Mekari Qontak
Featured Articles Sales

Software Perusahaan: 5 Aplikasi Wajib Dimiliki Bisnis

software perusahaan crm

Mengenal Software yang Dibutuhkan Perusahaan untuk Mengembangkan Bisnis

Saat ini banyak perusahaan telah memanfaatkan software untuk membantu operasional bisnisnya. Penggunaan software, juga tidak hanya untuk departemen tertentu saja. Namun hampir semua membutuhkan software yang menyederhanakan operasional bisnis, sehingga meningkatkan produktivitas.

Maka wajar banyak pengembang software dengan beragam jenis keperluan mudah ditemukan dipasaran saat ini. Lalu sebenarnya aplikasi apa saja yang diperlukan perusahaan Anda? dan bagaimana cara memperolehnya?

5 software perusahaan yang wajib digunakan untuk mengembangkan bisnis adalah

  1. Software Kasir
  2. Software Customer Service
  3. Aplikasi Marketing
  4. Software KPI
  5. Software CRM

Apa itu Software Perusahaan?

Software perusahaan adalah perangkat lunak yang digunakan bisnis untuk meningkatkan produktivitasnya. Dimana software akan menyederhanakan proses bisnis dengan mengotomatiskan sebagian alur bisnis seperti administrasi dan pelaporan.

Kebutuhan akan aplikasi untuk setiap perusahaan relatif berbeda-beda. Misalnya untuk bisnis biasanya hanya membutuhkan software nota penjualan (mengolah data). Sementara untuk bisnis skala menengah membutuhkan software yang lebih kompleks lagi, seperti customer relationship management (CRM), software marketing, software KPI, customer service, software marketing dan banyak lagi.


Bagaimana Software Bekerja Pada Perusahaan?

Untuk meningkatkan performa atau kinerja pegawai, perusahaan menggunakan bermacam software atau aplikasi untuk berbagai kebutuhan. Dikutip dari The Jakarta Post bahwa karyawan tetap dapat produktif dengan menggunakan software, bahkan perusahaan berhasil menekan biaya operasional hingga 24%.

Terdapat beberapa jenis aplikasi perusahaan yang sangat penting untuk dimiliki seperti software CRM, software marketing, software KPI, software customer service, dan sebagainya. Dengan hadirnya aplikasi perusahaan, maka para pegawai dapat terbantu dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

TIPS!: Tips Keberhasilan Work From Home Bagi Perusahaan


Apa saja Manfaat bisnis Menggunakan Software Perusahaan?

Software mampu menyederhanakan proses bisnis yang semula kompleks. Dengan begitu, bisnis dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Selain itu, software juga memberikan manfaat baik buat penggunanya, antara lain:

  • Ruang penyimpanan tanpa batas: tempat perusahaan bisa mengarsipkan ratusan hingga ribuan informasi ke dalamnya. Selain itu mudah dicari dan diakses kapanpun dibutuhkan.
  • Meminimalisir terjadinya human error yang dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti banyak beban pikiran, kurang fokus, stres, kurang tidur, kesehatan menurun, dan sebab lainnya.
  • Dilengkapi laporan analisis berkaitan erat dengan pelanggan atau target pasar dari produk Anda, seperti laporan penjualan, trend pasar, aktivitas karyawan dan lain sebagainya.
  • Meningkatkan layanan sehingga mencapai kepuasan pelanggan. Pada akhirnya, makin meningkat jumlah pelanggan, makin meningkat pula produktivitas bisnis Anda.
  • Menyederhanakan pekerjaan rumit sehingga meringankan beban kerja karyawan yang akan berdampak pada produktivitas perusahaan.
  • Mendorong loyalitas pelanggan.
  • Menyediakan informasi dan data secara real time juga akurat.
  • Menghemat biaya operasional perusahaan
  • Membantu Pengambilan Keputusan secara Cepat dan Tepat.

Apa Saja Software yang Dibutuhkan Perusahaan?

5 aplikasi atau software yang dibutuhkan perusahaan untuk mengembangkan bisnis adalah sebagai berikut:

1. Software Kasir

Software Kasir Pada Perusahaan

Program kasir yang berbasis cloud. Software kasir dapat membantu proses transaksi penjualan sehingga mampu menggantikan fungsi/posisi mesin kasir konvensional. Semua transaksi penjualan dimuat secara otomatis pada laporan yang disimpan dalam sistem secara real time. Dengan demikian, pemilik bisnis dapat memantau bisnisnya (sales monitoring) dengan lebih mudah, kapan saja, dan dimana saja.

2. Software Customer Service

Software Customer Service pada perusahaan

Aplikasi customer service dirancang untuk mengelola dan merespon berbagai saluran komunikasi pada bagian pelayanan pelanggan (customer service). Dengan software customer service tersebut perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan (customer satisfaction) melalui sistem otomatisasi yang dijalankan menggunakan software perusahaan tersebut. Beberapa otomatisasi tersebut meliputi pelacakan keluhan, pertanyaan, dan permintaan dari pelanggan melalui telepon atau chat yang diklasifikasi menurut kelompoknya sehingga tim customer service dapat memberikan respon yang lebih cepat kepada prospek/pelanggan.

3. Aplikasi Marketing

Software Marketing pada Perusahaan

Digunakan untuk meningkatkan hubungan/loyalitas pelanggan dan menarik minat prospek, sehingga akan meningkatkan penjualan/pendapatan perusahaan. Software marketing menerapkan sistem otomatisasi marketing dimana sistem dapat membaca minat prospek atau pelanggan berdasarkan perilaku mereka, yang kemudian dirangkum dalam data. Data tersebut dijadikan dasar dalam menentukan promosi yang tepat sebagai salah satu metode untuk meningkatkan marketing.

4. Software KPI

Software KPI pada Perusahaan

KPI (Key Performance Indicator) merupakan indikator untuk mengukur sebuah kinerja. Menentukan, mengelola, dan mengukur KPI merupakan hal penting dalam sebuah bisnis, karena KPI merupakan sebuah landasan yang kita gunakan untuk mengembangkan bisnis. Dengan menggunakan software KPI, perusahaan dapat mengetahui perbaikan apa yang perlu dilakukan dan hal apa yang telah memenuhi standar sehingga harus dipertahankan.

5. Software CRM

CRM merupakan salah satu software yang memiliki banyak fungsi atau manfaat dalam sebuah bisnis. Sistem kerja aplikasi CRM pada dasarnya digunakan untuk merekam dan mengelola database penjualan dan pelayanan pada perusahaan. Karena fungsinya yang penting, maka Anda harus dapat memilih penyedia software CRM terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Oleh karenanya, ketahuilah lebih dulu pengertian dan fungsi dari software CRM.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Cara Mendapatkan Software Perusahaan?

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap software memiliki banyak manfaat. Dimana diantara pilihan tersedia, software perusahaan yang paling dibutuhkan adalah software CRM. Sebab CRM solusi end-to-end yang menciptakan sebuah sistem yang dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, serta profitabilitas pada perusahaan.  Selain itu, software CRM didukung fitur lengkap yang membantu bisnis mengelola berbagai aspek seperti marketing, sales, orders, hingga support seperti yang dimiliki Qontak.com.

Qontak.com merupakan penyedia software CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel Communication (WhatsApp dan Call Center). Oleh karenanya, software CRM Qontak.com juga dapat dipakai sebagai software marketing, software KPI, dan software customer service. Qontak.com juga merupakan official business partner untuk WhatsApp API (WhatsApp business yang terverifikasi) untuk meningkatkan pelayanan customer service pada bisnis.

Hubungi kami dan miliki software perusahaan terbaik untuk bisnis Anda sekarang juga. Coba GRATIS!

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS dibawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales