Mekari Qontak
Sales

10 Retail Management Software Terbaik di Tahun 2022

Qontak.com_Retail management software

Retail management software menjadi pilihan tepat bagi pemilik bisnis ritel untuk mempercepat proses penjualan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mampu mengelola inventaris seperti jumlah barang yang masih tersimpan, sudah terjual, dan berapa banyak yang baru diterima.

Berkat kemampuan tersebutlah, aplikasi manajemen retail banyak digunakan oleh bisnis saat ini. Oleh karena itu, banyak vendor yang menawarkan aplikasi ini dengan fitur-fitur pilihan.

Lalu dari banyaknya pilihan di pasar, Retail management software mana yang terbaik?

10 Rekomendasi retail management software yang bisa Anda gunakan sebagai berikut:

  1. Qontak.com
  2. Deskera
  3. Ukirama
  4. SAP
  5. Quant
  6. NCR Counterpoint
  7. Tylernet
  8. Cybex Enterprise Retail Suite
  9. Posprophetsystems
  10. S2K Enterprise

Ingin coba Retail Management Software Terbaik_-05


Apa itu Retail Management Software?

Retail management software adalah aplikasi yang membantu bisnis Anda mendapatkan lebih banyak penjualan. Dimana aplikasi ini dirancang untuk menyederhanakan operasional bisnis retail, mulai dari pasokan barang, pengelolaan stok barang, pencatatan pesanan pelanggan, hingga pengembalian barang.

Retail management system telah banyak diadopsi oleh pelaku bisnis di Indonesia. Terlebih di era era digital seperti saat ini yang menuntut bisnis ritel beroperasi lebih efisien. Aplikasi ini memiliki banyak manfaat yang akan mendatangkan keuntungan untuk bisnis Anda.

Baca juga: Software Sales: 10 Pilihan Terbaik, No.1 Wajib


Apa yang bisa Dilakukan Retail Management Software?

Retail Management Software membantu bisnis dalam mengelola inventaris, pengisian ulang, promosi, kinerja back office, karyawan serta pelanggan. Platform ini juga memungkinkan Anda untuk melacak penjualan dan produktivitas di saluran penjualan. Retail secara efisien dan cepat bisa memproses faktur yang menghemat waktu mereka.

Berikut adalah hal yang bisa dilakukan oleh retail management software:

  • Manajemen inventaris: aplikasi manajemen ritel memungkinkan Anda untuk mengelola siklus hidup produk mulai dari pembelian hingga titik penjualan. Hal  ini memudahkan dalam mencetak label pengiriman dan mengumpulkan pesanan. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda dalam mengotomatisasi proses pengiriman. Selain itu, aplikasi manajemen ritel membantu mengelola inventaris daftar tunggu dan dalam memposting ulang inventaris.
  • CRM: retail management software memungkinkan penggunanya untuk meningkatkan hubungan pelanggan lama, menemukan pelanggan baru dan prospek potensial. CRM juga dapat menyimpan catatan untuk akun pelanggan yang berbeda di mana pengguna dapat meninjau alamat fisik pembeli untuk mengetahui tren geografis. Pengguna dapat melacak dolar yang dihabiskan dan dikembalikan untuk setiap pelanggan.
  • Manajemen karyawan: aplikasi manajemen ritel membantu pengguna mengelola akun mereka untuk semua staf atau karyawan. Fitur ini menawarkan tab pengguna yang berkaitan dengan pekerjaan atau tugas tertentu. Anda juga dapat meninjau tingkat persediaan yang membantu dalam pemesanan ulang.
  • Pelaporan dan analitik: retail management software menyediakan alat analitik untuk mendapatkan wawasan berharga tentang bisnis ritel Anda.
  • POS: menyediakan alat penjualan untuk merampingkan proses penjualan dan operasi bisnis dengan platform sederhana baik berupa perangkat lunak, perangkat keras, dan pembayaran untuk bisnis ritel yang dibuat untuk etalase dan kantor belakang Anda dan dibuat untuk meningkatkan penjualan dan memangkas biaya.

Apa Manfaat Menggunakan Retail Management Software?

Manfaat utama yang akan dirasakan bisnis retail menggunakan software management adalah mendorong lebih banyak penjualan. Aplikasi ini dilengkapi otomatisasi penjualan yang membantu mengelola inventaris dengan lebih baik dan mendorong produktivitas karyawan.

Manfaat lainnya menggunakan aplikasi management retail adalah:

– Mempercepat proses transaksi

Mungkin manfaat paling penting dari aplikasi ritel ini adalah menyederhanakan proses transaksi bagi karyawan dan pelanggan. Retail management system biasanya terintegrasi dengan platform pembayaran kartu kredit, printer tanda terima, dan pemindai kode batang untuk meminimalkan waktu penyelesaian transaksi.

– Meningkatkan manajemen persediaan barang

Mempertahankan tingkat inventaris yang tepat adalah sangat sulit tanpa dukungan aplikasi untuk melacak dan mengendalikan inventaris. Wawasan yang diperoleh dari inventarisasi dan fitur manajemen penjualan barang memberikan transparansi untuk mengelola stok.

Contohnya, Aplikasi toko roti membantu mengelola inventaris untuk bahan dan produk yang digunakan di toko roti.

– Memberikan wawasan manajemen pelanggan yang dapat ditindaklanjuti

Aplikasi manajemen retail memungkinkan Anda mempelajari dan melacak pelanggan, sehingga Anda dapat menawarkan interaksi yang lebih personal.

Database pelanggan yang disimpan pada aplikasi seperti riwayat pembelian, informasi kontak, dan bahkan profil program loyalitas memungkinkan Anda untuk mengirimkan email personalized dan promosi pemasaran lainnya.

– Meningkatkan efisiensi dan transparansi

Retail management software mampu mempersingkat waktu untuk menyelesaikan proses manual yang membosankan. Hal ini memberikan Anda waktu untuk lebih memperdalam hubungan dengan pelanggan, memantau dan melatih karyawan, serta mengoptimalkan inventaris dan kinerja bisnis.


Top 10 Retail Management Software di Indonesia

1. Mekari Qontak

Logo Mekari Qontak

Qontak.com menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang dapat digunakan untuk mengelola bisnis. Aplikasi CRM ini didukung sistem otomatisasi yang membuat proses transaksi lebih efisien. Kelebihan retail management software adalah membantu Anda melacak tim penjualan, sales lapangan aktivitas tim dan sales order serta tim customer service.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Harga: berlangganan Qontak.com mulai Rp 200.000 per bulan

Rating by G2: 4.6 out of 5 stars

Fitur yang ditawarkan Qontak.com antara lain:

  • Manajemen database dengan perspektif 360° yang menampilkan semua aktivitas, catatan, komunikasi, tugas, dan file dengan lengkap.
  • Manajemen prospek yang akan menyimpan semua informasi leads dan dapat diakses kapanpun.
  • Laporan analisis penjualan, layanan pelanggan serta proyek yang dapat difilter dan disesuaikan kebutuhan Anda yang ditampilkan pada dashboard interaktif.
  • Visualisasi sales pipeline yang memudahkan memantau aktivitas bisnis.
  • Otomatisasi dokumen yang dapat membuat dokumen dari word atau Spreadsheet.
  • Ticketing system.yang mempermudah dan mengontrol setiap pertanyaan, keluhan dan permintaan pelanggan.
  • Otomatisasi tugas anggota tim yang dapat dipantau setiap saat.

2. Deskera

Deskera-retail-management-software

Deskera menyediakan software yang membantu mengembangkan berbagai bisnis termasuk retail. Aplikasi ini menawarkan solusi ERP lengkap untuk retailer di Indonesia mulai dari mengelola pembelian, penjualan, keuangan, inventaris, hingga rantai pasokan. Semua aktivitas tersebut dapat dilakukan dari satu platform.

Harga: yang dikenakan untuk menggunakan Deskera mulai dari $ 7.50 per bulan

Rating by G2: 4.5 out of 5 stars

Fitur yang dimiliki Deskera antara lain:

  • Performance and Reliability
  • Sales Force Automation
  • Marketing Automation
  • Customer Support
  • Reporting & Analytics

3. Ukirama

Ukirama-retail-management-software

Ukirama merupakan solusi management software yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengelola bisnis retail. Aplikasi manajemen retail ini cukup banyak diadaptasi perusahaan besar seperti Camel Active, Byford, Pierre Cardin, dan Beverly Hills Polo Club.

Harga: untuk berlangganan Ukirama dapat diketahui dengan menghubungi customer support mereka.

Rating by G2: belum ada

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Ukirama antara lain:

  • Manajemen multi gudang
  • Multi mata uang
  • Akuntansi
  • Manajemen approval
  • Pembuatan laporan
  • Penggajian

4. SAP

SAP-retail-management-software

SAP menawarkan solusi lengkap untuk bisnis retail yang dapat disesuaikan kebutuhan bisnis Anda. Retail management software ini berorientasi menyederhanakan transaksi penjualan sehingga lebih efisien. SAP juga memudahkan Anda menganalisis penjualan, pasar, produk dan pipeline yang dapat diakses di smartphone, laptop dan Desktop.

Harga: Hubung customer support untuk mengetahui biaya berlangganannya.

Rating by G2: 4.1 out of 5 stars

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi SAP antara lain:

  • General Ledger
  • Accounts Receivable
  • Accounts Payable
  • Reporting & Analytics
  • Data Import and Export Tools

5. Quant

Quant-retail-management-software

Quant adalah aplikasi manajemen ritel berbasis cloud yang mudah digunakan untuk manajemen penjualan yang efisien. Software ini menawarkan planogram yang dioptimalkan berdasarkan penjualan, pelaporan lanjutan, akses ke data penjualan, pemesanan semi-otomatis, distribusi dan lainnya

Harga: biaya berlangganan Quant mulai dari $ 1371.02 per tahun

Rating by G2: 4.8 out of 5 stars

Fitur yang dimiliki oleh Quant adalah sebagai berikut:

  • Assortment Planning and Optimization
  • Allocation
  • In Season
  • Clustering
  • Reporting
  • Export

6. NCR Counterpoint

NCR-Counterpoint-retail-management-software

NCR Counterpoint menawarkan management software yang terintegrasi dengan e-commerce. Dengan begitu, aplikasi ini sangat cocok untuk bisnis retail. Sistem NCR counterpoint dapat disesuaikan sesuai kebutuhan Anda. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melacak penjualan dan membuat laporan penjualan harian otomatis.

Hraga: hubungi customer support NCR Counterpoint untuk mengetahui harga berlanggananya.

Rating by G2: 3.7 out of 5 stars

Fitur yang ditawarkan NCR Counterpoint meliputi:

  • Sales Orders
  • Sales Reports

7. Tylernet

TylerNet-retail-management-software

Tylernet adalah menawarkan solusi manajemen akuntansi berbasis cloud yang membantu retail untuk meningkatkan keuntungan. Aplikasi ini mampu menangani hutang, pesanan pembelian, dan penyusutan aset. Selain itu, Tylernet juga menyediakan fungsi pencarian di mana manajer dapat mencari produk tertentu dan jumlah stok yang tersedia dengan memasukkan kode batang suatu produk.

Harga: biaya berlangganan Tylernet dapat diketahui dengan menghubungi customer support mereka.

Rating by G2: 4.0 out of 5 stars

Fitur yang dimiliki oleh Tylernet antara lain:

  • Employee Management
  • Loyalty Program
  • Order Management
  • Purchase Order Management
  • Reporting/Analytics
  • Returns Management
  • eCommerce

8. Cybex Enterprise Retail Suite

Cybex-Enterprise

Cybex Enterprise Retail Suite menawarkan management software yang berfokus pada aksesibilitas informasi. Sistem ini memungkinkan Anda untuk memasukkan data secara manual dan otomatis, mengaturnya sesuai keinginan bisnis mereka, dan mengakses informasi ini dari satu lokasi pusat. Cybex sangat ideal untuk operasi ritel tingkat menengah dan perusahaan yang dikelola dari satu lokasi kantor pusat utama.

Harga: biaya yang ditawarkan Cybex Enterprise Retail Suite mulai dari $ 100.00 per bulan.

Rating by softwareadvice: 4.77 out of 5 stars

Fitur yang dimiliki oleh Cybex Enterprise Retail Suite antara lain:

  • Franchise Management
  • Inventory Control
  • Jewelry Store Management
  • Point of Sale
  • Retail Analytics
  • Retail Management

9. Posprophetsystems

POSExpress-Retail-management-software

Posprophetsystems menawarkan solusi management retail untuk membantu mengelola akuntansi bisnis. Aplikasi menawarkan fitur manajemen inventaris bawaan untuk melacak inventaris produk dan mengotomatiskan proses pemesanan ulang stok. Posprophetsystems memungkinkan Anda untuk membuat toko online untuk menjual barang, layanan, paket keanggotaan, kartu hadiah, atau barang lainnya.

Harga: biaya yang ditawarkan mulai dari $199.00 per bulan.

Rating by softwareadvice: 4.68 out of 5 stars

Fitur yang dimiliki oleh Posprophetsystems meliputi:

  • Barcode scanning
  • Commission management
  • Layaway management
  • Ordering automation
  • Returns management
  • eCommerce integration

10. S2K Enterprise

S2K-Enterprise

S2K Enterprise menawarkan retail management system berbasis cloud yang digunakan untuk membuka kemampuan modern seperti intelijen bisnis, analitik prediktif, pemesanan seluler, manajemen gudang, e-niaga, dan banyak lagi. Meski berbasi cloud, aplikasi ini memastikan perlindungan data pelanggan, dan memberi perusahaan lingkungan yang fleksibel untuk mendukung pekerja jarak jauh dan pertumbuhan di masa depan.

Harga: hubungi customer support S2K Enterprise untuk mengetahui biaya berlangganan per bulannya.

Rating by G2: 3.4 out of 5 stars

Fitur yang ditawarkan oleh S2K Enterprise adalah

  • Activity Dashboard
  • Reporting/Analytics
  • Document Management
  • Inventory Management
  • Workflow Management
  • Production Scheduling
  • HR Management

Rekomendasi: Retail Software: 7 Aplikasi Retail Terbaik di Indonesia


Bagaimana Cara Memilih Retail Management Software Terbaik?

Sebelum menentukan retail management software yang akan Anda gunakan, ada baiknya Anda memperhatikan tips dibawah ini:

– Teliti apa yang tren di pasar

Mulailah dengan membangun pemahaman dasar tentang seperti apa pasar dalam hal fitur umum, aplikasi tambahan, harga, model penerapan dan lainnya. Perhatikan istilah atau jargon industri yang perlu Anda pahami saat bekerja dengan vendor. Situs web penyedia aplikasi management ritel adalah sumber yang bagus untuk penelitian awal ini.

– Tentukan dan prioritaskan kebutuhan bisnis Anda

Buat daftar rinci tentang apa yang ingin Anda miliki di sistem baru nanti. Mulailah dengan mengumpulkan poin paling umum dari perangkat lunak atau proses saat ini.

Misalnya memudahkan tugas Manajer untuk menjangkau karyawan, sehingga bisa mempelajari apa yang akan membuat peran mereka lebih mudah. Buat dokumen kebutuhan formal yang dapat Anda bagikan dengan vendor untuk menjaga agar ruang lingkup percakapan tetap terfokus pada kebutuhan spesifik Anda.

– Evaluasi solusi berdasarkan demo dan ulasan pengguna

Konsultasi tinjauan aplikasi ritel adalah cara yang fantastis untuk mulai mengevaluasi dan menghilangkan sistem tertentu.

Setelah Anda mempersempit pilihan Anda ke daftar tiga hingga lima sistem, Anda dapat mulai berpartisipasi dalam demo aplikasi untuk mendapatkan snapshot dari berbagai solusi dalam tindakan dan menilai kegunaan dan fungsionalitas secara langsung.

Baca juga: Software Sales: 7 Pilihan Terbaik, No 1 Wajib


Miliki Retail Management Software Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Aplikasi CRM Mekari Qontak

Dari penjelasan diatas, Anda mengetahui banyak manfaat yang akan didapatkan setelah menggunakan retail management software. Contohnya mempersingkat proses penjualan, sehingga tim sales dapat meningkatkan produktivitas. Hal tersebut berdampak positif bagi Anda yakni meningkatnya pendapatan bisnis.

Dari 10 rekomendasi retail software, tentu tidak mungkin Anda gunakan semuanya. Sebagai gantinya Anda ingin mendapatkan yang terbaik. Salah satunya adalah Mekari Qontak.

Aplikasi retail yang ditawarkan Mekari tidak hanya mengotomatiskan proses penjualan Anda. Tapi juga bisa menghubungkannya dengan aplikasi bisnis Anda lainnya, termasuk saluran pemasaran dalam satu platform.

Lebih dari 3000++ perusahan telah bekerjasama dengan Qontak untuk mengembangkan usahanya  Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Hubungi Qontak.com sekarang atau coba gratis dengan mengisi form di bawah ini:

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales