalah dari persaingan.

Tentunya untuk bisa menciptakan inovasi terbaik bagi bisnis Anda diperlukan proses dan langkah yang tepat. Sebab dalam menciptakan inovasi tidak bisa dilakukan secara instan. Perlu analisa, penelitian dan keputusan yang tepat. Lebih lagi inovasi yang diciptakan haruslah yang dibutuhkan oleh target market.

Berikut ini adalah tips menciptakan inovasi terbaik untuk Bisnis Anda:

1. Mencari Nilai Inovasi

Dalam proses awal, ide-ide inovasi pastinya banyak bermunculan di benak Anda. Apalagi ketika Anda melihat ada banyak peluang yang masih belum tergarap. Tapi berhati-hatilah, sebab tak semua ide inovasi Anda dapat diaplikasikan.

Mulanya, tentukan lebih dulu keunggulan strategis market seperti apa yang Anda harapkan. Dengan begitu Anda akan fokus memikirkan bagaimana inovasi Anda dapat menambah nilai bisnis Anda ke depannya. Hasilnya, inovasi yang Anda ciptakan nantinya dapat memberikan keuntungan strategis market pada bisnis Anda.

2. Tampung Segala Jenis Masukan dan Saring

Dalam tahap menciptakan inovasi, sejatinya Anda memerlukan peran pelanggan dan karyawan. Peran keduanya sangat diperlukan dalam memberikan masukan agar Anda bisa menciptakan inovasi yang tepat.

Peran pelanggan tentu sangat diperlukan mengingat merekalah target market Anda. Jadi, dengan mendengarkan masukan dari pelanggan Anda bisa menentukan inovasi seperti apa yang akan diciptakan. Di samping itu, karyawan juga memiliki peran penting. Terlebih bagi karyawan yang sudah menganalisa kebutuhan pasar atau bersentuhan langsung dengan pelanggan. Mereka jelas tahu kondisi riil di lapangan dan apa yang dibutuhkan pelanggan Anda.

Unruk mengumpulkan masukkan dari pelanggan, Anda bisa mengirimkan suvey langsung ke mereka. Misalnya melalui WhatsApp, Anda bisa mengirimkannya ke banyak kontak sekaligus dengan fitur blast. Hal ini dapat menghemat waktu Anda.

3. Manajemen Inovasi

Dalam proses menciptakan inovasi, tentunya Anda kerap dihadapkan pada dua pilihan atau lebih. Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan, Anda perlu melakukan manajemen inovasi. Hal ini diperlukan sebab untuk menciptakan inovasi Anda tentu perlu menganalisa tingkat keberhasilannya.

Caranya adalah dengan membuat protofolio inovasi agar dapat dijadikan catatan terhadap setiap hasil analisa. Melalui portofolio tersebut Anda pun dapat mencari tahu rasio risiko hingga kesalahan penghitungan nilai atau keunggulan strategis yang sempat Anda yakini sebelumnya. Sebab dalam perjalanannya, Anda akan menemukan apa saja kekurangan-kekurangan dari inovasi yang hendak Anda ciptakan.

Dengan begitu Anda bisa lebih mematangkan dan memastikan inovasi yang akan Anda ciptakan nantinya. Mengurangi setiap risiko dan memperbaiki setiap kekurangan sehingga Anda pun bisa menciptakan inovasi yang tepat bagi bisnis Anda.

4. Research

Untuk bisa menciptakan inovasi yang tepat tentu Anda harus melakukan penelitian terlebih dahulu. Sebab melalui sebuah penelitian, Anda bisa memahami berbagai hal yang sebelumnya tidak sempat Anda bayangkan sebelumnya. Seperti perubahan pola pikir dan kebutuhan konsumen, nilai pelanggan, produk hampir serupa di pasar dan sebagainya.

Dari hasil temuan itulah nantinya akan berkembang gagasan-gagasan baru yang sangat berharga. Gagasan yang dapat menjadi bahan baku inovasi Anda sebelum benar-benar diciptakan.

Business Innovation

Sumber Gambar: vilampara.com

5. Solusi dan Hasil Akhir

Setelah melakukan penelitian Anda akan cenderung menemukan masalah-masalah yang sebelumnya tidak Anda ketahui. Hingga akan muncul gagasan-gagasan baru yang sangat berharga. Gagasan-gagasan inilah yang harus Anda pastikan merupakan solusi tepat bagi permasalahan yang sempat ditemukan dalam proses penelitian.

6. Mempersiapkan Market dan Pemasaran

Langkah akhir dalam proses penciptaan inovasi tepat ialah dengan mempersiapkan market dan strategi pemasaran. Pastikan inovasi baru yang Anda keluarkan ini sudah memiliki strategi pemasaran produk baru yang tepat. Agar inovasi Anda pun dapat booming di pasar sebab dapat menarik minat banyak konsumen.

Melahirkan inovasi memang bukan perkara mudah dan tidak bisa instan. Inovasi bermula dari sebuah ide dan gagasan yang kadang muncul begitu saja. Namun tak lantas ide tersebut dapat benar-benar berhasil diaplikasikan untuk menjadi inovasi terbaru bisnis Anda. Diperlukan langkah dan proses yang tepat untuk memastikan inovasi Anda memang diperlukan.

Dan dengan tips menciptakan inovasi ini, semoga Anda bisa mulai memiliki jalur dan langkah tepat dalam berinovasi. Sehingga bisnis Anda pun tak ketinggalan atau kalah bersaing dengan kompetitor.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales