Mekari Qontak
Marketing Sales

Kelebihan Strategi Sales Bisnis Berskala Kecil

small business sales strategy

Saat membandingkan bisnis kecil dengan bisnis berskala besar, banyak orang akan berasumsi bahwa bisnis yang berskala kecil cenderung kalah saing. Padahal, terbukanya dunia digital bagi bisnis tanpa peduli ukurannya membuat bisnis kecil pun sebenarnya sanggup mengalahkan strategi penjualan bisnis berskala besar. Bagaimanakah caranya, terutama jika bisnis yang berskala lebih besar tersebut terhitung sebagai saingan bisnis berskala kecil?

1. Dengan menggunakan sistem CRM atau Customer Relationship Management dan tools online lainnya

Ada banyak sekali tools online yang tersedia untuk mendukung bisnis berskala kecil dalam mengatur relasi dengan customer, mengaktifkan email marketing dalam mode otomatis serta menggenerasi lead atau customer yang potensial, sehingga manajemen sales dapat lebih rapi dan terukur, dengan analisa data mengenai loyalitas customer serta pemasukkan program rewards yang sebelumnya lebih banyak diasosiasikan dengan bisnis besar. Anda tinggal memilih tools yang tersedia sembari mempertahankan kelebihan bisnis berskala kecil, yaitu memberikan perhatian ekstra dan personal bagi tiap customer maupun calon customer Anda.

small business sales strategy

Sumber Gambar: alleecreative.com

2. Dengan menjadi lebih responsif

Membangun reputasi Anda berdasarkan konsistensi pelayanan yang lebih cepat, lebih baik, serta lebih menyeluruh dapat membuat bisnis kecil memiliki kelebihan di bidang penjualan dan layanan customernya dibandingkan dengan bisnis-bisnis berskala besar. Carilah berbagai kesempatan untuk menonjolkan fakta bahwa bisnis kecil akan lebih menguntungkan dan mengutamakan customer. Anda dapat berusaha mempercapat proses pemesanan dan pengiriman, merespon komplain secara lebih cepat dan mensolusikan masalah secara lebih responsif.

small business sales strategy

Sumber Gambar: datapine.com

3. Dengan masuk lebih dalam untuk mengeksplorasi niche bisnis Anda

Bisnis-bisnis berskala kecil memiliki keunggulan berkat skalanya yang kecil tersebut, yaitu karena adanya fokus yang lebih terarah terhadap satu hal spesifik yang terbukti mendatangkan customer. Tidak seperti berbagai bisnis besar yang cenderung berusaha menjadi semua hal untuk semua customernya, bisnis kecil dapat berfokus hanya di satu hal saja dan benar-benar memperbaiki performanya di hal tersebut, membuat bisnis kecil tersebut menjadi ahlinta dalam satu hal saja. Maka dari itu, temukanlah apa yang terbaik dari layanan yang disediakan bisnis Anda yang berskala kecil dan pastikan Anda menjadi go-to business, melebihi kompetitor berskala besar.

Bukan hal yang tidak mungkin bagi para pemilik bisnis kecil untuk menyaingi bisnis besar, hanya dibutuhkan fokus, konsistensi dan penyempurnaan di hal-hal kecil yang seringkali terlewatkan oleh kompetitors yang besar.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales