Daftar isi
7 min read

6 Rekomendasi Aplikasi Input Data Penjualan Terbaik untuk Bisnis

Tayang 05 April 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Rekomendasi Aplikasi Data Penjualan terbaik
6 Rekomendasi Aplikasi Input Data Penjualan Terbaik untuk Bisnis

Aplikasi data penjualan telah banyak dibutuhkan oleh bisnis untuk mengumpulkan dan mengatur data-data dalam riwayat penjualan yang biasanya dilakukan secara otomatis. Sebab input atau memasukkan data penjualan secara manual membutuhkan waktu lama.

Bahkan media Forbes.com melaporkan dua pertiga (64,8%) waktu tim sales dihabiskan untuk aktivitas dasar penjualan seperti administrasi, dan tersisa hanya 35,4% untuk penjualan yang menghasilkan pendapatan. Sementara aplikasi data penjualan seperti aplikasi CRM cukup memerlukan 17,9% untuk proses dasar penjualan.

Angka tersebut menunjukkan bahwa aplikasi input data penjualan dapat menghemat watu tim sales, sehingga mereka bisa lebih fokus melakukan penjualan. selain itu, akses data juga menjadi lebih mudah, sehingga membantu bisnis dalam menyusun strategi dan menekan human error seperti kesalahan menghitung atau kehilangan catatan penjualan.

Maka dari itu, kami merekomendasikan 6 aplikasi input data penjualan terbaik yang bisa Anda gunakan untuk efisiensi aktivitas bisnis. Yuk, simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut.


6 Aplikasi Data Penjualan Terbaik di Indonesia

Berikut ialah 6 software untuk mengintegrasi data sales terbaik di Indonesia yang dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan pada bisnis Anda.

1. Mekari Qontak

Aplikasi Data Penjualan- Mekari Qontak

Mekari Qontak merupakan salah satu penyedia software untuk mengintegrasi data sales terbaik di Indonesia, didukung sistem untuk mempercepat KPI dan kinerja bisnis dalam mengelola dan melacak tim, sales lapangan, aktivitas tim, dan sales order. Fitur pada aplikasi data penjualan sales Mekari Qontak ialah:

  • Kustomisasi: Tampilan dashboard dapat diubah secara instan sesuai perspektif bisnis.
  • Tampilan Database 360o: Menampilkan semua data rinci yang perlu Anda ketahui dari satu layar dalam perspektif statis dan dinamis.
  • Pelacakan Live GPS: Melacak lokasi tim sales secara langsung saat online atau offline pada waktu sebenarnya meski tanpa koneksi internet.
  • Pelacakan KPI dan Tugas: Monitoring progress tugas dan menciptakan KPI tertentu yang ingin dicapai.
  • Integrasi WhatsApp dan chat: Terintegrasi dengan WhatsApp dan aplikasi lainnya seperti media sosial, e-commerce, dan VOIP call center.
  • Otomatisasi Dokumen: Mengotomatiskan dokumen secara instan seperti quotation, invoice, proposal, dan lainnya untuk menghemat waktu.
  • Inisiasi Pemasaran: Terhubung dengan aplikasi marketing sehingga dapat mengotomatiskan promosi, misalnya melalui WhatsApp blast.
  • Dedicated Support: Mendapatkan support khusus untuk setiap pengguna dengan harga yang terjangkau.

2. EQUIP POS

Aplikasi Data Penjualan - Equip

EQUIP POS adalah aplikasi data penjualan berbasis cloud yang menawarkan solusi otomatis untuk berbagai skala bisnis mulai UMKM hingga enterprise. Berikut fitur andalannya:

  • Multi-User & Multi-Location Management: Memberikan akses ke banyak karyawan tanpa dibatasi untuk memonitor penjualan dan stok barang di setiap cabang toko.
  • Transaction Suspension: Menunda transaksi jika terjadi keadaan darurat untuk sementara waktu.
  • Table Management (untuk Restoran): Mengatur posisi dan melacak pesanan dari setiap meja dengan mudah.
  • Product & Price Synchronization: Memudahkan dalam mengubah dan memperbarui daftar produk dan harga di seluruh cabang toko secara realtime.

3. MOKA

Aplikasi Data Penjualan - Moka

MOKA menawarkan berbagai kemudahan untuk bisnis dalam mengelola transaksi penjualan. Software data penjualan sales ini sudah cukup dikenal di kalangan bisnis retail dan restoran di Indonesia. Fitur pada aplikasi MOKA, yaitu:

  • Table Management: Merancang visualisasi tata letak meja di restoran serta analisis durasi pelanggan dan data penjualan untuk setiap mejanya.
  • Inventory Management: Mengecek ketersediaan stok produk dan melihat riwayat pemesanan ke supplier kapan saja.
  • Employee Management: Mengatur slot karyawan dan menentukan tugas untuk karyawan dengan menggunakan empat digit kode otorisasi.
  • Customer Management: Mengelola dan mengumpulkan membership pelanggan tanpa batas.

4. Moodah

Aplikasi Data Penjualan - Modah

Aplikasi data penjualan sales yang satu ini didukung fitur pembukuan usaha yang dirancang untuk pencatatan penjualan dan keuangan. Moodah memiliki fitur bookkeeping, pencatatan transaksi penjualan, pengelolaan hutang dan piutang, dan laporan neraca keuangan, laba rugi, dan arus kas instan.

Selain itu, Anda dapat menggunakan software ini melalui handphone. Laporan penjualan dan keuangan akan terekap otomatis, dan dapat diunduh dalam bentuk Excel dan PDF.

5. Pawoon

Aplikasi data penjualan - Pawoon

POS Pawoon mudah digunakan dengan proses instalasi yang cepat. Software untuk mengintegrasi data sales ini bisa berperan dalam kerja kasir seperti mencetak struk dan menyimpan data transaksi, serta meminimalisir kesalahan yang biasa terjadi pada proses pembayaran.

Fitur unggulan Pawoon lainnya akses laporan penjualan secara realtime melalui gadget, menghitung harga pokok produk (HPP), menentukan promosi, mengelola bahan baku atau resep dan membuat hak akses kepada orang-orang tertentu.

6. Olsera

Aplikasi Data Penjualan - Olsera

Olsera merupakan aplikasi penarik data sales penjualan yang dapat bergerak pada bisnis di bidang restoran, kafe, toko ritel, apotek hingga food truck. Fitur yang ditawarkan meliputi manajemen inventaris, perhitungan ongkos kirim, sinkronisasi data, manajemen pembayaran, dan manajemen transfer stok.

Sementara untuk bisnis makanan dan minuman, fitur yang disediakan mencakup manajemen meja, manajemen menu, manajemen pembayaran, dan kitchen display system.

Baca juga: 12 Cara Mendapatkan dan Mengelola Database Pelanggan dengan Tepat


Apa Saja Fitur Aplikasi Input Data Penjualan yang Penting bagi Bisnis?

Software untuk mengintegrasi data sales memberikan kemudahan bagi bisnis untuk mengelola dan melacak segala aktivitas penjualan dari awal interaksi hingga produk sampai ke tangan konsumen. Aplikasi ini juga dapat bekerja dengan otomatisasi marketing, pelacakan sales, dan manajemen kontak.

Lalu, apa saja fitur-fitur unggulan dan cara kerja sebuah aplikasi penarik data sales penjualan?

– Manajemen Data Penjualan Terpusat

Software untuk mengintegrasi data sales mengelola informasi semua aktivitas sales dari berbagai sumber dalam satu panel. Data tersebut disimpan secara otomatis berdasarkan kriteria yang telah ditentukan bisnis.

Dashboard Interaktif

Aplikasi data penjualan memiliki tampilan dashboard interaktif yang mudah digunakan dengan drag-and-drop elemen, memungkinkan pengguna menavigasi platform dengan cepat.

– Pelaporan Analitik

Laporan analitik penjualan didapatkan dari data yang dikumpulkan oleh aplikasi penarik data sales penjualan dari waktu ke waktu. Data tersebut disajikan secara visual sehingga mudah dipahami bisnis.

– Akses Mobile

Fitur ini memungkinkan tim sales mengakses aplikasi untuk mengintegrasi data sales di mana pun berada melalui perangkat seluler. Mereka bisa langsung memperbarui informasi atau kendala yang dihadapi saat bertugas dimana saja.

– Monitoring Data Penjualan

Fleksibilitas aplikasi penarik data sales penjualan memungkinkan bisnis untuk mengakses data terkini yang terus diperbarui. Semua data penjualan terpantau secara realtime sehingga memudahkan Anda mengetahui efektifitas setiap perubahan strategi bisnis yang dibuat.

– Kolaborasi dalam Satu Aplikasi Data Penjualan

Software untuk mengintegrasi data sales juga membantu merampingkan kolaborasi atau kerjasama tim sales dengan memungkinkan penggunanya untuk berbagi data secara online. Aplikasi ini terintegrasi dengan platform lain seperti Google Docs dan Spreadsheet yang membuat berbagi file lebih mudah.

– Integrasi dengan Aplikasi lain

Alur kerja tim penjualan akan disederhanakan karena mereka tidak perlu repot membuka beberapa aplikasi pendukung penjualan sekaligus. Semua informasi dari berbagai saluran dapat langsung diakses dari satu software untuk mengintegrasi data sales.

– Manajemen Sales Pipeline

Fitur ini membantu melihat kesepakatan yang sedang tim sales kerjakan dari berbagai saluran dan menunjukan dengan tepat transaksi yang sedang berjalan. Dengan demikian tidak ada proses yang tumpang tindih dan memungkinkan untuk membuat solusi penjualan yang sempurna.


Bagaimana Mendapatkan Aplikasi Data Penjualan Terbaik?

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menganalisis kebutuhan bisnis dengan membuat daftar kebutuhan secara terperinci. Selanjutnya, bandingkan fitur-fitur yang ditawarkan setiap vendor aplikasi data penjualan.

Pilihlah vendor yang mengembangkan sistemnya sendiri secara in house sehingga memudahkan proses instalasi, penyesuaian, pelatihan dan pemeliharaan. Akan lebih baik jika tidak memiliki biaya tersembunyi (hidden cost) sehingga besarnya biaya yang harus dikeluarkan, sudah Anda ketahui sejak awal.

Selain itu, jangan lupa pertimbangkan vendor yang sudah berpengalaman dan menawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran bisnis Anda seperti Mekari Qontak.

Software untuk mengintegrasi data sales dari Mekari Qontak dapat dikostumasisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda. Transformasikan sistem data penjualan bisnis Anda dengan mengimplementasikan software untuk mengintegrasi data sales!

Jadi, tidak heran apabila Mekari Qontak dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan di Indonesia. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

YukDapatkan FREE TRIAL Aplikasi CRM Mekari Qontak  selama 14 hari atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak sekarang!

Kategori : Bisnis ToolsSales
WhatsApp WhatsApp Sales