Mekari Qontak
Other Business

Mau Dompet Tambah Tebal? Optimalkan 5 Profesi Ini!

Side Job TIps

Tak bisa dipungkiri saat ini kebutuhan hidup kian tinggi. Pendapatan rutin dari gaji sebagai seorang karyawan atau dari kiriman orangtua bagi mahasiswa tiap bulannya kadang kala terasa pas-pasan.

Namun menuntut dan menyalahkan pemerintah atas keadaan yang serba mahal seperti sekarang pun bukan pilihan tepat. Justru menjadi lebih produktif adalah pilihan yang harus kita ambil demi mempertebal isi dompet dan memiliki uang lebih untuk ditabung.

Bagi Anda yang saat ini merasa bahwa pendapatan Anda pas-pasan, inilah saatnya Anda untuk bergerak lebih produktif. Cobalah untuk memilih salah satu dari 5 profesi yang bisa jadi sampingan ini. Selain dapat dikerjakan tanpa mengganggu aktivitas hari-harimu, 5 profesi ini juga menggiurkan karena banyak dicari orang.

1. Freelance Writer

Menjadi freelance writer atau penulis lepas merupakan salah satu bisnis yang menggiurkan untuk saat ini lho. Seiring dengan kemajuan teknologi yang serba digital, jasa penulis lepas pun kerap dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Mulai dari skala kecil sampai skala corporate.

Banyak yang sebetulnya membutuhkan jasa penulis lepas, baik untuk mengisi website/blog, konten promo di flyer/brosur sampai yang paling menggiurkan adalah menulis buku. Namun tidak banyak yang ingin mengikat dengan menjadikan karyawan karena sifatnya yang tak melulu digunakan. Jadi banyak yang lebih memilih mencari jasa penulis lepas dibanding mencari karyawan untuk jobdesk tersebut.

Tapi biasanya bagi penulis pemula tidak banyak orang yang mau membayar mahal. Penulis lepas yang belum memiliki banyak portofolio biasanya akan ditawar minim untuk jasanya. Namun jangan diambil pusing. Demi mendapatkan pengalaman dan mempertebal portofolio tidak ada salahnya untuk mengambil beberapa proyek meski diupah minim.

Side Job TIps

Sumber Gambar: aol.com

2. Desain Grafis Lepas

Sama seperti penulis lepas, desain grafis pun banyak diminati oleh perusahaan dari berbagai skala. Apalagi di era digital ini semua jenis promo ingin terlihat menarik di mata konsumen. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mencari proyek sendiri dengan mendesain kaos, merchandise, packaging, dsb.

Mungkin untuk mahasiswa desain atau pun lulusannya sudah banyak yang mengambil side job atau proyekan di samping pekerjaan utamanya. Tapi bukan berarti kesempatan bagi Anda yang suka desain dan belajar desain secara otodidak menjadi tertutup. Selama relasi dan kenalan Anda banyak, kesempatan Anda

3. Fotografer

Punya hobi fotografi? Jangan ragu untuk menjadikannya sebagai profesi sampingan Anda. Saat ini banyak yang menggunakan jasa fotografer lho, mulai dari individu seperti pernikahan sampai skala perusahaan seperti foto produk. Anda juga bisa mengikuti berbagai kompetisi foto yang hadiahnya jutaan untuk menambah pundi-pundi Anda.

Untuk memulai profesi ini pun Anda tak harus mengeluarkan modal besar untuk membeli kamera atau semacamnya. Anda bisa memulainya dengan meminjam kamera dan peralatan lain milik teman atau dengan menyewanya. Nanti dari hasil proyek Anda bisa menabung untuk membeli kamera dan peralatan Anda sendiri.

4. Membuat Website/Aplikasi

Seiring dengan kemajuan zaman jasa di bidang Information & Technology (IT) sangat dibutuhkan untuk kepentingan komersil. Bagi perusahaan skala besar mungkin sudah banyak mempekerjakan individu di bidang ini, tapi belum bagi yang berskala kecil dan menengah. Pasar di bidang IT ini pun masih terbuka lebar.

Untuk bisa menjadi seorang IT pun Anda tidak harus berlatar belakang pendidikan Sarjana IT. Selama memiliki ketertarikan di bidang tersebut Anda bisa belajar secara otodidak. Apalagi sekarang sudah banyak tutorial atau petunjuk tertentu di bidang IT yang bermunculan di YouTube.

Side Job TIps

Sumber Gambar: blog.and.co

5. Buka Kursus Musik

Anda hobi bermain musik dan memiliki skill mumpuni? Anda bisa mencoba membuka les private musik. Barangkali hal ini hampir tak terpikirkan oleh Anda yang dulu pernah mencoba membuat band, manggung di sana-sini, tapi akhirnya harus menutup mimpi karena tidak bisa menembus pasar atau terkendala konsistensi.

Untuk itu, berkontribusi di dunia musik dengan membuka les private musik bisa Anda coba. Lagi pula dengan begitu Anda masih bisa terus mengasah kemampuan bermusik Anda juga. Bahkan bisa jadi Anda menjadi orang yang berkontribusi melahirkan calon musisi besar. 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales