Mekari Qontak
Marketing

Kenali Customer Retention dan Keuntungannya

Customer Retention

Pertahankan Pelanggan Anda dengan Customer Retention

Selain dengan customer service atau pelayanan customer yang baik serta tanggap, ada beberapa cara lain yang bisa Anda tempuh untuk mengamankan loyalitas customer. Customer retention adalah tindakan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan agar tetap menggunakan produk dan layanan mereka.

Loyalitas pelanggan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi bisnis. loyal customer dapat memberikan rekam jejak yang bagus bagi bisnis, rating dan trust juga akan meningkat sehingga bisa menarik pelanggan lain. Kadang tindakan customer retention ini seringkali dilupakan perusahaan.


Keuntungan Customer Retention Bagi Bisnis Anda

Selain lebih hemat waktu, customer retention memungkinkan Anda memiliki loyal customer. Seperti yang telah disinggung, loyal customer dapat memberikan rekam jejak yang bagus untuk bisnis Anda. Mereka juga bisa menjadi tambahan pemasaran karena rekomendasi mereka akan kepuasan terhadap produk atau jasa yang mereka beli.

Customer retention juga lebih hemat biaya, dikarenakan proses ini lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan loyal memiliki trust yang tinggi sehingga ada kemungkinan mereka akan melakukan pembelian yang lebih banyak. Ini adalah kunci untuk sustainable growth bagi bisnis Anda.

Strategi customer retention yang tepat juga dapat meningkatkan ROI (Return of Investment) yang signifikan bagi bisnis Anda. Peningkatan profit dapat tumbuh dari 25% hingga 125% jika strategi yang diterapkan efektif.


Tips Meningkatkan Customer Retention

Berikut ini beberapa yang harus Anda praktekkan demi mempertahankan bisnis Anda.

1. Lakukan pemetaan dan analisa proses internal customer service Anda

Sebelum bekerja bersama klien, pastikan Anda memulai dengan memperjelas prosedur dan proses serta berbagai pipelines yang harus dilalui untuk melakukan bisnis dengan klien Anda. Memetakan proses penjangkauan klien dan transaksi hingga akhir dapat membantu Anda menganalisa apa yang terjadi pada bisnis.

Customer Anda akan dipengaruhi oleh proses internal perusahaan ini meski tidak secara langsung. Jika proses yang sudah ditetapkan adalah proses yang bisa dengan mudah dijalankan, customer experience atau pengalaman yang diterimapun akan lebih maksimal dan membuat mereka merasa dilayani dengan baik.

2. Bangunlah pengalaman customer yang konsisten

Tentukan standar bagi bisnis Anda dalam melayani customer dan memenuhi berbagai tanggung jawab bisnis Anda. Berdiskusilah dengan anggota tim Anda untuk menentukan bagaimana prosedur standar operasional yang baik sehingga pelayanan pelanggan tetap berlangsung secara konsisten dan membuat customer Anda nyaman. Customer service yang sudah terbiasa dan hapal dengan langkah-langkah transaksi bisnis dengan Anda memiliki kesempatan yang lebih besar.

3. Secara proaktif, kumpulkan feedback dari customer Anda

Selalu cari feedback dari customer mengenai pelayanan yang diberikan bisnis Anda. Kumpulkan juga feedback dari customer service Anda setelah mereka melayani pelanggan karena mereka juga pasti memiliki masukan yang bermanfaat bagi cara bisnis Anda menangani pelanggan.

Jika memungkinkan, mintalah feedback segera setelah mereka berurusan dengan customer service perusahaan Anda sehingga customer juga dapat membangun kesan profesionalitas yang diasosiasikan langsung pada bisnis dan brand Anda.

4. Lakukan analisa pada komplain yang diberikan customer

Sebagai perwakilan dari bisnis yang terus-menerus berhubungan langsung dengan customer, Anda tentu akan menerima berbagai macam bentuk komplain yang harus segera Anda tangani. Lakukan analisa pada komplain yang Anda terima, temukan pola yang terjadi untuk menemukan akar permasalahan. Ini dapat membantu Anda mengetahui kesalahan dan memperbaikinya hingga tidak terjadi secara berulang.

Perhatikan juga di jam berapa dan hari apa saja komplain paling banyak diterima, apakah terdapat lokasi tertentu yang menjadi sumber berkumpulnya banyak komplain dan apakah keluhan paling sering diterima setelah peluncuran produk baru. Resolusi yang cepat dapat dilakukan jika Anda mengenali pola dari komplain yang paling banyak diterima.

Dengan menghabiskan lebih banyak energi dan menginvestasikan perhatian Anda pada departemen customer service, loyalitas customer dapat dipertahankan dan bisnis Anda pun dapat berkembang dengan lebih efisien.


Otomatiskan Customer Retention Anda dengan Qontak.com

Qontak adalah aplikasi Omnichannel CRM yang mengintegrasikan berbagai saluran kedalam satu aplikasi. Fitur yang ada pada Qontak memungkinkan Anda meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

Qontak dapat memberikan hasil analisis personalisasi pelanggan melalui database yang tersimpan. Data akan dianalisis secara otomatis dan dilampirkan agar Anda dapat memilih strategi terbaik yang perlu dilakukan. Gunakan Qontak agar Anda bisa meningkatkan loyal customer bagi bisnis Anda.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales