Mekari Qontak
Marketing Other Business

Keunggulan Bisnis Kecil yang Tidak Dimiliki Bisnis Besar

Small Business Tips

Dibandingkan dengan bisnis berskala besar, sebenarnya ada banyak keunggulan bisnis skala kecil yang membuatnya lebih disukai customer. Apalagi memasuki era digital marketing, keunggulan bisnis skala kecil pun menjadi lebih menonjol lagi, terutama dalam kemampuannya melakukan hal-hal berikut.

  1. Bisa memanfaatkan kemudahan menawarkan produk atau jasa dalam bentuk paket.

Website bisnis berskala kecil seringkali jarang diupdate, memiliki link yang tidak terhubung serta kurang interaktif di media sosial. Bisnis berskala kecil yang masih menawarkan pelayanan konvensional membuat adanya interaksi nyata antara penjual dengan pembeli. Selain itu, barang maupun jasa yang ditawarkan dapat dibentuk menjadi paket yang menambah value bagi customer serta sebagai strategi promosi untuk menarik lebih banyak customer.

Small Business Tips

Sumber gambar: entrepreneur.com

  1. Dapat melakukan supervisi semua bidang secara langsung

Memasuki dunia digital, Anda tentu sudah atau mungkin baru akan melakukan ekspansi dengan membuat website bagi bisnis Anda. Anda jelas membutuhkan bantuan banyak pihak dengan keahlian dan kemampuannya masing-masing, seperti SEO untuk membantu meningkatkan ranking website, atau content specialists yang bisa membantu Anda membangun konten dalam bentuk email marketing, video atau blog. Karena bisnis Anda masih berskala kecil, Anda bisa bekerja langsung dan terlibat langsung dengan orang-orang ini, dan belajar langsung dari mereka demi kemajuan bisnis Anda.

Small Business Tips

Sumber gambar: cook.house.gov

  1. Dapat memanfaatkan blog dan email marketing secara lebih spesifik dibandingkan dengan bisnis berskala besar

Memiliki bisnis berskala kecil di dunia serba digital seperti sekarang ini akan memungkinkan Anda lebih fokus terhadap niche Anda, dan dengan demikian membantu para prospek untuk fokus juga. Dengan menciptakan blog yang berisikan konten berupa informasi bermanfaat bagi para prospek, Anda sudah melakukan usaha SEO secara organik. Blog yang diupdate dua kali seminggu serta disebarkan di media sosial dapat menemukan cara sampai ke prospek yang memang membutuhkan bisnis Anda. Anda juga dapat melakukan otomasi marketing dalam bentuk update email marketing ke orang-orang yang sudah melakukan subscribe ke situs Anda karena ingin mendapatkan informasi produk atau jasa Anda. Dalam bisnis yang masih berskala kecil, kesempatan Anda untuk melakukan email marketing dan membuatnya berkala serta lebih personal akan semakin besar dibandingkan dengan jika Anda memiliki bisnis berskala besar. Anda bisa mengambil waktu untuk mengenal satu persatu customer yang sudah melakukan subscription dan menyediakan apa yang mereka butuhkan.

Dunia digital marketing juga menyimpan banyak manfaat pada bisnis berskala kecil, jika saja Anda mau memulainya!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales