Mekari Qontak
Other Business Sales

Membangun Brand Image untuk Produk

Online Brand Reputation

Membangun Brand Image Anda Secara Online Agar Lebih Dikenal

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, brand merupakan citra atau identitas dari sebuah merek yang membuatnya dikenal dan diingat oleh masyarakat. Dalam praktek sales dan marketing, membangun brand image merupakan satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari penawaran produk dan jasa. Anda tidak bisa melarikan diri dari tanggung jawab sebagai ambassador dari brand Anda.

Karena peran tersebutlah, Anda perlu memahami betul citra, visi dan misi dari brand Anda agar tidak salah merepresentasikannya di mata masyarakat. Terutama saat Anda bertemu langsung dengan prospek. Anda perlu menjaga citra brand agar tetap positif dan satu suara dengan posisi seperti apa yang diharapkan oleh brand.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Fungsi Membangun Brand Image

Identitas suatu merk atau produk merupakan kewajiban yang harus dibangun oleh perusahaan. Citra ini akan menjadi nilai unik yang dipandang oleh pelanggan ketika mendegar atau melihat produk kita. Brand image yang kuat akan memberikan USP (unique selling point) yang membedakan produk Anda dengan kompetitor.

Tujuan teratas adalah menciptakan brand yang menjadi top of mind di masyarakat layaknya air mineral atau mie instan. Pelanggan akan selalu mengingat produk Anda ketika mencari merk yang mereka inginkan.

5 Tips Membangun Brand Image Anda

Saat Anda melakukan pendekatan dan penawaran pada prospek lewat inbound marketing atau online sales, maka Anda perlu menjaga citra positif brand Anda di dunia maya. Kehadiran yang mudah diingat dan membuat para followers terbiasa, bahkan kehilangan ketika brand Anda tidak melakukan posting perlu menjadi goal Anda sebagai salesperson dan marketing. Berikut ini beberapa tips bagaimana Anda membangun brand image agar lebih dikenal:

1. Gunakan Semua Platform Media Sosial yang Relevan dan Sesuai dengan Brand Anda

Membangun Brand image sosial media

Semakin banyak jumlah media sosial yang brand Anda miliki untuk ditemukan oleh para fans dan followers yang merupakan prospek utama. Semakin baik search engine optimization Anda maka akan semakin banyak prospek yang bisa didekati.

Update semua media sosial yang dimiliki brand secara teratur dan tertata, sehingga links menuju brand Anda semakin bertambah dan menambah kesempatan ditemukan oleh prospek yang membutuhkan.

2. Secara Konsisten, Lakukan Update Pada Profil Media Sosial

Update profil bisnis Anda

Kehadiran secara online lewat media sosial merupakan cara yang baik untuk Anda terkoneksi dengan para followers dan customer brand. Lakukan interaksi dengan pelanggan untuk membuat brand Anda menjadi sesuatu yang familiar di mata customer, dan bukan hanya jualan saja. Berkomunikasilah secara rutin dengan para followers, bangun relasi dengan menciptakan komunitas pengguna brand Anda lewat feedback, polling, ataupun konten-konten berkualitas.

3. Mintalah Review Positif dari Customer Brand Anda

Review produk Anda

Mintalah customer untuk memberikan komentar puas mengenai pelayanan dan kualitas jasa maupun produk yang Anda tawarkan. Dengan demikian, kredibilitas dari brand Anda otomatis akan bertambah.

Tambahkan juga sistem rating atau testimoni, di mana para customer dapat memberikan rating sejumlah berapa bintang disertai dengan komentar yang akan langsung dilihat oleh pengunjung situs Anda yang tertarik membeli namun masih perlu diyakinkan.

4. Hindari Argumen Via Online

Argumen via online

Kapanpun ada customer meninggalkan komentar negatif berhubungan dengan brand Anda, segera tanggapi dengan meminta maaf dan tanyakan penyebabnya. Langsung hubungi melalui jaringan pribadi para customer yang protes dan kecewa agar tidak ada rekam jejak argumen yang bisa dibaca online.

5. Selalu Tonjolkan Layanan yang Baik dan Ramah dengan Pelanggan.

Membangun-brand-image-layanan-pelanggan

Dengan adanya keberadaan brand secara online, tidak heran jika akan banyak followers maupun orang-orang yang ada di dunia online akan berbicara mengenai brand Anda. Ingatlah bahwa memiliki keberadaan online membuat semua orang bisa melihat apa yang brand Anda lakukan, termasuk cara respon dari customer service. Usahakanlah untuk merespon semua feedback yang masuk dengan cepat dan bernada positif dan melayani sebaik mungkin.

Membangun Brand Image dengan Qontak

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Langkah perusahaan dalam membangun brand image merupakan cara pemasaran yang memperkenalkan produk kepada pelanggan baru. Namun bukan berarti pelanggan lama dilupakan begitu saja. Oleh karena itu citra brand harus dijaga dengan menjaga hubungan dengan pelanggan.

Salah satu upaya menjaga brand image perusahaan adalah dengan menerapkan layanan pelanggan yang cepat dan solutif. Qontak.com dapat memberikan solusi untuk meningkatkan penjualan dan otomatisasi layanan pelanggan melalui Aplikasi CRM, Instagram API, Omnichannel Facebook Messenger, dan WhatsApp Business API.

Semua layanan pelanggan terintegrasi dengan media sosial Anda dapat dijalankan dalam satu platform. Terlebih, Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000 bisnis untuk meningkatkan usahanya. Coba gratis penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales