Mekari Qontak
Business Other Business

Pentingnya Memiliki Website Untuk Bisnis

pentingnya-website-untuk-bisnis

Apa Pentingnya Website untuk Bisnis Anda?

Tidak dipungkiri, marketing lewat media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya sedang menjadi trend di era digital sekarang ini. Cara ini terbilang cukup efektif untuk mempopularkan sebuah produk, dari perusahaan besar bahkan sampai UKM. Menggunakan media sosial sebagai alat interaktif yang tentunya berujung pada transaksi namun website untuk bisnis tidak kalah penting

Ada beberapa alasan mengapa sebuah bisnis harus mempunyai website. Sama seperti media sosial, suatu web memungkinkan pemasaran menjadi lebih luas dan beragam dengan biaya yang  lebih rendah. Sebelumnya Anda perlu mengetahui penjelasan singkat tentang website.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Definisi Singkat Website untuk bisnis

website-untuk-bisnis

Sejatinya, website (web) adalah tempat untuk memperoleh informasi melalui internet. Web dapat berisikan gambar, audio, video animasi, teks  yang dirangkai kedalam jaringan halaman. Website dapat ditemukan melalui mesin pencari melalui kata kunci tertentu atau mengklik sebuah link. Contohnya Anda mencari dengan kata kunci “aplikasi omnichannel”, maka akan muncul beberapa website seperti Qontak.

Tentunya dengan kemudahan pelanggan menemukan website Anda, pastinya semakin banyak awareness yang didapatkan. Anda perlu menentukan kata kunci dan struktur website yang baik agar pelanggan tidak merasa kesulitan. Lakukan juga kegiana seperti SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) untuk membantu website muncul di halaman pertama mesin pencari.


Pentingnya Memiliki Website Untuk Bisnis:

1. Branding

branding-website-untuk-bisnis

Anda bisa mendesain website secara fleksibel dan memberikan pengalaman kepada pengunjung. Anda juga bisa secara langsung menentukan model bisnis dan menyajikan informasi lengkap mengenai keunggulan-keunggulan merek dagang dan produk Anda. Intinya Anda bisa menawarkan kepada konsumen secara langsung.

Bukan hanya itu, dengan adanya website terutama dengan domain berbayar dan terus di update, konsumen akan lebih percaya dan tentunya akan terjadi conversation yang tentunya harus Anda alur menuju transaksi.

2. Full Control atau Kuasa Penuh

website-untuk-bisnis

Anda dapat mengontrol secara penuh situs Anda, baik kode, hosting, jumlah halaman, konten, plug-in dan sebagainya. Anda juga bisa lebih fleksibel untuk menghapus konten atau komentar dan fitur juga membuat sedikit penyesuaian, tanpa harus melibatkan pihak lain.

3. Powerful Konten

Konten yang Anda sajikan secara lengkap dan detail akan mendapat perhatian penuh dari pengunjung, tanpa harus bersaing dengan konten atau page dari brand lain. Karena itu konten perlu dikemas semenarik mungkin buat pengunjung dan beri kesempatan buat pengunjung berinteraksi secara langsung dengan produk atau jasa Anda.

4. Dapat Menjadi Katalog Digital

Website merupakan sumber informasi untuk pelanggan, jadi jangan lupakan konten atau tampilan yang informatif. Selain memperoleh informasi mengenai perusahaan, suatu web dapat Anda rancang untuk membuat sebuah katalog yang dapat menginspirasi pelanggan.

Dengan begitu pelanggan akan merasa betah dan melihat-lihat seluruh konten yang ada di web Anda. Pastikan juga bahwa produk mudah dicari dan navigasi web tertata rapi agar tidak membingungkan pelanggan. Bila Anda berbisnis di bidang desain, ide ini sangatlah cocok untuk digunakan.

5. Web Analytic atau Analisa Pengguna Website

Web-analytic

Situs web menyediakan akses data demografi pengunjung situs web Anda jika tautan ke website ada di setiap posting dan seberapa sering mereka mengaksesnya. Alat web analytic bisa menganalisis lebih dalam lagi, bisa difungsikan sebagai ‘intelijen bisnis’ yang secara real time memantau bagaimana kinerja marketing online Anda. Karena itu lengkapilah situs Anda dengan web analytic seperti Google Analytic.


Menyiapkan Website untuk Bisnis Anda

Bila Anda sudah mengetahui pentingnya suatu website untuk bisnis Anda, simak penjelasan singkat tentang apa saja yang dibutuhkan untuk membuat web.

1. Domain Name

Domain name adalah suatu nama dari website. Tentukanlah nama yang singkat dan mudah diingat oleh pelanggan. Anda bisa menggunakan nama merk atau produk Anda agar pencarian bisa lebih mudah. Nama domain dengan eksistensi .com adalah yang paling populer untuk bisnis atau personal, namun Anda juga bisa menggunakan eksistensi lain seperti .net, .info, .id, dll.

Untuk memiliki nama domain, Anda harus membelinya. Banyak penawaran nama domain yang tersebar di Internet. Pilihlah yang terpercaya dengan sistem pembayaran dan track record yang bagus. Jangan lupa untuk memperpanjang nama domain ketika masa waktunya sudah habis.

2. Hosting

Hosting adalah tenpat untuk menyimpan file, gambar, video dan data website. Web hosting dapat disewa perbulan atau tahunan dan biayanya tergantung dari kapasitas. Pilihlah hosting yang tepat bila Anda ingin membuat website untuk bisnis. Pilihlah kapasitas sesuai dengan besarnya bisnis dan seberapa banyak orang yang mengunjungi situs Anda.

3. Pilih platform website untuk bisnis

Biasanya hal ini disebut dengan CMS (Content Management System), artinya pengelolaan untuk seluruh konten yang diperlukan untuk membuat website. Software CMS yang paling populer saat ini adalah wordpress, namun Anda juga dapat menggunakan platform lain seperti Drupal, Joomla, Wix, Blogger, dan masih banyak lagi.

Setelah itu Anda dapat memasukan konten yang sesuai dengan bisnis Anda. Rancang website agar mudah diakses, dilihat dan juga menampilkan produk dengan jelas.

4.  Lakukan optimasi website untuk bisnis Anda

Kegiatan optimasi dikenal sebagai SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya yang dilakukan untuk menampilkan website di halaman pertama mesin pencari. Dengan begitu pelanggan akan lebih mudah menemukan website bisnis Anda.

Gunakan plugin seperti Yoast SEO untuk membantu optimasi, namun Anda juga bisa menggunakan plugin lain seperti All-in-One-SEO, Rank Math atau SEOPress. Setiap plugin memiliki karakteristik yang beda jadi ketahuilah yang paling cocok untuk Anda.


Layani Pelanggan di Website dengan Fitur Live Chat

Semua pebisnis tentu ingin memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Sama halnya dengan pelanggan yang menginginkan pelayanan langsung yang cepat dari sebuah bisnis. Agar berjalan beriringan, sudah waktunya bagi pebisnis untuk menggunakan media komunikasi yang pelanggan inginkan dan memberikan pengalaman berbelanja yang mengesankan dengan sebuah fitur live chat atau website chat.

Salah satu penyedia website chat terbaik di Indonesia adalah Qontak.com. Fitur canggih  Qontak.com dilengkapi dengan otomatisasi, dan teknologi AI yang terintegrasi omnichannel CRM. Dengan begitu dapat mengoptimalkan customer service.

Selain itu, Qontak.com juga menyediakan integrasi antara Chatbot WhatsApp dan Omnichannel CRM yang akan sangat bermanfaat bagi bisnis. Omnichannel CRM menjadi penyempurna semua strategi bisnis Anda karena sistem tersebut dapat diintegrasikan dengan berbagai saluran serta menyediakan sistem otomatisasi yang akan membuat pekerjaan Anda dapat dikelola dengan lebih baik, mudah, dan efisien.

Coba GRATIS live chat terbaik untuk website Anda sekarang juga. Klik disini untuk mencoba penawaran kami hari ini atau dengan mengisi form di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales