Mekari Qontak
Marketing Other Business

Kesempatan Marketing Tanpa Batas Lewat Snapchat

Sudahkah Anda berkenalan dengan Snapchat? Platform media sosial yang memungkinkan orang yang memiliki akun untuk merekam video maupun mengambil foto lalu melakukan share di timeline agar dapat dilihat oleh orang lain selama 10 detik saja sebelum hilang dari peredaran. Snapchat mulai menjadi hit di tahun 2014 dan terus-menerus bertahan meski banyak negara, termasuk Indonesia, belum benar-benar beradaptasi dengan penggunaan Snapchat. Dibandingkan dengan Facebook, Instagram dan Path, tiga media sosial terbesar di Indonesia saat ini, Snapchat masih termasuk ‘anak kemarin sore’. Namun, mengingat masa depan online marketing nantinya adalah konten dalam bentuk video, lebih cepat memahami Snapchat dan berbagai kesempatan bisnis yang ada di dalamnya akan lebih baik.

Untuk melakukan tes apakah Anda dapat memulai memasarkan produk atau jasa dari brand Anda dengan Snapchat, pastikan dana yang Anda pakai seminimal mungkin mengingat peminat Snapchat di Indonesia belum se-membludak di negeri barat. Sedikit bereksperimen tidak salahnya, siapa tahu Anda yang akan menjadi pionir di dunia marketing menggunakan Snapchat yang tanpa batas.

Snapchat dapat Anda gunakan untuk menyediakan sneak peak untuk produk baru

Jika brand Anda akan meluncurkan produk atau layanan baru, Snapchat dapat membantu membangun antisipasi kepada para customer. Jika Anda berhasil memberikan teaser, maka produk atau layanan yang Anda tawarkan dapat memperoleh kesempatan dibicarakan dan di-share lebih luas lagi. Launching yang sebenarnya pun tidak akan menjadi terlalu susah untuk diakses dan bahkan untuk mendatangkan penjualan. Pikirkan baik-baik konten apa yang membuat para pengguna Snapchat akan tertarik untuk melakukan preview video atau foto berdurasi 10 detik ini.

Sumber gambar: adespresso.com

Sumber gambar: adespresso.com

Kirimkan kupon yang berbeda-beda untuk setiap customer Anda yang sudah mem-follow dan melakukan Snapchat pada Anda

Anda dapat terkoneksi langsung dengan customer Anda dalam level personal via Snapchat dengan menggunakan strategi share kupon. Buatlah kode-kode kupon sebanyak mungkin dan share dengan siapapun yang mem-follow Snapchat bisnis Anda dan mengirimkan Anda Snapchat. Minta mereka menebus kupon pada saat pembelajaan via online maupun dengan datang langsung ke tempat belanja. Buatlah pembagiannya menjadi menarik dengan menyebarkan nilai kupon yang berbeda-beda, bahkan hingga potongan 90% untuk membuat orang tertarik untuk ikut dalam kehebohan yang Anda ciptakan via Snapchat.

Tampilkan video-video pendek mengenai apa yang terjadi di balik layar

Cara ini baik dilakukan jika bisnis Anda sudah memiliki cukup banyak followers. Anda dapat memberikan sneak peak persiapan produk baru atau bagaimana cara tim Anda bekerja. Anda dapat juga membuat kontes tebak-tebakan mengenai apa kisah di balik video yang baru saja Anda rilis di media sosial lain seperti Facebook atau Twitter dengan meminta mereka menuliskan jawaban mereka sekaligus hashtag Anda. Cara ini memadukan dua platform media sosial sekaligus dan semakin memperluas interaksi Anda dengan para customer.

Sumber Gambar: rosssimmonds.com

Sumber Gambar: rosssimmonds.com

Jika Anda sedang mengadakan suatu event, baik online maupun offline, bocorkan info menarik hanya pada para followers Snapchat Anda yang hadir di event

Cara ini dapat menjadi sarana berinteraksi bagi Anda dan para followers Snapchat Anda untuk membocorkan info eksklusif dan menarik yang tidak akan dapat diakses tanpa mem-follow Snapchat Anda. Contohnya, Anda dapat memberikan diskon kupon hanya via Snapchat atau akses masuk ke dalam event offline dengan jalur khusus dengan membagi password via Snapchat untuk ditunjukkan langsung ke penjaga loket. Dengan cara ini, Anda dapat menambah jumlah followers Snapchat Anda dan membangun antusiasme hadirin di dalam acara yang Anda adakan.

Melihat perkembangan platform media sosial yang mengakomodasi video, siapkah Anda sebagai marketer untuk turut terjun?

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales