Mekari Qontak
Featured Articles

Teknik Membuka Keran Market Ekspor Melalui Internet

Export Strategy

Keberadaan internet tentu saja membawa banyak perubahan bagi manusia, tak terkecuali untuk urusan bisnis. Dengan adanya internet, sudah pasti manusia tak lagi mengenal batasan. Dengan mudah kita bisa menjalin komunikasi ke orang di negara lain, bahkan bukan hal sulit untuk menawarkan produk atau jasa ke orang lain.

Tapi sekalipun internet telah mendobrak batasan, nyatanya masih banyak pengusaha di Indonesia yang kebingungan untuk mengembangkan market bisnisnya. Lebih-lebih bila mau ekspor ke luar negeri. Padahal, bila produk sudah berhasil tersebar hampir di seluruh Indonesia, maka langkah tepat selanjutnya adalah membuka pasar ke luar negeri.

Dengan membuka pasar ke luar negeri bisnis pun tentu dapat semakin tumbuh dan berkembang. Dan yang pasti keuntungan yang didapat pun berlipat-lipat. Tapi pertanyaannya, bagaimana cara membuka keran ekspor melalui internet?

Beikut ini adalah tipsnya:

1. Pahami Seluk Beluk Ekspor

Bila sekarang Anda sudah kepikiran ingin membuka keran market di luar negeri, maka segeralah cari tahu mengenai seluk beluk ekspor. Ini menjadi hal mendasar yang harus Anda pahami agar tak ada kendala di pertengahan jalan. Lupakan sejenak istilah, ‘jalani dulu’. Sebab bila bisnis tak disiapkan dengan matang, maka jangan menyesal bila berhenti di tengah jalan.

Selain itu untuk urusan ekspor banyak sekali pengusaha Indonesia, khususnya startup yang terkendala di perizinan, model pembayaran, penawaran langsung karena terkendala bahasa dan sebagainya. Karena itu, pelajari dan pahami seluk beluk eskpor dengan baik.

2. Jadi Member E-Commerce Dunia

Beruntunglah saat ini ada banyak e-commerce yang bermunculan, bukan hanya di Indonesia tapi juga dunia. Kemunculan situs-situs marketplace seperti Alibaba, JD.com, dan Amazon merupakan pintu pertama yang bisa digunakan untuk menembus pasar dunia. Bila memang belum memiliki website pun tak soal, karena marketplace ini merupakan alterego website Anda.

Melalui marketplace dunia, Anda bisa menaruh produk Anda dan menawarkannya ke seluruh pengunjung marketplace tersebut. Dan jangan lupa untuk selalu melengkapi secara detail produk yang Anda tawarkan. Karena pembeli dari luar negeri akan lebih senang ketika mendapati informasi lengkap dari produk yang dilihatnya. Sebab bila tidak, maka mereka tak akan mau menghubungi Anda.

Export Strategy

Sumber Gambar: evolvewebconsultants.co.uk

3. Gabung di Jaringan Social Media Dunia

Selain memanfaatkan e-commerce, Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan media sosial. Tapi yang namanya mengincar market internasional, maka Anda perlu menemukan lebih dulu jaringan media sosial yang berskala internasional.

Salah satu media sosial yang berisikan profesional dan pengusaha, dan menjalankan peran sebagai pencipta netwrorking, maka LinkedIn adalah pilihan tepat.

4. Buat Website yang Sesuai Standar Internasional

Bila sudah bicara internasional, maka Anda harus meningkatkan kualitas dalam segala aspek pada bisnis Anda. Termasuk keberadaan website. Karena itu disarankan bagi Anda untuk memiliki dua website bila memang ingin merambah market luar negeri. Tujuannya, yang satu memang khusus lokal, sedangkan satu lagi khusus dunia. Artinya, mulai dari tampilan, bahasa, informasi dan tampilan memang harus disesuaikan dengan standar pasar internasional.

Export Strategy

Sumber Gambar: businessdayghana.com

5. Sematkan Search Engine Friendly dan Keyword yang Tepat

Selanjutnya, jangan lupakan peran Search Engine dan Keyword yang harus disesuaikan dengan website Anda. Pasalnya, orang-orang di luar negeri lebih sering mencari produk melalui mesin pencari. Lagi pula, dengan menyematkan search engine friendly, maka kemungkinan website Anda untuk lebih mudah ditemukan akan sangat terbuka.

Hal itu juga yang menjadi alasan kenapa Anda tak boleh menyepelekan keyword. Karena dengan adanya keyword, kesempatan website Anda berada di halaman pertama mesin pencari akan semakin lebar.

6. Manfaatkan Google Ads dan Facebook Ads

Sekalipun internet memberikan kesmepatan lebih mudah bagi kita untuk menjangkau market luar negeri, tapi bukan berarti kita jadi menafikan untuk beriklan. Tetap saja, beriklan menjadi penting bila Anda ingin membuka market. Sebab dengan iklan, tentu saja produk Anda akan lebih mudah diketahui oleh pasar yang membutuhkan.

Google Ads dan Facebook Ads merupakan dua di antara banyaknya fitur beriklan di internet yang paling direkomendasikan. Itu karena Google Ads bisa dengan tepat menyesuaikan iklan Anda tayang di tempat yang tepat. Sehingga dapat menjangkau konsumen yang tepat juga.

Sementara Facebook masih menjadi media sosial yang paling digandrungi oleh manusia di jagad raya. Karena itu, memanfaatkan Facebook Ads tentu akan sangat menguntungkan. Apalagi, untuk beriklan di Facebook Ads pun tak tergolong mahal, bahkan bisa menyesuaikan budget.

Beberapa tips ini dapat membantu Anda membuka keran market di ekspor ke luar negeri. Dengan menjangkau market luar negeri, maka potensi bisnis Anda untuk terus berkembang pun semakin tinggi. Lebih lagi, jaringan Anda pun akan semakin luas.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales