Mekari Qontak
Other Business Sales

8 Strategi Pemasaran Media Sosial yang Efektif

Social Media Strategy

8 Strategi Tepat untuk Melakukan Pemasaran Melalui Media Sosial!

Pemanfaatan media sosial saat ini tidak sebatas untuk media komunikasi. Banyak bisnis memanfaatkan media sosial sebagai ajang mempromosikan atau memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas. Mereka berlomba menyusun strategi pemasaran media sosial yang tepat untuk membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan.

Setelah brand awareness terbangun, akan tercipta kepercayaan pasar akan brand yang Anda tawarkan. Hal ini akan meningkatkan konversi promosi ke penjualan. Lalu strategi pemasaran seperti apa yang cocok diterapkan untuk bisnis Anda? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

8 Strategi pemasaran media sosial yang bisa Anda terapkan diantaranya:

  1. Lakukan riset sederhana
  2. Tentukan target KPI yang jelas
  3. Fokus pada target
  4. Buatlah konten marketing
  5. Menjalin komunikasi secara personal
  6. Manfaatkan iklan berbayar
  7. Menggabungkan banyak platform sosial media
  8. Pantau dan Evaluasi

Apa yang Dimaksud Strategi Pemasaran Media Sosial?

Strategi pemasaran media sosial adalah kumpulan rencana yang berisi target KPI marketing ingin Anda capai di media sosial. Strategi ini akan menjadi panduan atas semua aktivitas pemasaran yang akan Anda lakukan, termasuk untuk mengukur apakah marketing Anda berhasil atau gagal.

Semakin spesifik strategi pemasaran media sosial yang dibuat, maka semakin efektif pula eksekusi yang bisa Anda lakukan. Misalnya meliputi platform media sosial (Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya) apa saja yang Anda gunakan untuk aktivitas promosi. Sertakan juga konten yang akan Anda gunakan misalnya dalam bentuk gambar, infografik, atau video. Pastikan konten yang dipasarkan melalui media sosial ini berhubungan dengan produk yang akan dijual.


Apa saja Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial?

Strategi pemasaran media sosial sangat penting bagi Anda yang menjalankan digital marketing. Tanpa strategi media sosial, aktivitas digital marketing Anda tidak akan mendapatkan hasil optimal.

8 strategi pemasaran media sosial yang bisa bisnis Anda terapkan sebagai berikut:

1. Lakukan riset sederhana

Riset pelanggan-Strategi Pemasaran Media Sosial

sebelum serius menyusun strategi pemasaran sosial media, penting bagi Anda untuk mengenal macam-macam platform media. Apabila Anda sudah menggunakan sosial media untuk memasarkan produk, maka lakukan analisis sederhana. Misalnya analisis karakteristik demografis audiens, lokasi, jenis konten apa yang telah berfungsi, dan sebagainya. Analisis juga kelemahan dan kekuatan kompetitor di media sosial. Hal ini akan mempermudah Anda menyusun strategi media sosial yang efektif

2. Tentukan target KPI yang jelas

Target KPI-Strategi Pemasaran Media Sosial

Strategi pemasaran media sosial harus memiliki target yang ingin dicapai. Apakah untuk membangun brand awareness, mendatangkan prospek, support service, atau meningkatkan penjualan?. Untuk mempermudah Anda untuk mengukur pencapaian target, berilah angka dan kerangka waktu untuk setiap matriks atau (Key Performance Indicator). Cobalah mengadopsi filosofi SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound) untuk menentukan tujuan dan metrik Anda.

3. Fokus pada target

Fokus pada target

Luasnya jangkauan pasar digital marketing lewat sosial media tidak sepenuhnya memberikan Anda kebebasan. Tetap fokus untuk menarik target pasar Anda. Pelajari persona mereka melalui aktivitasnya di media sosial atau dari preferensi konten, demografis, karakteristik psikografis, dan lainnya. Hal ini memudahkan Anda untuk membuat konten digital marketing yang tepat untuk mereka.

4. Buatlah konten marketing

Konten Marketing-Strategi pemasaran media sosial

Sosial media berperan untuk mendistribusikan konten marketing yang Anda buat ke hadapan penggunanya. Untuk menarik prospek, Anda harus membuat konten yang dapat menghibur, mengedukasi, melibatkan, dan membujuk target pasar Anda.

Pahami Algoritma sosial media yang Anda gunakan untuk memperluas jangkauan. Misalnya konten video memiliki jangkau lebih baik di Instagram dibandingkan dengan teks, tautan, atau posting gambar.

Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan konten marketing dengan WhatsApp blast untuk menjangkau pelanggan potensial Anda secara mudah dengan hanya satu klik saja.

Selengkapnya: Cara Mudah Mengirim Pesan Blast WhatsApp Tanpa Terblokir

5. Menjalin komunikasi secara personal

Menjalin Komunikasi Personal-Strategi Pemasaran Media Sosial

Menjalin komunikasi sangat penting untuk kesuksesan sebuah strategi pemasaran. Coba kirimkan direct message, tweet atau wall post secara personal ke prospek, sehingga mereka lebih mengenal produk Anda. Cara ini efektif untuk membuat prospek dihargai, bahkan sebagian dari mereka akan membagikannya ke kolega lainnya.

6. Manfaatkan iklan berbayar

Manfaatkan iklan berbayar

Sebagian platform media sosial seperti Instagram ads menyediakan iklan berbayar. Tujuannya untuk memperluas jangkauan dan secara langsung menghasilkan penjualan melalui berbagai jenis iklan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menentukan anggaran, target pasar yang dituju, sasaran kampanye, format iklan, dan strategi penawaran.

7. Menggabungkan banyak platform sosial media

Omnichannel-Strategi pemasaran media sosial

Melakukan pemasaran hanya di satu platform sosial media, tentu tidak akan optimal. Namun kebanyakan platform sosmed juga akan membuat Anda kerepotan. Oleh karena itu, Anda perlu menggabungkan sosial media yang digunakan dalam satu platform.

Caranya mudah, integrasikan semua platform media sosial Anda dengan sistem Omnichannel CRM Qontak.com. Dengan Omnichannel, semua interaksi di berbagai saluran sosial media Anda otomatis tersimpan dalam database terpadu. Anda dapat dengan memantau semua aktivitas digital marketing hanya dari satu dashboard. Bahkan aplikasi omnichannel Qontak.com bisa membalas pesan pelanggan Anda secara otomatis dengan bantuan fitur Chatbot.

Baca juga: Omnichannel vs Multichannel: Definisi dan Perbedaan

8. Pantau dan Evaluasi

Terakhir bagian terpenting strategi pemasaran sosial media adalah memantau apakah marketing yang Anda terapkan berjalan sesuai dengan rencana. Hal ini dapat Anda ukur dari pencapai apa saja yang telah bisnis Anda raih dalam periode tertentu. Setelah itu, analisis dan evaluasi poin mana saja yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan.

Selain menghubungkan berbagai media sosial, Omnichannel CRM Qontak.com juga didukung fitur pelaporan analisis. Fitur ini akan menampilkan laporan pencapain dan garis tren kinerja tim Anda dalam satu dashboard interaktif. Dashboard ini dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan Anda.


Contoh Brand yang Sukses Menerapkan Strategi Pemasaran Media Sosial

Brand-brand terkenal dunia tetap bisa menjadi nomor satu di industrinya masing-masing dengan menerapkan berbagai strategi pemasaran, sehingga tetap terkoneksi dengan para customer dan target market mereka. Di dunia digital, hal ini terjadi secara efektif lewat media sosial.

Inilah berbagai strategi pemasaran media sosial brand besar yang dapat Anda terapkan, seperti berikut:

– Taco Bell

Taco Bell merupakan brand makanan yang secara efektif menggunakan polling di Twitter dan memanfaatkan endorsement selebriti. Baru Oktober lalu Twitter merilis pilihan polling-nya, Taco Bell sudah menjadi early adapter. Polling pertama yang mereka tampilkan menanyakan customer mereka mengenai rasa Doritos Locos apa yang menjadi favorit mereka, yang efektif untuk mengundang interaksi para pengonsumsi setia Taco Bell.

Polling berikutnya, mereka kembali menarik polling yang ditargetkan bagi fans mereka yang masih duduk di bangku kuliah dan memanfaatkan momentum football game dengan mengajak fans untuk menebak skor, sehingga berhasil mengumpulkan total 26,000 votes. Taco Bell juga dengan sengaja memanfaatkan ketenaran selebriti yang menjadi brand ambassador mereka di Twitter lewat retweets.

– McDonald’s

McDonald’s sudah tidak perlu diragukan lagi ketenaran dan jumlah konsumennya di seluruh dunia. Di media sosial, apa yang dilakukan brand ini adalah memanfaatkan platform Instagram untuk mengubah menu mereka menjadi menu cantik yang menarik untuk di-share fotonya. Dengan strategi ini, McDonald’s memberikan alasan bagi para fans untuk mem-follow akun Instagram resmi mereka, yaitu untuk melihat foto cantik terkini dari menu yang biasa mereka pesan.

– In-N-Out

In-N-Out memiliki fans dan konsumen yang sangat loyal dengan struktur bisnis yang sudah sangat bagus. Meskipun mereka jarang melakukan postingan dalam frekuensi yang sering, halaman Facebook dijadikan tempat penyedia informasi dan platform interaksi yang tetap didatangi para fans. Bagian yang dapat diadaptasi adalah manajemen halaman Facebook yang baik, yang ditunjukkan dari cara mereka merespon setiap komentar dan pertanyaan yang masuk.

Cara In-N-Out melakukan respon begitu baiknya karena membuat fans merasa dianggap dan membuat konsumen merasa sedang berbicara dengan orang sungguhan. Mereka selalu merespon dalam waktu kurang dari satu jam, yang masih sulit dilakukan oleh brand lainnya. Disinilah In-N-Out menetapkan statusnya sebagai brand favorit.


Tingkatkan Penjualan Anda dengan Penerapan Strategi Pemasaran Media Sosial yang Tepat!

omnichannel-crm-qontak

Strategi pemasaran media sosial salah satu faktor penentu keberhasilan digital marketing Anda. Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat mengukur pencapain apa saja yang telah Anda raih dalam membangun brand awareness dan penjualan dalam selang waktu tertentu. Proses pengukuran akan dipermudah apabila Anda menggunakan aplikasi Omnichannel CRM dari Qontak.com.

Qontak.com menyediakan omnichannel terbaik di Indonesia. Aplikasi Qontak.com bisa mengabungkan berbagai saluran media sosial dalam satu platform. Jadi Anda tidak perlu lagi berpindah aplikasi untuk memantau interaksi yang terjadi di platform media sosial Anda.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales