Mekari Qontak
Other Business

Tipe-Tipe Pemimpin di Dunia Sales Digital

Leadership Style

Terdapat berbagai strategi kepemimpinan yang berbeda-beda bagi setiap pemimpin suatu usaha, tergantung oleh usahanya masing-masing. Beberapa gaya kepemimpinan yang dapat Anda adaptasikan dan memang berlaku secara umum ini meliputi:

  1. Pemimpin visioner

Pemimpin visioner merupakan pemimpin yang bisa menggerakkan para anggota timnya untuk memiliki visi yang sama dan bergerak bersama mencapainya. Pemimpin yang demikian di dunia sales digital dapat membuat anggota timnya mengerti dan menjadikan visi utama bisnis Anda sebagai visi bersama. Pemimpin yang visioner ini diperlukan ketika arahan yang jelas untuk langkah selanjutnya yang harus diambil perlu segera ditentukan. Karena berpatokan pada apa yang belum terjadi, pemimpin seperti ini akan membuka ruang seluasnya untuk inovasi dan eksperimen demi mencapai sebuah gol. Para anggota tim diperbolehkan mencoba cara baru yang bertujuan untuk bergerak maju. Jika tipe pemimpin seperti inilah yang cocok untuk bisnis Anda, maka Anda harus siap membentuk kultur di perusahaan Anda sehingga anggota tim Anda dapat berbagi visi yang sama.

Leadership Style

Sumber gambar: cbpowerandindustrial.wordpress.com

  1. Pemimpin sekaligus pelatih

Tipe pemimpin yang satu ini sangat bermurah hati berbagi ilmu untuk menjadi lebih baik lagi bagi anggota timnya. Tipe pemimpin yang merupakan pelatih seringkali memotivasi karyawannya untuk mengadakan sesi one-on-one satu sama lain, meski seringkali rentan disalahartikan sebagai tindakan micromanaging, alias terlalu mengatur. Untuk mengatasinya, tunjukkan bahwa Anda tidak sedang berusaha terlalu mengekang ataupun mengontrol, dan posisikan diri Anda sebagai pemimpin yang bersedia menolong dan memfasilitasi semua anggota tim Anda kapanpun dibutuhkan. Cara memimpin yang demikian akan sangat membantu pembentukan budaya perusahaan. Sebagai pemimpin, seorang pelatih akan berfokus pada kekuatan dan kelebihan anggota timnya, bukan kelemahan mereka

  1. Pemimpin yang bersikap juga sebagai afiliator

Tipe pemimpin yang demikian cenderung membuat koneksi di dalam berbagai area di organisasinya. Pemimpin yang demikian akan berfokus dengan terciptanya harmoni di tempat bekerja dan membuat sinergi antara satu sama lain. Pemimpin afiliator akan bekerja keras untuk menjaga kedamaian dan memperbaiki terus konflik atau ketidakselarasan yang mungkin terjadi di dalamnya.

Leadership Style

Sumber gambar: forbes.com

  1. Pemimpin yang demokratis

Pemimpin yang demikian adalah pemimpin yang mengutamakan komitmen untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Tipe kepemimpinan yang demikian sangatlah tepat digunakan saat Anda selaku pemimpin belum terlalu yakin mengenai arahan seperti apa yang harus Anda ambil untuk bisnis dan tim Anda. Saat Anda harus membuat keputusan penting dalam waktu yang singkat, pendekatan seperti ini sangatlah kurang efektif. Karenanya, pemimpin yang demokratis pun memerlukan rasa yakin terhadap keputusan-keputusan yang harus dibuat tanpa mengambil suara terbanyak terlebih dahulu.

Mana tipe pemimpin yang sedang Anda aplikasikan?

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales