Daftar isi
8 min read

Newsjacking: Pengertian, Tips, dan Contoh Penerapannya pada Perusahaan

Panduan Lengkap Implementasi Newsjacking
Newsjacking: Pengertian, Tips, dan Contoh Penerapannya pada Perusahaan

Tingginya intensitas penggunaan internet di Indonesia membuat arus informasi lebih cepat diterima dan menjadi viral. Hal ini kerap dimanfaatkan oleh sebagian bisnis untuk mengembangkan strategi newsjacking.

Istilah newsjacking banyak bisnis manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness. Strategi pemasaran ini memanfaatkan momen atau peristiwa yang tengah viral dibicarakan publik untuk mengenalkan produk atau jasa. Menarik bukan?

Yuk, simak penjelasan selengkapnya mengenai newsjacking dan cara implementasinya dengan tepat pada artikel berikut.

Apa itu newsjacking?

Newsjacking adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan topik berita yang sedang viral untuk mengenalkan suatu produk atau layanan. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh David Meerman Scott dalam bukunya “Newsjacking”.

Strategi newsjacking biasanya menggunakan teknik SEO untuk mencari kata kunci atau frasa yang sedang menjadi trending topik untuk membuat content marketing relevan. Dengan mengikuti tren terkini, bisnis bisa menarik perhatian audiens yang lebih luas.

Newsjacking memerlukan sedikit usaha dan kreativitas untuk bergabung dalam percakapan tentang suatu headline dan menunjukkan brand expertise, serta membangun hubungan antara brand dan topik berita terkini. Berbeda dengan trendjacking yang mengasosiasikan brand dengan apa yang saat ini sedang relevan di antara audiens target.

Newsjacking sudah banyak diadopsi oleh brand besar untuk membantu mereka menjadi trendsetter, baik untuk hal positif maupun negatif. Hal tersebut terbukti efektif untuk memperluas jangkauan audiens.

Bagaimana Cara Memulai Newsjacking?

Jika Anda tertarik untuk menerapkan newsjacking, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan seperti berikut:

  • Identifikasi berita atau tren yang relevan

Tahapan pertama adalah menemukan topik atau berita yang sedang hangat dibicarakan. Cara termudah adalah menggunakan Google Trends untuk menemukan topik tren yang relevan.

Selain Google Trends, Anda juga dapat memanfaatkan sumber lain, seperti:

  • Reddit dan form khusus industri: memberikan gambaran tentang apa yang sedang tren di sektor industri Anda geluti. Pada Reddit, Anda bisa menyaring topik berdasarkan popularitas dalam sehari, seminggu, atau sebulan terakhir
  • Media sosial: gunakan hastag untuk mengidentifikasi cerita dan topik yang mendapatkan perhatian, terutama di Twitter dan Instagram
  • Semrush: membantu menemukan ide content marketing dengan memasukkan subjek atau topik ke dalam menu search bar
  • Google Alerts: membantu Anda untuk mengikuti perkembangan berita atau topik tertentu dengan mengatur peringatan email
  • Jurnalis: menjaga hubungan jurnalis untuk mendapatkan topik atau berita viral

Meskipun tidak mungkin memprediksi berita viral dengan tepat, tapi setidaknya Anda masih bisa mengidentifikasi dan merencanakan acara-acara relevan yang Anda tahu akan terjadi.

  • Buat konten yang menarik dan relevan

Setelah mendapatkan topik viral, tahap selanjutnya Anda bisa mulai membuat content marketing. Dalam hal ini, Anda perlu menawarkan perspektif unik yang membantu membedakan merek Anda dari kompetitor.

Sebagai contoh, perusahaan mobil membuat iklan kampanye yang menonjolkan kelebihan produknya daripada mobil listrik. Bahkan sebagian brand mobil tersebut mengolok-olok Elon Musk yang identik dengan perkembangan mobil listrik.

Baca juga: Contoh Content Marketing yang Menarik Perhatian Audiens

  • Promosikan konten Anda

Setelah selesai membuat konten, unggah ke platform yang Anda targetkan. Pastikan konten mudah diakses dan dibagikan. Sebab, pengalaman pengguna secara keseluruhan dan aksesibilitas informasi juga akan terganggu jika orang tidak bisa mendapatkan konten dengan segera.

Saat menggunakan platform media sosial, pastikan Anda juga menyertakan hashtag dan kategori untuk mempersempit topik konten Anda. Hindari membanjiri postingan Anda dengan terlalu banyak hashtag.

Jika dilakukan dengan benar, upaya di atas akan meningkatkan peluang konten Anda dilihat oleh pihak yang tertarik yang mencari informasi tambahan untuk melengkapi berita viral.

  • Evaluasi hasil dan lakukan perbaikan

Terakhir, semua konten yang telah Anda posting pada umumnya tidak bisa dikontrol apakah menjadi viral. Sebab ada unsur keberuntungan dalam penerapan strategi newsjacking.

Oleh karena itu, Anda perlu melacak semua content marketing yang telah dipublikasi. Ukur pencapain konten tersebut dengan berbagai tools seperti Semrush, Ahrefs, Google Analytics dan lainnya.

Setelah Anda menemukan konten yang tidak bekerja maksimal, lakukan perbaikan. Dalam hal ini bisa dengan membuat konten baru atau optimasi konten tersebut sehingga relevan dengan tren.

Contoh Sukses Implementasi Newsjacking Pada Perusahaan

Seperti disebutkan sebelumnya, sejumlah perusahaan memanfaatkan newsjacking untuk meningkatkan brand awareness. Perusahaan tersebut menggunakan berita viral untuk menarik perhatian.

Berikut beberapa perusahaan yang berhasil memanfaatkan momen newsjacking:

1. Tweet Oreo pada Super Bowl 2013

Turnamen Super Bowl XLVII tahun 2013 lalu dimanfaatkan brand Oreo untuk mengenalkan iklan “Blackout”. Pada turnamen yang terjadi di New Orleans tersebut sempat terjadi gangguan listrik yang menyebabkan pemadaman selama beberapa menit selama pertandingan.

Oreo memanfaatkan momen tersebut dengan memposting gambar Oreo dengan latar belakang gelap yang dilengkapi tulisan “You can still dunk in the dark” (“Anda masih bisa menyelam di kegelapan”) di Twitter mereka.

Tweet yang sangat sederhana namun sangat tepat waktu ini tetap menjadi salah satu contoh terbaik dari newsjacking yang dilakukan dengan benar dalam hitungan detik.

Contoh newsjacking_oreo you can still dunk in the dark

Sumber: Twitter/X

2. Metro Trains Melbourne Lewat Kampanye “Dumb Ways to Die”

Metro Trains Melbourne berhasil mempopulerkan kampanye berjudul “Dumb Ways to Die” pada tahun 2012. Kampanye tersebut menampilkan video animasi berisi karakter-karakter lucu yang melakukan tindakan ceroboh dan berbahaya.

Secara garis besar video tersebut menyarankan bahwa “Dumb ways to die” (cara-cara bodoh untuk mati). Namun secara tersirat, isi kampanye ini adalah mendorong orang untuk waspada dan hati-hati di sekitar rel kereta api.

Hebatnya, iklan “Dumb ways to die” memenangkan berbagai penghargaan di industri periklanan dan pemasaran.

Sumber: Imgflip

3. McDonald’s Paket “BTS Meal”

Popularitas idol k-pop BTS coba McDonald’s manfaatkan untuk meningkatkan penjualan. McDonald’s berkolaborasi dengan boyband asal Korea Selatan tersebut mengeluarkan paket “BTS Meal” pada Juni 2021.

Paket “BTS Meal” menawarkan paket makanan khusus yang terdiri atas Chicken Mcnugget, French Fries, Saus Sweet Chilli, Saus Cajun, dan Medium Drink. Paket makanan tersebut dikemas sesuai dengan ciri khas boy grup BTS yang identik dengan warna ungu.

Penawaran tersebut langsung diserbu penggemar BTS, Army yang membuat antrian panjang di gerai-gerai McDonald’s. Hal ini juga sempat membuat kehebohan di media sosial dan mendapat perhatian luas dari masyarakat umum.

contoh newsjacking_ Mc Donald's BTS meals

Sumber: website Mc Donald’s

Tips Optimalkan Newsjacking untuk Mendapatkan Keuntungan

Salah satu kunci kesuksesan dari strategi pemasaran newsjacking adalah tetap relevan dengan berita viral di waktu yang tepat. Dengan pedoman tersebut, bisnis bisa mendulang keuntungan maksimal.

Ada beberapa langkah yang bisa bisnis lakukan untuk mengoptimalkan keuntungan melalui teknik newsjacking, seperti berikut:

  • Tetap relevan dan sensitif

Langkah pertama untuk kampanye newsjacking adalah mengikuti perkembangan berita viral. Hal ini bisa Anda lakukan dengan secara aktif memantau portal berita yang relevan.

Selain itu, pastikan bahwa konten newsjacking tidak terasa dipaksakan, tidak tulus, dan tidak konsisten dengan brand voice Anda. Sebab ada batasan tipis antara newsjacking dan hanya sekedar ikut-ikutan yang bisa mempengaruhi perspektif audiens terhadap brand Anda.

Misalnya, memanfaatkan bencana alam atau peristiwa tragis bisa berpotensi merusak kredibilitas brand Anda.

  • Berikan nilai tambah

Tahapan selanjutnya, Anda perlu menambahkan elemen orisinalitas agar postingan Anda terlihat berbeda dibuat. Tujuannya agar konten newsjacking Anda tetap unik, segar, dan menarik.

Berikan sentuhan kreatif untuk menghindari tuduhan plagiarisme, terutama karena isu-isu viral sering kali sudah ada sebelumnya. Selain itu, Anda dapat menyisipkan kreativitas untuk membuat transisi mulus dari topik viral untuk promosi produk Anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Brand Value beserta Fungsi dan Manfaatnya

  • Jadilah cepat dan responsif

Kemudian pertimbangkan waktu yang tepat untuk memposting konten newsjacking. Pasalnya jika brand Anda tidak mampu membuat sesuatu dengan cepat, Anda bisa menjadi tidak relevan.

Agar mengetahui waktu tepat untuk memposting, cobalah untuk melakukan penelitian dari berbagai sebelum mencoba membuat content marketing. Memanfaatkan kata kunci yang sedang tren untuk memahami kebutuhan audiens Anda.

Kemudian, sesuaikan pesan dalam konten yang Anda buat untuk audiens agar terlihat lebih autentik.

  • Gunakan berbagai platform pemasaran

Terakhir, sebarkan konten newsjacking yang Anda buat melalui berbagai saluran pemasaran. Sesuaikan konten dengan platform yang digunakan. Misalnya konten video lebih cocok dipublikasikan pada platform Tiktok atau Instagram.

Baca juga: Contoh Media Promosi Populer di Indonesia

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebagian bisnis mengunakan strategi newsjacking untuk mengenalkan produk dengan memanfaatkan berita viral. Dalam prosesnya, bisnis bisa menggunakan berbagai tools untuk update dengan topik yang sedang banyak dibicarakan publik.

Sebagian perusahaan besar bahkan teelah mendulang keuntungan dari newsjacking, sebut saja Mcdonald’s, Oreo dan banyak lagi. Bisnis Anda juga bisa mengukuti jejak perusahaan tersebut dengan membuat content marketing yang relavan dengan kebutuhan target pelanggan Anda.

Salah satu tools yang bisa Anda gunakan untuk memahami prespektif pelanggan adalah Mekari Qontak. Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM yang mengelola seluruh interaksi pelanggan dari berbagai saluran komunikasi.

Aplikasi CRM Mekari Qontak memberikan wawasan berharga terkait perilaku serta kebutuhan pelanggan. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten sesuai dengan persona target pelanggan Anda.

Coba gratis aplikasi CRM Mekari Qontak atau Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim Mekari Qontak secara Gratis di sini.

Referensi

Kategori : Marketing
WhatsApp WhatsApp Sales