Mekari Qontak
Other Business Sales

Sales Leadership dan Dampaknya Bagi Customer

Sales Leadership

Sales leadership atau kepemimpinan dalam dunia sales bukan lagi merupakan hal yang asing bagi para pelaku dunia bisnis dan sales.

Sales leadership dapat memiliki arti yang berbeda satu dengan yang lainnya bagi setiap orang. Untuk mendefinisikannya dibutuhkan riset, praktek dan pembelajaran secara berkala. Ini lah hal-hal yang perlu Anda pahami sehubungan dengan sales leadership.

Bagaimana Memahami Sales Leadership dan Dampaknya Bagi Customer?

  1. Kepemimpinan dalam dunia sales bukanlah suatu hal yang hanya akan dimiliki oleh perusahaan yang mendominasi

Sales leadership tidak pernah mengenai suatu perusahaan dan posisinya di tengah masyarakat, atau mengenai populernya suatu produk. Sales leadership merupakan setiap individu yang melakukan dan mempraktekkan sales sebagai bisnis. Para pemimpin dalam dunia sales tidak akan terbatas oleh ukuran perusahaannya. Kata pemimpin yang mengikuti kata penjualan merupakan kapasitas seseorang yang menduduki kursi pengemudi di dalam perusahaan yang sanggup mengarahkan anggota timnya serta sanggup memimpin customer dan keseluruhan marketplace untuk menjadi followers dari produk yang diproduksi.

Sales Leadership

  1. Sales leadership berhubungan erat dengan memaksimalkan kesempatan yang belum dilihat oleh orang lain

Karenanya, seorang pemimpin dalam bidang penjualan tidak akan nyaman dengan norma-norma konvensional. Seorang pemimpin di dunia sales tidak akan berpuas diri ada di garis rata-rata. Semua hal akan dilihat seorang pemimpin sebagai kesempatan, sehingga cara pandang mereka pun otomatis akan terpengaruh menjadi lebih membangun apa yang ada di bawah kepemimpinannya.

  1. Pemimpin dalam bidang sales memiliki pula inisiatif untuk mencari tahu lebih lagi apapun situasinya

Kemungkinan besar, customer sudah mengerti dan cukup puas dengan produk dan jasa yang disediakan oleh perusahan, namun seorang pemimpin tidak akan berhenti sampai di situ saja. Para pemimpin di bidang penjualan ini akan terus menggali lebih dalam untuk mengenal betul dan melihat dari kacamata customer.

  1. Pemimpin dalam bidang sales jarang berpuas diri dengan relasi yang sudah terjalin

Pemimpin dalam bidang sales seringkali akan berusaha mencapai lebih dari target serta berusaha memperdalam relasi dengan customer dan anggota tim. Tujuan dari relasi yang lebih dalam ini adalah untuk menemukan lebih banyak cara baru untuk memberikan layanan yang terbaik. Karena itu, penting bagi sales leader untuk membuat customer melihat adanya kepemimpinan dalam bisnis Anda untuk melihat nilai apa yang dapat diperoleh dari penggunaan jasa dan produk Anda. Tunjukan kompetensi dan tanyakan pertanyaan yang tepat agar customer melihat nilai dari bisnis Anda dan mau merogoh kocek lebih untuk jasa yang Anda tawarkan.

Pendek kata, jika Anda tidak sanggup menyingkap kesempatan-kesempatan baru dan menambah nilai dari bisnis Anda serta mempererat relasi dengan customer dan dengan anggota tim, maka Anda belum memenuhi kriteria sebagai pemimpin.

sales leadership

Gunakan Aplikasi Sales untuk Membantu Proses Sales Leadership Anda!

Pebisnis atau pemimpin manapun pasti ingin meningkatkan penjualan dan bisnisnya dengan praktis dan biaya yang lebih ringan. Hal tersebut dapat dicapai dengan bantuan aplikasi sales yang akan sangat bermanfaat dalam strategi sales leadership bisnis tersebut.

Untuk membantu melacak proses sales dengan benar, Anda harus memiliki sebuah sistem yang dilengkapi dengan fitur tertentu. Beberapa fitur penting yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Software yang mudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan proses bisnis agar dapat mengelola bisnis dengan mudah.
  2. Aplikasi mobile dan GPS offline. Dengan fitur ini, Anda dapat menggunakan aplikasi mobile untuk mengelola bisnis dan melacak lokasi GPS tim sales di lapangan walaupun tanpa akses internet.
  3. Dashboard pelaporan dengan analisis yang dapat disesuaikan, misalnya disaring berdasarkan per tenaga sales, tim, atau periode waktu tertentu
  4. Software KPI dan manajemen tugas untuk melacak kinerja tim dengan metrik yang dapat disesuaikan sehingga dapat meningkatkan sales dan operasional bisnis
  5. Otomatisasi dokumen. Fitur ini memudahkan dalam mengunggah template Spreadsheet dan Word untuk mengotomatisasi seluruh dokumen secara instan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya
  6. Integrasi dengan WhatsApp, Chat, dan Call Center untuk dapat merekam percakapan secara instan
  7. Sales pipeline yang jelas. Sales pipeline harus dapat mudah dipahami untuk mengetahui apa yang terjadi pada tiap tahapan prospek.

[quote_colored name=”” icon_quote=”no”]Coba GRATIS aplikasi sales terbaik di Indonesia atau hubungi kami untuk konsultasi gratis sekarang juga[/quote_colored]

sales leadership

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales