Mekari Qontak
Marketing Other Business

Jawaban Inovatif Ini Bisa Mensolusikan Masalah Customer Anda

Customer Solution

Dalam dunia relasi dengan customer, inovasi haruslah konstan terjadi. Yang terbaru dan tengah menjadi tren dalam dunia customer service adalah personalisasi bagi setiap customer Anda menggunakan teknologi yang menjawab pertanyaan terbesar dan terpenting dari para customer pada umumnya. Berikut jawaban inovatif atas pertanyaan-pertanyaan tersebut:

1. Bagaimana cara memaksimalkan kultur jasa agar merata secara keseluruhan dalam organisasi?
Menurut Shep Hyken, pakar dalam hal customer service, pemberian jasa memang sudah seharusnya dianggap sebagai sebuah kultur dan bukan hanya departemen semata. Tidak peduli apapun departemen Anda, customer service adalah bagian dari departemen Anda juga. Hal ini juga kembali lagi pada visi dari brand Anda sendiri dalam hal jasa layanan customer. Hanya dengan visi yang jelaslah hal ini dapat mengakar sebagai kultur yang benar-benar dipegang erat oleh semua bagian perusahaan. Nantinya, hal ini akan terefleksikan oleh sikap para pengisi departemen layanan customer dan menjadi identitas bagi brand Anda.

Customer Solution

Sumber Ggambar: blog.socious.com

2. Dengan berkembangnya teknologi, bagaimana cara mempertahankan sentuhan manusia dalam pemberian layanan bagi customer?
Adanya revolusi dalam penggunaan smartphone, revolusi secara sosial, data yang hampir tanpa batas serta Internet of Things, hampir semuanya dilakukan secara teknologi sehingga terjadi pergeseran terhadap sentuhan manusia. Namun, jika digunakan secara layak, pengalaman customer dapat dibuat lebih baik lagi. Di sinilah teknologi seharusnya menjadi support yang terbaik bagi bisnis Anda. Pertahankan sentuhan layanan langsung oleh manusia juga untuk mereka yang kemungkinan tidak akan terlalu bersinggungan dengan teknologi.

3. Tingginya penggunaan web dibandingkan dengan meeting secara langsung atau pembicaraan via telepon membuat koneksi nyata semakin memudar. Bagaimana mempertahankan koneksi dari satu orang dengan orang yang lainnya tetap terjaga dalam layanan customer?
Pada dasarnya, yang diperlukan hanyalah perubahan pola pikir saja. Koneksi yang terjalin semuanya tetap akan dibangun dan diterima oleh manusia karena teknologi pun dibentuk oleh manusia.

Customer Solution

Sumber Gambar: raygun.com

4. Seberapa pentingnya penggunaan data insight untuk menambah pengalaman yang baik dan lebih maju untuk para customer?
Dalam buku karya Shep Hyken yang berjudul Amazement Revolution and The Cult of The Customer, layanan customer yang baik adalah layanan customer yang proaktif dan menggunakan analisa dan data yang terekam untuk melakukan prediksi dan antisipasi kebutuhan customer. Selain itu, kecepatan memberikan respon yang tepat dan solutif merupakan bagian yang penting dari customer service. Bahkan, penyediaan informasi sebelum pertanyaan muncul juga akan menjadi nilai plus bagi brand Anda.

Sudahkah layanan customer Anda melakukan inovasi-inovasi berikut?

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales