Daftar isi
5 min read

4 Tips Aplikasi Chatting untuk Tingkatkan Penjualan

Tayang 13 September 2022
Diperbarui 08 Desember 2023
Sales Through Messenger
4 Tips Aplikasi Chatting untuk Tingkatkan Penjualan

Semakin akrabnya kita dengan smartphone yang terkoneksi internet, maka semakin akrab juga kita dengan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line, Telegram dan sebagainya.

Mulanya kita mengenal aplikasi chatting ini sebagai pengganti SMS. Namun seiring waktu mereka yang berkecimpung di dunia marketing melihat peluang.

Aplikasi pesan singkat pun kemudian bertransformasi menjadi alat marketing. Kini tak salah bila aplikasi chatting pun masuk ke dalam strategi marketing yang diperhitungkan.

Tak heran juga bila kemudian aplikasi chatting semakin melengkapi fiturnya untuk kebutuhan digital marketing. Salah satunya yang cukup popular di Indonesia adalah Line dengan fitur Line@ dan WhatsApp blast yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis.

Pada artikel ini kami akan memberikan tips aplikasi chatting untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda.

Apa itu Aplikasi Chatting?

Aplikasi chatting adalah aplikasi yang memfasilitasi penggunanya untuk berkomunikasi secara daring atau online. Dalam konteks bisnis, Aplikasi ini memiliki peran vital untuk dimiliki jika bisnis ingin memberikan layanan cepat dan memberikan kesan personal kepada pelanggan.

Aplikasi chatting sangat cocok diimplementasikan segala bisnis khususnya pada bidang pelayanan atau customer service. Selain dapat dapat meyakinkan pelanggan, aplikasi chatting juga secara instan bisa mendapatkan feedback langsung tentang masalah pelanggan secara real time.

Di sisi lain pelanggan juga dapat memperoleh informasi tentang produk dengan lebih detail. Aplikasi chatting ini mengandalkan tenaga manusia sebagai pihak yang akan memberikan pelayanan kepada pelanggan.

4 Tips Aplikasi Chatting untuk Meningkatkan Penjualan 

Bila Anda merupakan salah satu yang tertarik atau mungkin sudah menggunakan aplikasi chatting sebagai alat marketing tapi belum menemukan hasil maksimal, maka Anda perlu mengetahui beberapa rahasia ini.

1. Buat Grup untuk Pelanggan Anda

tips aplikasi chatting yang pertama membuat grup

Sumber gambar: facebook.com/gruparainc

Manfaatkan aplikasi chatting untuk semakin dekat dengan pelanggan. Semakin dekat Anda dengan pelanggan maka semakin Anda terhubung dengan mereka. Dengan begitu loyalitas mereka pada bisnisAnda pun dapat terjamin.

Dalam strategi sederhana, Anda bisa mulai dengan membuat grup bersama dengan mereka. Tak perlu di semua aplikasi chatting, cukup pilih satu atau dua aplikasi seperti Line atau WhatsApp. Sampaikan tujuan grup tersebut dibuat yaitu untuk memudahkan pelanggan dalam memberikan kritik dan saran. Termasuk mendapatkan info berbagai promo terbaru yang dapat meningkatkan penjualan.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur sesi pembahasan di setiap periode dengan melibatkan pelanggan langsung. Misal, Anda bisa membuat diskusi seputar model produk atau layanan impian para pelanggan, tema promo atau poster iklan yang bagus, atau keluhan yang masih sering terjadi.

2. Perbanyak Kontes atau Event

Kontes merupakan salah satu hal yang dapat menarik minat pelanggan. Dengan memperbanyak kontes tentu akan meningkatkan animo klien untuk berpartisipasi. Tapi pastikan bila kontes tersebut masih bersentuhan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Anda bisa memanfaatkan hari besar atau hari raya untuk membuat kontes. Hal ini bukan hanya berguna untuk mendatangkan animo, tapi dapat meningkatkan penjualan bila Anda turut memberikan promo khusus pada event tersebut. Jadi mulailah menandai berbagai tanggal dan hari di kalender perusahaan sekarang.

3. Buatlah Emoticon dan Stiker Sendiri

Line merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan sebagai saluran digital marketing perusahaan. Pasalnya banyak fitur Line yang mendukung kegiatan marketing. Selain Line@, ada juga fitur stiker yang disediakan oleh Line.

Fitur ini telah banyak dimanfaatkan merek besar untuk dapat menjaring konsumen. Malah meningkatkan loyalitas konsumen. Dari pembuatan stiker itu juga sebuah merek dapat mengumpulkan data keterpopuleran merek dengan menganalisa jumlah pengunduh.

Starbucks Indonesia dan Baskin Robbins Indonesia merupakan segelintir merek besar yang sudah membuat stikernya sendiri di Line. Bukan tidak mungkin bila hal serupa bisa diadopsi di aplikasi sosial lain seperti WhatsApp dan Instagram.

4. Manfaatkan fitur pesan Broadcast

Tips Aplikasi chatting keempat adalah manfaatkan fitur broadcast

WhatsApp yang saat ini telah berkembang sebagai media interaksi bisnis dengan pelanggan yang paling efektif. Hampir bisa dipastikan bahwa seluruh pengguna smartphone memiliki aplikasi WhatsApp. Selain itu, WhatsApp juga memiliki open rate lebih tinggi dibandingkan media komunikasi lain seperti email.

Salah satu fitur yang cukup banyak diminati oleh pelaku bisnis, terutama bisnis online dan pihak marketing, adalah WhatsApp blast. Sayangnya, fitur blast ini tidak dapat ditemukan di WhatsApp biasa maupun WhatsApp Business.

Fitur WhatsApp blast bisa diperoleh dengan bekerja sama dengan vendor untuk dapat memiliki WhatsApp Business API.

Baca Juga: Kirim Pesan Blast di WA dengan 4 Cara Ini!

Dengan WhatsApp Business API, Anda bisa menyediakan pelayanan customer atau CS selama 24/7 melalui integrasi dengan ChatBot. Selain itu, bisnis Anda juga bisa memiliki multiple agen atau lebih dari 2 agen di berbagai lokasi dalam 1 nomor.

Manfaatkan Aplikasi Chatting yang Terbaik untuk meningkatkan Bisnis Anda!

Dengan pertumbuhan yang semakin naik, tentu sudah saatnya Anda mulai serius menjajaki aplikasi chatting sebagai saluran digital marketing melihat potensi pasar yang tinggi untuk meningkatkan penjualan ke depannya nanti. Berbagai tantangan sudah menanti bisnis Anda di depan, sehingga Anda perlu memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan penjualan.

Sebagai Official Partner WhatsApp Business APIQontak.com menyediakan aplikasi CRM dengan fitur lengkap yang dapat diintegrasikan dengan sistem marketing dan aplikasi chatting pada bisnis Anda. Qontak.com memudahkan bisnis untuk memperoleh berbagai fitur dan kelebihan yang ada pada WhatsApp Business API sehingga Anda tidak perlu repot untuk mengurus bagaimana teknis API bekerja dan dapat fokus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengembangkan bisnis.

Didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI), Qontak.com juga menyediakan  aplikasi chatbot WhatsApp yang membuatnya menjadi lebih canggih, interaktif, dan dapat dipersonalisasikan sehingga dapat memenuhi kebutuhan bisnis.

Kategori : Omnichannel
WhatsApp WhatsApp Sales