Daftar isi
10 min read

12 Pertanyaan Tentang CRM

Tayang 26 April 2022
Diperbarui 30 Januari 2024
Pertanyaan Tentang CRM dan Customer Service
12 Pertanyaan Tentang CRM

Penggunaan Aplikasi CRM saat ini cukup populer di kalangan bisnis. Namun ada banyak pertanyaan tentang CRM yang sering diajukan bisnis sebelum beralih menggunakan software customer relationship management atau CRM. Sebab beberapa bisnis menganggap sistem ini sulit bagi mereka yang baru akan beralih menggunakan aplikasi.

Pertanyaan seputar customer service juga sering diajukan oleh bisnis akan beralih menggunakan aplikasi CRM. Misalnya bagaimana aplikasi ini membantu dalam mengelola customer service? dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, kami merangkum pertanyaan sulit tentang customer service maupun CRM yang sering diajukan, untuk meyakinkan Anda dalam mengambil keputusan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap pertanyaan tentang CRM berikut ini!


Apa yang dimaksud pertanyaan tentang CRM?

Pertanyaan tentang CRM adalah pertanyaan yang kerap diajukan oleh bisnis yang masih meragukan manfaat menggunakan sistem CRM. Pertanyaan tersebut diajukan bisnis (sales) yang masih ragu menggunakan Aplikasi CRM.

Padahal software CRM juga mampu menjawab pertanyaan sulit tentang pelayanan customer service bisnis yang sering diajukan pelanggan.

Pertimbangan perusahaan dalam beralih menggunakan software CRM adalah untuk mengembangkan dan menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan. CRM dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis, mulai dari bisnis rumahan hingga perusahaan skala besar.

Di mana terkadang bisnis juga sulit menjawab pertanyaan tentang pelayanan customer service yang diajukan pelanggan. Dengan berbagai pilihan aplikasi CRM yang ada, diharapkan mampu menjawab pertanyaan tentang pelayanan customer service bisnis yang sering diajukan pelanggan.


12 Pertanyaan Tentang Customer Relationship Management (CRM)

Pada umumnya ada 10 pertanyaan yang sering ditanyakan sales (bisnis) ke customer service tentang CRM. Hal ini disebabkan minimnya pengetahuan terkait CRM. Padahal di tengah persaingan bisnis ketat saat ini, CRM sangat dibutuhkan oleh bisnis agar mampu menjawab pertanyaan tentang pelayanan customer service dan bersaing dengan kompetitor.

Berikut 10 pertanyaan sales ke customer service yang menyediakan aplikasi CRM yang sering ditanyakan:

1. Apa itu customer relationship management?

Apa itu customer relationship management?

Pertanyaan tentang CRM yang pertama adalah pengertian Customer relationship management atau CRM. CRM merupakan sistem bisnis yang dirancang untuk mengelola interaksi-interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan Anda.

CRM banyak digunakan oleh tenaga penjualan dan pemasaran karena sistem CRM dapat membantu perusahaan untuk merampingkan alur kerja bisnis sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Baca Juga: Apa itu CRM? Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Tahapannya

2. Apa saja Fitur yang harus ada pada CRM?

Apa saja Fitur yang harus ada pada CRM?

Menurut GetApp, 88% pengguna CRM menginginkan fitur manajemen kontak dan manajemen prospek. Namun, selain kedua fitur tersebut, masih ada beberapa fitur lainnya yang perlu dimiliki oleh sebuah sistem CRM, antara lain:

  • Task management
  • Deal management
  • Sales forecasting
  • Reporting and analytics tools
  • Email marketing
  • Mobile applications
  • Workflow and marketing automation
  • Document management

3. Mengapa perusahaan tertarik menggunakan CRM?

Pertanyaan tentang CRM yang ketiga

Customer service penyedia aplikasi CRM juga sering mendapat pertanyaan seputar alasan banyak perusahaan saat ini tertarik menggunakan CRM. Hal ini karena mereka menyadari bahwa pelanggan adalah aset utama yang sangat berharga.

Maka, diperlukan pemahaman yang lebih baik mengenai perilaku dan kebutuhan pelanggan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

Aplikasi CRM membantu bisnis dalam memahami perilaku pelanggan. Selain itu, CRM juga berguna dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, otomatisasi data entry, dan meningkatkan analisis data dan pelaporan.

Baca Juga: 13 Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Perusahaan

4. Apa saja manfaat dan keuntungan CRM?

Pertanyaan tentang CRM keempat

Masing-masing perusahaan akan merasakan dampak yang berbeda-beda dari keuntungan penggunaan CRM. Secara umum, keuntungan CRM bagi perusahaan Anda yaitu:

  • Mempertahankan pelanggan (customer retention)
  • Meningkatkan layanan customer service
  • Mempercepat proses closing deals tim penjualan
  • Meningkatkan efektivitas kerja
  • Pelaporan data yang lebih canggih

Baca juga: 13 Manfaat CRM Bagi Perusahaan

5. Bisakah CRM digunakan untuk melacak tim sales?

Bisakah CRM digunakan untuk melacak tim sales?

Ya, beberapa sistem CRM memiliki fitur untuk melacak tim sales Anda. Mekari Qontak memiliki fitur yang memungkinkan Anda mengelola tim sales dengan melakukan live check-in dengan GPS.

Software CRM Mekari Qontak sudah berbasis mobile CRM sehingga tim sales Anda dapat melakukan check-in di lokasi melalui smartphone. Anda dapat melacak pergerakan mereka tanpa khawatir.

6. Apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan CRM?

Apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan CRM?

Selain memiliki berbagai kelebihan yang berguna bagi perusahaan, terdapat beberapa kekurangan pada sistem CRM. Beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan CRM adalah sebagai berikut.

Kelebihan:

  • Semua data yang diperlukan ada di satu tempat
  • CRM merupakan solusi yang dapat diukur
  • CRM dapat melakukan penggalian data
  • Dapat mengakses data dari mana saja
  • Mempercepat proses deal

Kekurangan:

  • Menghilangkan unsur manusia dalam perusahaan
  • Adanya kemungkinan kendala keamanan
  • Perlu adanya pelatihan
  • Biaya untuk dukungan teknis
  • Kemungkinan kehilangan data

Selengkapnya mengenai Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan CRM.

7. Pertanyaan tentang Ada berapa jenis CRM?

Pertanyaan tentang CRM ketujuh

Masing-masing jenis CRM tersebut memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai masing-masing jenis CRM, termasuk fitur dan perusahaan apa yang cocok untuk jenis CRM tersebut.

Namun secara umum, terdapat 3 jenis utama software CRM

  • Operasional: Tujuan utama dari jenis CRM ini adalah untuk mencari pelanggan potensial, mengubah mereka menjadi kontak, mengumpulkan seluruh data yang dibutuhkan, dan menyediakan produk selama siklus pelanggan.
  • Analitis: Fungsi utama jenis ini adalah menganalisis data pelanggan yang berasal dari berbagai sumber.
  • Kolaboratif/Strategis: Membantu perusahaan untuk memberikan informasi pelanggan antar unit bisnis seperti tim sales, tim marketing, dan tim pendukung dan teknis.

8. Kendala apa yang mungkin terjadi dalam implementasi CRM?

Kendala apa yang mungkin terjadi dalam implementasi CRM?

Terdapat beberapa potensi kendala yang mungkin Anda hadapi dalam implementasi CRM:

  • Meyakinkan orang untuk berubah
  • Kendala persetujuan manajemen atas untuk menerapkan CRM
  • Waktu dan biaya implementasi CRM
  • Sistem CRM tidak sesuai harapan

Simak bagaimana menghadapi kendala tersebut di artikel Kendala CRM.

Baca juga: 9 Tips untuk Keberhasilan Implementasi CRM

9. Pertanyaan tentang peran CRM dalam meningkatkan customer service?

Pertanyaan tentang CRM kesembilan

Menurut survei pada tahun 2015, sebanyak 47% dari 500 responden mengatakan CRM berdampak secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, masih banyak peran CRM dalam meningkatkan customer service, diantaranya:

  • Membuat self-serve dan onboarding dengan mudah
  • Personalisasi komunikasi pelanggan
  • Memperkuat hubungan pelanggan
  • Akses informasi pelanggan yang cepat
  • Peningkatan kepuasan pelanggan

10. Bagaimana cara memilih CRM yang tepat?

Bagaimana cara memilih CRM yang tepat?

Untuk memilih CRM yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek seperti ukuran bisnis, fitur, kemudahan penggunaan (user friendly), integrasi, dan harga dari solusi CRM itu sendiri.

Kemudian pilih aplikasi CRM yang sesuai dengan semua kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda memiliki bisnis kecil, mungkin Anda tidak terlalu membutuhkan perangkat dengan berbagai fitur lanjutan. Namun, apabila Anda memiliki bisnis yang lebih besar, maka Anda akan membutuhkan lebih banyak fitur lanjutan yang dapat merampingkan tahapan bisnis Anda.

Di sisi lain, Anda juga perlu menyesuaikan harga CRM dengan budget bisnis Anda. Jangan sampai Anda memilih solusi yang mahal tapi ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan pada akhirnya hanya membuat biaya secara percuma.

Baca Juga: 19 Aplikasi CRM Terbaik 2023 untuk Bisnis, Apa Pilihan Anda?

11. Bisakah CRM diintegrasikan dengan WhatsApp?

Bisakah CRM diintegrasikan dengan WhatsApp?

Ya, Anda dapat mengintegrasikan WhatsApp dengan CRM. WhatsApp sebagai aplikasi pesan yang paling banyak digunakan di dunia telah menjadi alat utama bagi perusahaan untuk melakukan CRM. Dengan Whatsapp, komunikasi dengan pelanggan bisa terjadi secara langsung.

WhatsApp memiliki WhatsApp for Business, yaitu versi yang dikhususkan bagi mereka yang memiliki bisnis.

Selengkapnya mengenai bagaimana mengintegrasi WhatsApp dengan CRM.

12. Bagaimana Agar Implementasi CRM berhasil?

Pertanyaan tentang CRM kedua belas

Penerapan sebuah sistem baru dalam perusahaan mungkin tidak akan langsung berhasil dan memberikan hasil yang diharapkan. Diperlukan waktu dan tenaga untuk beradaptasi dengan sistem yang baru. Selain itu, diperlukan komitmen yang tinggi dari seluruh anggota tim untuk mau mempelajari sistem tersebut.

Berikut adalah 3 faktor utama keberhasilan penerapan CRM:

  • Komunikasi: Melibatkan tim Anda dalam pemilihan dan penerapan sistem
  • Perencanaan: Lakukan perencanaan dalam penerapan sistem CRM pada penjualan Anda
  • Fasilitasi: Terbuka pada pengembangan yang mungkin terjadi dan jadilah contoh dalam penerapan CRM bagi bawahan Anda dengan menggunakannya sesering mungkin.

Selain 3 faktor tersebut, terdapat beberapa hal yang menjadi kunci sukses CRM, di antaranya adalah memilih sistem CRM yang tepat, memetakan proses penjualan dan pemasaran, serta menerima feedback dari tim.


Apakah Pertanyaan Sulit Tentang Customer Service Dapat Dijawab CRM?

Pertanyaan sulit tentang pelayanan customer service juga sering ditanyakan oleh pelanggan. Di mana pertanyaan seputar customer service tersebut, kerap membuat tim support kerepotan.

Padahal pelayanan pelanggan yang baik harus bisa menjawab pertanyaan sulit tentang customer service tersebut, sehingga pelanggan percaya dengan brand bisnis Anda.

Namun, bisnis tak perlu khawatir lagi menjawab pertanyaan sulit tentang customer service dengan aplikasi CRM. Di mana melalui CRM software, Anda dapat menemukan seluruh informasi terkait produk dan pelanggan untuk menjawab 10 pertanyaan umum tentang customer service yang sering diajukan customer ke sales Anda.

Berikut 7 pertanyaan sulit tentang customer service yang diajukan pelanggan dapat dijawab menggunakan CRM software adalah

– Mengapa Anda tidak memiliki stok?

Pertanyaan seputar customer service ini mungkin diajukan pelanggan yang melihat stok produk yang diinginkan habis pada etalase toko offline atau online. Melalui aplikasi CRM, tim support dapat dengan mudah melacak ketersediaan atau keberadaan barang. Misalnya barang masih di gudang atau distributor, bahkan baru diproduksi.

Kemudian tim support dapat menjawab langsung keberadaan produk tersebut, bahkan membantu proses transaksi apabila pelanggan setuju membeli setelah mengetahui keberadaan produk tersebut. Sebaliknya, apabila bisnis tidak memproduksi produk tersebut lagi, tim support bisa menawarkan produk mirip sebagai gantinya.

– Mengapa tidak pernah ada pemberitahuan pada saya?

Pertanyaan seputar customer service tersebut tidak akan Anda dengar lagi setelah menggunakan CRM software. Pasalnya aplikasi CRM dilengkapi dengan pengingat notifikasi yang akan mengirimkan pesan kepada pelanggan ketika ada informasi penting.

Selain aplikasi CRM, Anda juga dapat menggunakan WhatsApp blast pada WhatsApp API untuk mengirimkan pesan penting lainnya secara massal ke banyak kontak tanpa menyimpan nomor penerima.

– Mengapa harga sebelumnya lebih murah?

Jenis pertanyaan tentang customer service tersebut mungkin ditanyakan pelanggan yang melakukan repeat order. Cara menjawab yang tepat adalah melalui data. CS bisa melihat riwayat transaksi pelanggan tersebut dalam aplikasi CRM yang tersimpan otomatis.

Dari riwayat tersebut, CS bisa melihat kapan terakhir pelanggan melakukan transaksi dan apakah ada kebijakan perubahan harga baru.

Selanjutnya CS lebih mudah menjelaskan perbedaan harga. Sebagai gantinya tawarkan solusi seperti menawarkan kredit atau produk serupa dengan harga lebih rendah.

– Bisakah saya mendapatkan refund untuk produk ini?

Pertanyaan tentang customer service ini sering diajukan pelanggan yang khawatir produk yang diterima tidak sesuai harapan. Proses refund lebih mudah dengan CRM software.

Di mana CS dapat dengan mudah melihat riwayat transaksi pelanggan pada aplikasi CRM. Pada aplikasi yang sama juga, CS dapat langsung membantu pelanggan untuk memproses refund.

– Terakhir kali Anda bisa membantu saya! Kenapa kali ini Anda tidak bisa melakukannya?

Pertanyaan seputar customer service ini mungkin muncul seiring perubahan kebijakan bisnis Anda.

Respon yang tepat adalah dengan memberi penjelasan dengan baik pada pelanggan “Apa” yang Anda lakukan dan “Mengapa” melakukannya setelah melihat riwayat interaksi dengan pelanggan pada software CRM.

Simpan semua percakapan tersebut dalam aplikasi CRM, sehingga apabila dibutuhkan dapat diakses dengan mudah.

– Bukankah seharusnya masalah/produk sudah diperbaiki?

Jenis pertanyaan sulit tentang customer service ini biasanya berupa kekesalan, kemarahan dan ketakutan. Respon yang paling tepat adalah mengatakan akan memperbaikinya secepatnya.

Setelah itu, CS harus menginformasikan departemen lain untuk segera memperbaiki produk bersangkutan. Komunikasi antar tim bisa dilakukan dengan aplikasi CRM. Informasikan kembali kepada pelanggan setelah proses perbaikan selesai. Tapi pastikan dahulu produk benar-benar sudah diperbaiki.


Jawab Seluruh Pertanyaan Tentang CRM Sekarang!

Pertanyaan sulit tentang CRM dan pelayanan customer service di atas dapat menjadi panduan bagi Anda yang masih ragu atau belum memahami customer relationship management atau CRM untuk perusahaan Anda.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan CRM, Anda dapat memilih penyedia yang menyediakan aplikasi CRM terbaik dengan harga yang sesuai, salah satunya adalah Mekari Qontak.

Mekari Qontak meyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat mendukung bisnis Anda secara keseluruhan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengintegrasikan sistem CRM Qontak dengan Aplikasi Omnichannel dan WhatsApp API. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp200.000 perbulan.

Kategori : CRM
WhatsApp WhatsApp Sales