Mekari Qontak
Marketing

5 Perbedaan Marketing dan Sales yang Wajib Anda Ketahui!

Perbedaan Marketing dan Sales

Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Terkait Perbedaan Marketing dan Sales!

Ada begitu banyak orang yang menjalani karier sebagai seorang marketer dan salesperson, namun berpikir bahwa keduanya adalah bidang pekerjaan yang sama. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda.

Lalu, apa saja perbedaan marketing dan sales?

Yuk, simak perbedaan mendasar antara pemasaran dan penjualan yang perlu Anda ketahui di artikel berikut ini!

Aplikasi Sales CRM Mekari Qontak


Mengenal Marketing dan Sales

Pemasaran dan penjualan adalah dua aktivitas bisnis yang sering beriringan. Oleh karena itu, banyak orang yang menganggap kedua aktivitas tersebut sama. Padahal keduanya adalah bidang berbeda.

Marketing adalah aktivitas bisnis yang mengutamakan brand image di atas segalanya, dan mengenalkan brand ke target market. Sederhananya, kegiatan pemasaran bertujuan untuk memasarkan brand dan produknya ke target pasar.

Sementara itu, sales adalah aktivitas menjual produk, jasa atau layanan yang dilakukan penjual ke pembeli. Tim sales bertugas melayani para calon pelanggan.

Sebab, sales bertanggung jawab untuk menjaga hubungan dengan calon pelanggan yang akhirnya berujung pada penjualan.


Apa saja Perbedaan Marketing dan Sales yang wajib Pebisnis Ketahui?

Baik penjualan atau pemasaran mempunyai tujuan utama sama, yaitu meningkatkan pendapatan perusahaan secara maksimal. Namun keduanya memiliki perbedaan dalam mencapai tujuan tersebut.

Berikut adalah perbedaan marketing vs sales yang perlu Anda ketahui.

1. Ruang lingkup

Ruang Lingkup Marketing dan Sales

Perbedaan marketing vs sales yang pertama adalah ruang lingkup kerjanya. Di mana tim sales melakukan penjualan dengan target waktu relatif pendek, seperti mingguan, bulanan atau lainnya.

Hal ini berbeda dengan tim marketing yang memiliki jangka waktu kerja lebih lama. Sebab marketing bertanggung jawab menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan maupun mitra bisnis agar loyalitas mereka tidak hilang.

Bahkan marketing harus melakukan aktivitas yang berkaitan dengan customer satisfaction, market research, dan public relations.

2. Prioritas kerja

Prioritas Kerja Marketing dan Sales

Apabila dilihat dari prioritas yang dikerjakan, marketing dan sales memiliki prioritas yang berbeda. Prioritas marketing adalah menjangkau pelanggan, dan membangun relasi yang baik sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Berbeda dengan sales yang hanya mengakomodasi dan menarget pelanggan dengan memenuhi kebutuhan mereka melalui produk yang ditawarkan.

3. Hubungan dengan pelanggan

Ruang Lingkup Marketing dan Sales

Hubungan yang terjalin antara sales dengan pelanggan hanya sebatas transaksi jual beli. Selanjutnya sales tidak bertanggung jawab menjaga hubungan baik dengan pelanggan untuk jangka panjang.

Hal ini berbeda dengan marketing yang harus memastikan pelanggan tetap setia atau loyal terhadap bisnis.

Baca Juga: Mengenal Manajemen Hubungan Pelanggan dan Strateginya

4. Aktivitas dan Tujuan

Aktivitas dan Tujuan dalam marketing dan sales

Tujuan menjadi penentuan aktivitas yang harus dijalankan tim pemasaran dan penjualan.

Di mana tujuan sales adalah menjual produk sebanyak mungkin. Maka sebagian besar aktivitas sales adalah menghubungi langsung pelanggan hingga mencapai transaksi jual.

Berbeda dengan dengan pemasaran yang harus memastikan dulu produk atau jasa yang ditawarkan terjamin kualitasnya sebelum dijualkan oleh tim penjualan.

Tujuannya agar pelanggan tidak kecewa dengan produk yang Anda tawarkan dan kembali lagi menjadi pelanggan setia.

5. Tools yang digunakan

Tools yang digunakan

Dalam menjalankan tugas, baik marketing atau sales, sama-sama membutuhkan bantuan tools yang meningkatkan produktivitas dan kinerja masing-masing bidang.

Terlebih di jaman digital seperti sekarang, di mana semua aktivitas dipermudah dengan adanya perangkat (tools) digital.

Alat yang digunakan dalam marketing meliputi tools untuk membuat konten, mengukur CRO (Conversion Rate Optimization), alat untuk mengelola atau manajemen proyek dan alat yang menampilkan laporan analisis data.

Sememtara tools yang umum digunakan dalam sales, yaitu alat penjadwalan dan rapat, pembuat faktur/invoice, pengelola email, otomatisasi dokumen, dan pengelola pesanan.

Saat ini semua tools tersebut, baik yang digunakan marketing atau sales, dapat ditemukan pada aplikasi CRM (Customer Relationship Management).

Tidak hanya aktivitas marketing sales saja, aplikasi CRM juga mampu menjaga hubungan yang sehat dengan pelanggan.

Rekomendasi: 15 Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Terbaik!


Sinergikan Perbedaan Marketing dan Sales dengan Aplikasi CRM Sekarang!

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan marketing dan sales masih bersinggungan satu sama. Artinya aktivitas keduanya berhubungan satu dengan lainnya.

Oleh karena itu, diperlukan sinergitas di antara keduanya agar fungsionalitas mereka bekerja optimal. Salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi yang mendukung aktivitas marketing dan sales seperti aplikasi CRM dari Mekari Qontak.

Aplikasi sales CRM Mekari Qontak menawarkan berbagai fitur yang dapat memudahkan tim marketing dan sales berkolaborasi untuk meningkatkan penjualan.

Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000 perusahan untuk meningkatkan pemasaran, penjualan, operasional bisnis, dan layanan pelanggan secara keseluruhan.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya?

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales