Mekari Qontak
Marketing

Strategi Optimalisasi Digital Marketing Untuk Brand

Digital Marketing Optimization

Kebutuhan akurasi marketing di ranah digital telah masuk kategori penting bagi sebuah merek bila ingin bersaing saat ini. Digital marketing menjadi pintu sekaligus jalan bagi sebuah merek agar dapat berkembang. Berbagai tujuan dapat diramu di sana, baik untuk branding hingga selling. Namun telah banyaknya merek-merek lain yang merambah digital marketing tak membuat pekerjaan ini mudah. Butuh kejelian dan pembaruan trik agar dapat menjadi yang terbaik di ranah digital marketing.

Dengan mampu mengoptimalkan digital marketing maka kesempatan untuk meningkatkan penjualan bukan hal yang mustahil. Sebab digital branding memudahkan Anda untuk memperkenalkan produk kepada market potensial. Apalagi dengan digital marketing, pengukuran aktivasi akan menjadi lebih mudah dan lebih akurat.

Karena itu penting untuk mengetahui apa saja langkah-langkah optimalisasi digital marketing untuk branding.

1. Dimulai dari Website

Untuk dapat mengoptimalkan kegiatan digital marketing maka hal pertama yang harus merek Anda miliki adalah website perusahaan. Memiliki website perusahaan pun tak boleh asal punya, tapi harus dapat benar-benar mewakili ‘jati diri’ merek Anda. Sebab website adalah ‘wajah’ merek Anda.

Lengkapi juga website Anda dengan berbagai informasi yang diperlukan konsumen. Berikan informasi selengkap-lengkapnya di sana. Website pun tak hanya berguna sebagai pusat informasi merek Anda, tapi juga wadah branding dan selling. Untuk branding Anda dapat melengkapi website dengan berbagai testimoni pelanggan, foto-foto hingga informasi kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Sementata untuk selling Anda dapat melengkapi dengan mengenalkan berbagai produk dan servis yang ditawarkan merek Anda.

Digital Marketing Optimization

Sumber Gambar: crocodic.com

2. Aktif di Media Sosial

Aktif di media sosial sudah menjadi keharusan bagi sebuah merek saat ini. Bukan hanya sekedar media berinteraksi, media sosial juga telah berfungsi sebagai alat branding bahkan selling. Selain itu aktivasi media sosial juga dapat dikolaborasikan dengan website perusahaan Anda. Caranya adalah dengan memberikan link ke website perusahaan.

Media sosial juga memiliki kekuatan untuk merek Anda melakukan klarifikasi terkait sebuah isu negatif yang lahir di tengah-tengah masyarakat. Merek-merek besar sering memanfaatkan media sosial untuk hal itu. Dan jangan lupakan peran media sosial dalam menjalankan sebuah kampanye atau event. Tentu saja tak perlu menyedot biaya besar untuk menyelenggarakan event di media sosial maupun website, tapi dapat menyedot animo yang besar.

3. Membuat Aplikasi Mobile

Seiring kemajuan teknologi maka manusia kian merasa dimudahkan untuk kegiatan apa pun. Kini semua terasa dapat dilakukan lewat genggaman tangan (smartphone). Untuk itu langkah selanjutnya dalam mengoptimalisasi digital marketing adalah dengan menyediakan aplikasi mobile. Cukup sekali klik, konsumen sudah dapat ‘berinteraksi’ dengan merek Anda. Mulai dari kegiatan membeli produk/jasa atau sekedar mencari informasi.

Selain itu, Anda dapat menyelipkan beberapa permainan di aplikasi mobile Anda agar konsumen pun memiliki ‘kegiatan’ lain yang dapat dilakukan di aplikasi mobile Anda selain membeli dan berinteraksi dengan merek Anda. Beri juga hadiah yang berkaitan dengan produk Anda bila konsumen dapat menyelesaikan permainan yang ada di aplikasi mobile tersebut.

Digital Marketing Optimization

Sumber Gambar: duitwordpress.blogspot.co.id

4. Memasang Banner Iklan & Video

Tak hanya mengubah kebiasaan masyarakat, internet pun nyatanya dapat mengubah gaya promosi sebuah merek. Lihat saja, papan iklan banner atau billboard yang biasa Anda lihat di pinggir jalan kini telah tersedia di internet. Dengan ukuran yang lebih kecil, tentu saja. Bahkan bila memanfaatkan Google ads, iklan banner merek Anda akan ditempatkan otomatis sesuai dengan target market yang Anda inginkan.

Atau Anda dapat menempatkan banner iklan di media-media online maupun website atau blog tertentu. Anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak lain. Selain itu Anda dapat melakukan berbagai kreativitas dalam urusan promosi. Bukan hanya menggunakan banner, Anda juga dapat menggunakan iklan video yang jauh lebih menarik bagi masyarakat.

Dan yang perlu diingat, dari keempat langkah tersebut Anda harus dituntut kreatif dan berpikir cepat mengikuti perkembangan serta perubahan-perubahan yang terjadi di dunia digital. Sebab bila aktivitas digital marketing Anda relatif monoton maka pelanggan pun dapat melupakan merek Anda dan beralih ke merek yang lain. Tentunya ini dapat menjadi boomerang bagi merek Anda bila Anda tidak dapat mengoptimalkan digital marketing dengan baik.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales