Mekari Qontak
Marketing

Langkah-Langkah untuk Menjadi Pembuka Jalan dalam Dunia Marketing

Marketing Trailblazer

Apakah Anda menganggap diri Anda sebagai seorang pembuka kesempatan dalam segala hal yang Anda lakukan? Jika ya, maka biasanya, sebagai salesperson dan marketing person, Anda akan mampu menjadikan customer sebagai pusat dari segala kegiatan, strategi marketing serta interaksi customer Anda dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Semua hal menyangkut produk, anggota tim dan layanan yang diberikan menjadi hal yang biasa Anda tangani dengan berbagai inovasi di dalamnya.

Pada dasarnya, semua customer Anda menginginkan adanya relasi secara langsung dan personal dengan brand Anda. Karenanya, untuk memungkinkan hal tersebut terwujud, Anda harus membuka jalan bagi para customer Anda untuk dapat merasakan pengalaman marketing yang saling terkoneksi. Begini cara Anda dapat melakukannya.

  1. Bangunlah pengalaman dan perjalanan customer yang personal

Seorang marketer yang baik dapat bertemu dengan customer mereka lewat perjalanan yang mereka desain untuk customer, dengan mengantisipasi dan bereakse menyesuaikan dengan kebutuhan customer. Pastikan Anda terus terkoneksi dengan perjalanan yang dilalui customer Anda mulai dari interaksi pertama, follow up, interaksi ulang, penjualan dan layanan dukungan pasca transaksi terjadi, kompak antara semua strategi marketing, sales maupun layanan. Pastikan perjalanan customer Anda sudah didesain khusus dan secara strategis sehingga Anda dapat fokus ke pertumbuhan bisnis.

Marketing Trailblazer

Sumber Gambar: dealermarketing.com

  1. Buatlah ads yang menginspirasi target market Anda untuk mengambil tindakan

Targetkan market Anda secara lebih fokus menggunakan data CRM atau Customer Relationship Management mengenai sales, layanan dan marketing bisnis Anda. Gunakan data customer dari berbagai sumber untuk mendorong terjadinya iklan digital dengan konten berkualitas. Pastikan Anda seirama dan sejalan dengan kampanye iklan di setiap channel bisnis Anda, dan bangun perjalanan pengalaman customer yang efisien dan efektif, memungkinkan customer untuk mencari dan berinteraksi dengan konten marketing bisnis Anda.

  1. Pastikan email sales dan marketing yang Anda kirimkan pasti menghasilkan sesuatu yang menjanjikan

Pendek kata, jangan mengirimkan email yang tidak Anda yakini hasilnya. Personalisasi tiap email yang akan dikirimkan dan pastikan isi email Anda membuat customer ingin bertindak dan berinteraksi. Desain email sesuai dengan perilaku dan kecenderungan customer menggunakan bahasa yang sesuai.

Marketing Trailblazer

Sumber Gambar: thinkmarketingmagazine.com

  1. Persiapkan pengalaman customer di dalam mobile dengan membangun mobile apps

Zaman sekarang, semuanya serba mobile phone. Semua akses informasi dan transaksi dilakukan oleh customer kebanyakan lewat smartphone mereka masing-masing. Karenanya, kembangkan aplikasi yang bisa diakses dalam smartphone customer Anda, kirimkan notifikasi, SMS, semuanya dengan tujuan agar Anda mendapatkan data customer saat mereka melakukan sign up dengan email mereka. Ketika mereka sudah menjadi subscriber, Anda dapat berinteraksi dengan mereka via email yang masih merupakan medium paling interaktif bagi Anda yang ingin berjualan dan mengirimkan promosi. Jangan lupakan program reward untuk planggan setia Anda.

Dalam hal membuka jalan di dunia marketing, Anda perlu mementingkan adanya koneksi, relasi dan pengalaman yang personal bagi tiap-tiap customer Anda. Jika Anda bisa memberikan ketiga hal ini bagi customer Anda baik itu di media sosial, aplikasi maupun medium apapun yang Anda gunakan untuk bisa menjangkau mereka, mereka tidak akan sulit untuk diubah dari sekedar followers menjadi customers.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales