Mekari Qontak
Other Business

“Terlalu” Yang Sering Ada Di Resume Atau CV

Semua pekerja pasti sangat familiar dengan yang namanya curriculum vitae atau CV, sebagai salah satu syarat wajib jika ingin mencari perkerjaan baru yang harus tetap di update dengan informasi terbaru mengenai status pekerjaan, kemampuan dan pengalaman terakhir yang sudah di capai, tapi ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh kita sendiri termasuk saya juga pernah melakukannya, apa saja kesalahan itu? dan bagaimana cara memperbaikinya?

 

Terlalu Panjang

Ada aturan tidak tertulis untuk berapa banyak halaman resume atau CV yang ideal, biasanya 2 halaman sudah cukup lebih dari itu pihak penerima resume atau CV Anda akan enggan membaca kecuali Anda di posisi dengan pengalaman lebih dari 5 tahun untuk satu bidang pekerjaan dengan banyak pencapaian, saya pribadi selalu menjaga agar resume atau CV tidak lebih dari 2 lembar.

Pemilihan jenis huruf atau font dan jarak juga cukup mempengaruhi, biasanya Anda hanya menggunakan font default, cobalah ganti dengan font yang lebih mencerminkan diri Anda, saya pribadi menyukai font Roboto dan Open Sans.

 

Terlalu Banyak Tulisan

Cek lagi resume Anda, apakah hanya ada tulisan tanpa gambar ataupun icon bahkan foto Anda sendiri pun terpisah di lampiran? Anda mau memberikan informasi atau cerpen? bentuk resume seperti ini banyak kita temui, cobalah menggunakan icon yang representatif dan eye catching untuk menggantikan kategori seperti pengalaman, atau pendidikan dan pencapaian.

Buat draft terlebih dahulu untuk apa yang harus ada di resume Anda, cobalah untuk melakukan penyesuaian terlebih dahulu sebelum Anda mengirimkan resume atau CV ke perusahana yang Anda tuju.

baca juga cara mencari kerja dengan cerdas

Terlalu Kuno

Untuk orang yang sudah biasa membaca dan menerima resume atau CV, mereka akan mengetahui jika tampilan resume atau CV anda sudah ketinggalan jaman atau kuno, apa yang salah memang dengan hal itu? Ingat bukan hanya Anda yang mengirimkan resume atau CV kesana, dengan tampilan yang lebih moderen dan minimalis, kemungkinan Anda mendapatkan perhatian dari pihak penerima akan lebih besar.

Hal ini bisa dilakukan dengan menghilangkan beberapa detail seperti, objektif dari pekerjaan sebelumnya dan referensi yang biasanya jika mereka tertarik untuk memanggil Anda hal ini akan di tanyakan juga secara langsung, dijaman sekarang ini profil profesional online sangat membantu, sertakan tautan ke halaman LinkedIn atau portofolio online berupa halaman website pribadi atau platform yang menyimpan hasil pekerjaan Anda.

pentingnya profil online? baca disini

 

Terlalu Sulit Di Temukan

Jangan sampai hal yang harus diketahui tentang Anda seperti, kemampuan dan pencapaian berada dibawah keterangan pengalaman sebelumnya, detail pekerjaan sebelumnya atau objektif yang Anda tuju, karena kempuan dan pencapaian atau portofolio adalah hal yang akan diperhatikan pertama kali oleh penerima resume atau CV, jadi buatlah kedua hal itu terlihat jelas

Cobalah untuk mengecek beberapa referensi tentang tampilan resume atau CV yang moderen dan paling cocok untuk mengambarkan diri Anda, Ingat Anda sedang menawarkan diri disini, jika mereka tidak tertarik bagaimana Anda bisa laku terjual?

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales