Mekari Qontak
Other Business

5 Cara Sukses Melakukan Negosiasi Lewat Email

Negosiasi Email

Negosiasi Melalui Email, Apakah Mungkin?

Kesibukan dan kehidupan yang serba bergerak cepat di dunia digital seperti sekarang ini membuat terkadang Anda harus berkompromi dengan terbatasnya waktu. Masalah datang ketika Anda harus meluangkan waktu untuk melakukan penawaran dan berkomunikasi dengan calon customer potensial, namun Anda berhalangan. Satu-satunya media yang dapat Anda gunakan hanyalah email. Apa yang sebaiknya Anda lakukan agar negosiasi tetap dapat berjalan dengan baik jika statistik menunjukkan adanya persentase kegagalan sebesar 50% pada negosiasi via email?

5 Cara Sukses Melakukan Negosiasi Lewat Email

Ada cara-cara terbaik untuk memaksimalkan media email dan tetap meng-goal-kan negosiasi, antara lain sebagai berikut:

1. Pahami bahwa sifat email memang terbatas untuk bernegosiasi

Pesan yang Anda kirimkan via email dapat dengan mudah disalahartikan dan menimbulkan masalah dalam alur komunikasi Anda. Jika Anda merasa ada pesan yang penting dan sulit dijelaskan hanya via email, jangan ambil risiko dan teleponlah atau lakukan video call. Meskipun Anda telah mencoba bernegosiasi sebaik mungkin melalui email, tetap ingatlah hal ini:

90% dari komunikasi yang berhasil dilakukan mengandung sifat non-verbal di mana orang dapat merespon dengan ekspresi wajah dan nada suara.

2. Rancang email Anda sedemikian lupa agar tidak salah membuat subjek email

Subjek email adalah kesan yang pertama ditangkap oleh orang yang menerima email Anda. Subjek email juga menetukan apakah email Anda mudah ditemukan dan apakah rekam percakapan Anda perihal negosiasi ini tetap utuh. Berikan informasi mendetail mengenai apa isi email pada subjek agar calon customer atau klien mengingat Anda dan mudah menemukan email dari Anda. Jangan ragu untuk melakukan penyesuaian pada subjek email seiring dengan berkembangnya percakapan.

3. Susun email Anda agar memiliki dampak

Email yang terlalu panjang akan membuat customer atau klien bingung. Anda juga hanya akan membuang waktu mereka yang menerima email, dan membuat mereka mengabaikan email Anda. Susun email Anda agar mudah dibaca dan dipahami, dan mudah ditelusuri kembali jika diperlukan. Pecah topik menjadi poin-poin pendek dengan penjelasan sepanjang satu kalimat saja.

4. Cobalah membangun interaksi dengan percakapan dua arah

Negosiasi mengharuskan adanya komunikasi dua arah hingga tercapai kesepakatan. Bertanyalah pada calon customer atau klien Anda terlebih dahulu sebelum menumpahkan data dan proposal Anda. Tanpa interaksi di awal, negosiasi Anda dapat berakhir secara lebih dini tanpa ada hasil. Jaga fokus lawan email Anda dengan pertanyaan yang sifatnya menunjukkan rasa tertarik Anda pada calon customer.

negosiasi

5. Pastikan negosiasi yang Anda lakukan berujung pada solusi yang menguntungkan kedua belah pihak

Waktu yang terbatas, pembagian keuntungan yang kadang dikeluhkan tidak seimbang dan kebutuhan untuk lebih banyak komunikasi dapat dengan mudah menggagalkan negosiasi Anda. Pastikan dari awal penawaran yang Anda ingin berikan ke calon customer dan apa yang Anda harapkan dari pihak calon pelanggan. Jangan memulai negosiasi tanpa menentukan dua hal tersebut lebih dahulu.

Pada kenyataannya, email masih akan terus berjaya hingga tahun-tahun mendatang sebagai media komunikasi. Jadi, sudah saatnya Anda mengambil pihak dengan negosiasi via email, karena mungkin Anda yang harus melakukannya di masa depan!

Setelah Negosiasi, Gunakan Aplikasi Pendukung Email Marketing Anda!

Kegiatan pemasaran maupun promosi yang tidak tepat sasaran akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Aplikasi pendukung marketing seperti aplikasi CRM menyediakan fitur email marketing yang dapat digunakan untuk mengirimkan promosi langsung tanpa aplikasi tambahan kepada prospek atau pelanggan yang telah tersimpan rapi datanya dalam sistem. Isi dari promosi tersebut juga dapat disesuaikan dengan prospek atau pelanggan yang ditargetkan. Hal tersebut dapat menarik minat dari penerimanya sehingga dapat meningkatkan sales.

Aplikasi CRM pada Qontak.com terintegrasi dengan berbagai saluran, salah satunya adalah email. Fitur Aplikasi CRM ini memungkinkan Anda mengirimkan email marketing dalam jumlah besar secara otomatis kepada prospek dan pelanggan Anda dengan personalisasi nama maupun data-data yang tersedia di database pelanggan Anda.

Hubungi tim Qontak.com untuk konsultasi atau coba GRATIS aplikasi CRM untuk email marketing Anda sekarang juga!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales