Daftar isi
5 min read

Integrasi CRM WhatsApp: Cara Integrasi CRM dan WA

Tayang 12 Maret 2020
Diperbarui 11 Desember 2023
CRM Whatsapp
Integrasi CRM WhatsApp: Cara Integrasi CRM dan WA

Apa itu integrasi CRM WhatsApp? Bagaimana Cara Kerjanya?

Integrasi CRM WhatsApp akan membawa banyak keuntungan untuk bisnis Anda. Sangat bisa dipahami mengapa perusahaan memilih WhatsApp sebagai sarana utama mereka untuk berkomunikasi dengan customer. Dengan WhatsApp, komunikasi antara customer dan bisnis bisa terjadi langsung sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran informasi untuk keseluruhan proses pembelian.

WhatsApp sebagai aplikasi pesan paling populer di dunia telah berkembang menjadi alat utama bagi perusahaan untuk melakukan customer relationship management (CRM).

WhatsApp melihat peluang tersebut dengan meluncurkan WhatsApp for Business, yaitu versi yang dikhususkan bagi mereka yang memiliki bisnis. Versi ini dapat menjadi alat Customer Relationship Management atau CRM bagi perusahaan yang ingin berhubungan dengan pelanggan mereka.

Integrasi CRM WhatsApp dapat memberikan manfaat bagi perusahaan Anda, baik melalui peningkatan sales maupun customer service.

Cara Memulai Integrasi CRM WhatsApp

Untuk membuat WhatsApp menjadi sebuah sistem CRM atau customer service, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun WhatsApp Business dan mempromosikannya. Jika Anda memiliki kartu bisnis, social media atau media promosi lainnya (flyer, spanduk, dsb), cantumkan nomor tersebut. Hal ini menjadi penting karena:

  1. Nomor WhatsApp Anda tidak akan ditemukan jika tidak dipromosikan
  2. Customer harus menjadi pihak pertama yang mengontak perusahaan Anda. WhatsApp memiliki aturan bahwa Anda tidak dapat menggunakannya untuk mempromosikan produk Anda. Anda akan dianggap spam dan berpotensi di-block jika melakukannya.

Oleh sebab itu, yang dapat dilakukan perusahaan adalah memaksimalkan agar pelanggan menemukan nomor WhatsApp mereka sehingga mereka bisa memulai komunikasi terkait bisnis perusahaan tersebut.

Menurut Callbell, memasukkan nomor WhatsApp ke website perusahaan merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan conversion rate secara signifikan.

Baca juga: Mengenal CRM: Tujuan, Manfaat dan Fungsinya

Bagaimana Mengatur Hubungan dengan Pelanggan melalui Integrasi CRM WhatsApp?

Ketika pelanggan menghubungi nomor WhatsApp Business Anda, mereka akan menanyakan hal seperti informasi produk maupun bantuan after sales. Customer service Anda harus dapat merespon langsung secara cepat. Inilah yang diharapkan dari pelanggan, yaitu kecepatan dalam merespon pertanyaan mereka dibandingkan harus melalui cara tradisional seperti email.

Jika customer service Anda tidak tersedia 24/7, kemampuan integrasi CRM WhatsApp Business akan sangat membantu Anda melalui fitur pesan terotomatisasi (automated message). Pesan ini dapat Anda atur sesuai kebutuhan, misalnya jam operasional CS Anda atau frequently asked questions (FAQs).

Untuk perusahaan besar, Anda bisa menggunakan chatbot yang bisa menuntun pelanggan untuk mendapat solusi yang diinginkan melalui automated form. Jika pelanggan tidak mendapat jawaban yang diinginkan, mereka dapat meminta bantuan operator manusia.

Setiap bisnis dapat menentukan strategi dan tools mana yang ingin digunakan, tergantung dari jumlah dan jenis permintaan pelanggan mereka. Bisnis yang tidak terlalu besar mungkin ingin memperlakukan pelanggan seperti teman, sedangkan bisnis yang lebih besar tentu akan lebih kompleks dan berbeda.

Tools Apa yang Bisa Digunakan untuk Integrasi CRM WhatsApp di Perusahaan Anda?

Di bawah ini adalah tools berguna untuk mengatur WhatsApp Anda dan melacak informasi kontak yang masuk.

  1. WhatsApp Business

Aplikasi ini cocok untuk bisnis yang tidak terlalu besar, yaitu yang hanya memiliki 1 customer service saja dengan request yang tidak terlalu banyak. Tampilannya sama dengan WhatsApp biasa, dengan tambahan fitur seperti welcome message.

  1. Qontak.com

Qontak.com merupakan official business partner WhatsApp API yang memungkinkan nomor Anda menjadi WhatsApp Official. Dengan Qontak.com, Anda dapat melakukan lebih dari sekedar integrasi CRM WhatsApp Business.

Apa saja kelebihan WhatsApp Official for Business dibandingkan WhatsApp Business biasa?

Berikut adalah 4 kelebihan utama WhatsApp Official for Business yang ditawarkan oleh Qontak.com.

4 Kelebihan Utama WhatsApp Official for Business yang Ditawarkan Qontak

  1. Check Mark

Dengan WhatsApp Official, nama perusahaan Anda akan muncul di kontak dengan check mark. Hal ini akan membuat perusahaan Anda terlihat lebih reliable sehingga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.

Dashboard integrasi CRM WhatsApp Qontak.com

 

  1. Up to 15 Agents

Jika WhatsApp Business biasa hanya bisa dipegang oleh 1 customer service, integrasi CRM WhatsApp official memungkinkan nomor Anda dipegang oleh hingga 15 customer service. Untuk perusahaan yang besar, hal ini tentu akan membantu Anda untuk memiliki beberapa customer service dalam integrasi CRM WhatsApp dengan hanya menggunakan 1 nomor saja.

  1. Cek KPI Customer Service Anda

Anda dapat mengecek key performance indicator (KPI) customer service Anda dengan melihat berapa percakapan yang mereka lakukan dan seberapa cepat respon mereka terhadap pelanggan.

  1. Perekaman Percakapan

Semua percakapan dapat terekam secara rapi sehingga memungkinkan Anda untuk melacak percakapan antara customer service dengan pelanggan Anda.

Berikut perbedaan WhatsApp Business biasa dan WhatsApp Business API:

WhatsApp Business

WhatsApp Business API

Profil Bisnis Ya Ya
Template Pesan Ya Ya
Jumlah Agen hingga 2 agen CS / 1 nomor multiple agen (lebih dari 2) dalam 1 nomor
Manajemen Basis Data Pelanggan dan Obrolan Ya
Pesan Keluar Massal Ya
Laporan Kinerja Ya
Tanda Centang Hijau Resmi Ya
Integrasi CRM Ya

Dapatkan Integrasi CRM WhatsApp Sekarang

Qontak.com penyedia integrasi crm whatsapp

Perusahaan yang menggunakan integrasi CRM WhatsApp dapat memberikan dukungan proaktif untuk pelanggan dengan notifikasi opt-in, seperti invoice, reminder, atau konfirmasi pembayaran. Fitur-fitur yang dimilikinya memudahkan perusahaan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik kepada pelanggan.

Qontak.com menyediakan solusi end-to-end, sehingga Anda dapat mendapatkan integrasi CRM WhatsApp dan WhatsApp Chatbot. Tentunya hal ini akan memudahkan dan mempercepat proses bisnis Anda. Sehingga customer experience pun terjaga dan sales pun meningkat. Teknologi yang ditawarkan Qontak telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan layanan kepada pelanggan.

Dapatkan SEKARANG!

Kategori : CRMWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales