Mekari Qontak
Marketing Other Business

Tips Mengatasi Rasa Tidak Betah di Tempat Kerja

Banyak orang yang keluar atau pindah tempat kerja dari perusahaan atau kantor yang bagus secara finansial dan status dengan alasan tidak betah dengan lingkungan, senioritas, bullying, ataupun banyak hal lainnya yang tidak ada hubungannya dengan profesionalisme pekerjaan itu sendiri. Tidak menyenangkan ketika Anda dinilai dari kecocokan secara personal dengan tim dimana prestasi Anda dalam pekerjaan di nomor 2 kan.

Di satu sisi Anda tau ini perusahaan yang bagus untuk karir dan masa depan Anda, tapi Anda mulai tidak tahan dengan perlakuan diluar profesionalisme pekerjaan yang kadang berpengaruh ke penilaian Anda,  seperti mereka merasa kurang nyaman dengan hobi personal Anda ataupun kegiatan Anda diluar pekerjaan yang terkadang di bahas di tempat kerja dan mengakibatkan opini buruk tentang Anda, dimana social punishment berjalan dengan sendiri tanpa kita sadari telah menyudutkan kita. Berikut tips yang dapat di coba bagi Anda yang merasa tertekan di tempat kerja secara tidak profesional.

Jangan Terlalu Memaksakan Diri Anda

Mencocokan diri dengan lingkungan baru itu wajar dan harus, dimana Anda pastinya harus mencoba membaca seperti apa kebiasaan mereka dalam bekerja, apakah Anda harus banyak melakukan penyesuaian atau tidak? Dimana terkadang kita berpikir sebagai orang baru adalah bagaimana caranya agar diterima oleh lingkungan ini sampai kita seringkali melakukan atau mengikuti aktivitas yang sebenarnya kita tidak tertarik hanya karena ajakan teman kantor yang lebih senior kita merasa tidak enak dan memaksakan diri bergabung.

baca juga tips pintar mencari kerja

Penolakan halus akan hal seperti ini mungkin akan berakibat kurang bagus untuk Anda sebagai orang baru, seperti tidak ada ajakan serupa lagi, hingga dikucilkan dari komunitas kegiatan kantor, hal itu masih lebih baik daripada Anda mengikuti kegiatan diluar pekerjaan dan tidak Anda sukai dengan alasan takut dikucilkan di kantor, juga pastinya akan membuat Anda bertanya – tanya beberapa hal seperti :

  • Apa yang salah dengan saya?
  • Apakah saya tidak disukai mereka?
  • Apakah saya tidak cocok dengan mereka?

Pertanyaan seperti ini tidak akan membantu apapun untuk Anda, efek negatif dan semakin mencoba memaksakan diri nantinya akan terlihat dari Anda sendiri, cobalah mengganti pertanyaan untuk diri Anda sendiri menjadi :

  • Apa yang saya inginkan?
  • Kegiatan apa yang membuat saya nyaman?
  • Bagaimana mengembangkan kegiatan yang saya sukai?

Mencoba berpikiran seperti ini akan mempermudah Anda dalam menghadapi perlakuan tidak profesional di tempat kerja, dimana perlu di ingat, orang bisa mengintimidasi juga orang yang di tuju merasa di intimidasi, jika Anda tidak merasakan hal itu, kenapa harus khawatir? Tetap lakukan pekerjaan Anda sesuai kewajiban dan biarkan pihak yang memiliki wewenang yang menilai bukan rekan seperjuangan Anda.

Tetap ikuti qontak.com/blog untuk kelanjutan dari tips ini ya

 

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales