Mekari Qontak
Featured Articles

Panduan Cara Mendapatkan Instagram API (Updated 2022)

Instagram API

Pelajari Messenger API Instagram Secara Lengkap

Meski tak sepopuler WhatsApp API, tapi pengguna Instagram Messenger API terus meningkat sejak diluncurkan pertengahan tahun kemarin. Hal ini tidak lengkap dari kemampuan fitur IG API ini menghubungkan aplikasi bisnis untuk mengelola pesan instagram mereka.

Selain itu, fitur terbaru IG ini membantu bisnis memberikan pengalaman pelanggan menyenangkan. Diharapkan hal tersebut dapat meningkatkan penjualan serta loyalitas pelanggan.

Sementara itu, untuk mendapatkan Instagram API perlu bekerjasama dengan  developer atau Mitra Resmi Bisnis Instagram untuk Messenger API. Pelajari lebih jauh

Berikut adalah 7 step untuk mendapatkan Messenger Instagram API:

Messenger Instagram API


Apa itu Instagram API?

Instagram API adalah fitur terbaru IG yang membantu perusahaan atau bisnis berinteraksi dengan pelanggan lebih efisien. Dimana API  (Application Programming Interface) berisi serangkaian kode yang dapat diintegrasikan dengan software tertentu dimana akan terkoneksi dengan akun Instagram Anda.

Maka dari itu, API Instagram juga dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti aplikasi CRM (Customer Relationship Management) dan aplikasi Omnichannel Qontak.com untuk customer service. Berbeda dengan Instagram biasa yang tidak bisa melakukan integrasi atau dimodifikasi dengan fitur-fitur canggih lainnya secara fleksibel.

Dengan Messenger API, Anda dapat mengintegrasikan Instagram shop dan IG Direct Message (DM) dengan aplikasi penjualan seperti CRM sehingga proses sales dalam bisnis Anda lebih ramping dan tercatat dengan baik. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan chat bot Instagram sehingga dapat memberikan balasan otomatis (auto reply) pada setiap Instagram DM yang masuk.

Baca Juga: 8 Software Terbaik untuk Membalas Chat Customer


Apa Perbedaan Instagram Messenger API dan Instagram Messaging?

Instagram messenger API diluncurkan dengan tujuan untuk membantu bisnis meningkatkan kepuasan serta pengalaman pelanggan. Hal ini dilandasi hasil riset Facebook dan BCG menyebutkan bahwa 91% responden mengaku menggunakan produk Facebook, seperti Instagram dan WhatsApp. Dimana sebagian besar dari mereka menyukai pembicaraan melalui aplikasi chat.

Melihat data tersebut, peran percakapan pada media sosial berperan besar untuk bisnis menghasilkan penjualan. Sayangnya penggunaan Instagram massanging saja tidak cukup. Bisnis akan kuwalahan untuk managani pelanggan karena harus membalas DM satu persatu. Berbeda dengan IG API yang memiliki fitur chatboat mampu membalas pesan secara otomatis.

Fitur lainnya dari IG API yakni integrasi dengan aplikasi lainnya memastikan bisnis tidak akan melewatkan percakapan apapun dengan pelanggan. Sebab semua saluran bisnis seperti Instagram, WhatsApp dan lainnya saling terhubung satu sama lain.

Terlepas dari fitur-fitur yang dimiliki, cara memperoleh Instagram messsenger API berbeda dengan Instagram Messanging. Untuk mendapatkan Instagram messsenger API , Anda harus mendaftar ke mitra resmi bisnis Instagram. Sementara Instagram messanging dapat didownload melalui Play Store atau App Store.

Fitur Instagram Instagram API 
Akses untuk Multi Agent (Instagram Banyak Admin) Agen CS perlu akses akun Instagram asli Agen CS perlu akses akun Qontak.com
Chat Bot Instagram (Auto reply Instagram DM) Ya
Sistem Perutean Agen (Agent Routing) Ya
Integrasi Omnichannel Ya
Integrasi Sistem CRM Ya
Manajemen Database Pelanggan & Obrolan Ya
Manajemen Order untuk Penjualan Ya
Laporan Kinerja dan Analisis Ya

Apa Keuntungan Menggunakan Messenger Instagram API?

Instagram API Keuntungan dan Kelebihan

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari Messenger API, namun keuntungan utamanya ialah meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendorong lebih banyak penjualan bisnis Instagram shop Anda.

Berikut adalah keuntungan dan kelebihan menggunakan Messenger Instagram API:

  • Dapat melayani pelanggan 24 jam nonstop dengan adanya chat bot Instagram yang mampu memberikan respon otomatis dalam hitungan detik.
  • Meningkatkan pengalaman pelanggan dengan mengirimkan pesan balasan otomatis (autoresponder bot Instagram direct message) sesuai dengan pertanyaan atau permintaan yang sering diajukan pelanggan.
  • Keamanan terjamin dengan sistem end-to-end encryption dipastikan semua percakapan hanya dapat diakses oleh bisnis dan pelanggan yang berinteraksi.
  • Personalisasi pesan pelanggan yang dapat digunakan menjadi insight untuk lebih memahami pelanggan.
  • Integrasi dengan sistem CRM sehingga otomatis menyimpan database dan history percakapan DM dengan pelanggan.
  • Hemat biaya dibandingkan harus mempekerjakan banyak tim untuk melakukan laporan dan analisis penjualan di Instagram shop dan percakapan.
  • Mudahkan pelanggan berbelanja langsung dari platform Instagram shop.

Siapa Saja yang Dapat Menggunakan Instagram Messenger API?

Instagram Messenger API dapat digunakan oleh semua perusahaan atau bisnis yang memiliki akun Instagram. Karena penggunaan Messenger Instagram API adalah untuk memaksimalkan pelayanan pelanggan dan penjualan, maka penggunanya pun dikerucutkan menjadi akun Instagram khusus untuk bisnis atau perusahaan atau Instagram Business (Professional Account).

Terutama apabila Anda memiliki bisnis yang menggunakan Instagram shop dan memiliki katalog di dalamnya, maka Messenger Instagram API akan sangat tepat untuk Anda.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Apa Fitur Penting Messenger Instagram API?

Messenger API didukung fitur-fitur canggih untuk membantu perusahaan dan bisnis menjalin interaksi dengan pelanggan lebih baik serta mendorong penjualan.

Berikut adalah fitur-fitur Instagram Messenger API:

1. Penggunaan Instagram Multiple Agent atau User

Instagram API Multiple Agnet and User

Dengan menggunakan Messenger API, Anda dapat menggunakan satu akun Instagram perusahaan atau bisnis Anda untuk banyak admin atau agen. Anda tidak perlu membagikan password akun Instagram ke admin atau agen, karena dengan menggunakan Messenger API, admin atau agen akan diberikan username dan password yang berbeda dengan credential akun Instagram perusahaan atau bisnis Anda. Hal ini akan membuat akun Instagram shop Anda lebih aman.

2. Auto Reply Pesan DM dengan Bot Instagram

Instagram API Auto Reply dengan Bot Instagram

Balas pesan DM pelanggan Anda secara otomatis dengan menggunakan bot Instagram. Bot Instagram berfungsi sebagai autoresponder yang dapat melakukan auto reply terhadap semua pesan pelanggan yang masuk. Chat bot Instagram bekerja 24/7 sebagai sistem customer service sehingga akan membantu meningkatkan produktivitas agent atau admin untuk membalas pesan-pesan DM yang sering ditanyakan atau disampaikan pelanggan.

3. Manajemen Pesan dengan Sistem Agen Routing

Instagram API Manajemen Pesan (Agen Routing)

Menangani puluhan hingga ratusan pesan DM yang masuk per hari ke akun Instagram shop akan sangat sulit jika tidak ada pembagian pesan yang adil ke admin atau agen. Dengan Messenger API, Anda dapat membagi pesan DM yang masuk secara otomatis dan adil ke seluruh admin atau agen. Anda dapat juga mengatur pembagian pesan secara custom dengan bot Instagram.

4. Manajemen Database Prospek dan Pelanggan

Instagram API Manajemen Prospek dan Pelanggan

Simpan seluruh data pelanggan yang mengirimkan pesan DM ke akun Instagram shop Anda melalui integrasi CRM dari Qontak.com. Anda juga dapat mengatur data pelanggan tersebut untuk kepentingan meningkatkan bisnis Anda.

5. Manajemen Penjualan Instagram Shop

Instagram API Manajemen Penjualan

Terima dan tangani seluruh permintaan order dari pelanggan dengan mudah. Integrasi Messenger API dengan aplikasi CRM Qontak.com dapat memudahkan bisnis atau perusahaan untuk mendata dan memonitor seluruh hasil penjualan dari toko online Instagram (shop/store) bisnis Anda.

6. Integrasi dengan WhatsApp, Facebook Messenger, dan Channel Lainnya

Instagram API Integrasi dengan Aplikasi Lain

Bisnis atau perusahaan Anda memiliki nomor WhatsApp, akun Facebook Messenger, Line, Telegram, dan Twitter untuk menangani pesan pelanggan? Integrasikan Messenger API dengan aplikasi Omnichannel Qontak.com agar Anda tidak perlu repot lagi pindah akun atau window untuk menjawab seluruh pesan pelanggan dari berbagai saluran tersebut. Chatbot pun dapat bekerja pada WhatsApp, Facebook, dan Instagram Anda.

7. Laporan dan Analisis Penjualan dan Percakapan

Instagram API Laporan dan Analisis Penjualan dan Percakapan

Dapatkan laporan dan analisis rinci mengenai hasil penjualan Instagram shop berdasarkan waktu, status order pelanggan, detail rinci pesanan pelanggan, dan lain-lain. Anda dapat juga melihat berapa banyak pesan masuk berdasarkan waktu, seberapa cepat respon admin atau agen, status online/offline admin atau agen, banyak pesan yang terselesaikan, dan lain-lain.


Bagaimana Cara Kerja Messenger API?

Instagram API Cara Kerja

Cara kerja Messenger API sebenarnya tidak berbeda jauh dengan API pada saluran media sosial lainnya. Anda hanya perlu menghubungkan akun Instagram Business (Professional Account) Anda ke aplikasi Mitra Resmi Instagram, seperti aplikasi Omnichannel dari Qontak.com. Setelah itu, Anda dapat menikmati seluruh fitur-fitur Messenger API seperti bot Instagram untuk meningkatkan pelayanan pelanggan dan mendorong penjualan di toko online Instagram Anda.

Terdapat 3 point utama manfaat dari cara kerja Messenger API, yaitu:

  • Menyederhanakan Kebutuhan Teknis: hubungkan Instagram dengan aplikasi/software internal perusahaan Anda untuk mendapatkan informasi lengkap dan menyeluruh. Messenger API dapat diintegrasikan dengan aplikasi CRM dan Omnichannel Qontak.com.
  • Mengefisiensikan Alur Pekerjaan: otomatisasi pesan balasan untuk pelanggan dengan chat bot Instagram, gunakan ‘quick reply’, serta bagi pesan DM secara adil ke admin/agen yang bertugas. Messenger API akan meningkatkan produktivitas tim bisnis Anda.
  • Meningkatkan Pengalaman Pelanggan: simpan profil dan histori percakapan dan pembelian pelanggan, lakukan personalisasi dalam setiap pesan terkirim, dan balas pesan DM dengan cepat dan tepat. Messenger API akan meningkatkan pengalaman pelanggan dan menghasilkan loyalitas.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Cara Mendapatkan Instagram API?

Untuk mendapatkan Messenger API, syaratnya cukup mudah, yaitu memiliki akun Instagram untuk bisnis atau perusahaan.

Berikut adalah 5 step untuk mendapatkan Instagram API:

Step 1. Daftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia Qontak.com

Qontak.com

Mendaftar ke Mitra Resmi Messenger API untuk Instagram seperti Qontak.com sangatlah penting. Hal tersebut merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan Messenger API. Qontak.com akan memastikan Anda memiliki seluruh fitur IG API shop yang dibutuhkan salah satunya seperti bot Instagram dengan harga terjangkau.
Qontak.com akan men-set up aplikasi Omnichannel yang merupakan medium untuk Messenger API.

Step 2. Pastikan Memiliki Akun Facebook Business Manager

Untuk dapat menggunakan Messenger API, Anda perlu memiliki akun Facebook Business Manager. Jika belum memilikinya, Anda bisa dengan mudah membuat dan mendaftarkannya untuk proses selanjutnya. Untuk API Instagram, Akun Facebook Business Manager tidak perlu diverifikasi terlebih dahulu.

Step 3. Pastikan Memiliki Facebook Page dan Role Admin

Pastikan bisnis atau perusahaan sudah memiliki Facebook Page. Jika belum memilikinya, Anda dapat membaca panduan resmi dari Facebook mengenai Cara Membuat Facebook Page

Setelah memiliki Facebook Page, pastikan akun Facebook yang Anda gunakan memiliki role sebagai Admin di Facebook Page tersebut. Cek disini apakah akun Facebook yang Anda gunakan merupakan Admin.

Step 4. Pastikan Menggunakan Akun Instagram Business

Penyedia IG API

Karena penggunaannya diutamakan untuk bisnis dan perusahaan, maka pastikan akun Instagram yang Anda miliki adalah akun Instagram Business atau Professional Account. Berikut adalah cara mengubah akun Instagram biasa ke akun Instagram Business (Professional Account):

  1. Buka halaman profile Instagram dan klik tombol di pojok kanan atas.
  2. Klik ‘Settings’ lalu klik ‘Account’.
  3. Klik ‘Switch to Professional Account’ dan klik ‘Continue’.
  4. Pilih kategori bisnis Anda dan klik ‘Done’ dan selanjutnya ‘OK’ untuk konfirmasi.
  5. Klik ‘Next’ dan masukkan detail kontak.

Step 5. Sambungkan Facebook Page dengan Akun Instagram Business

Setelah memiliki Facebook Page dan akun Instagram Business (Professional Account), langkah selanjutnya ialah memastikan Facebook Page dan akun Instagram Anda tersebut tersambung.

Berikut adalah cara menyambungkan Facebook Page dengan akun Instagram Business:

  1. Buka halaman profile Instagram.
  2. Pilih ‘Edit Profile’.
  3. Di bagian ‘Public Business Information’, klik ‘Page’.
  4. Klik ‘Create Facebook Page’ atau ‘Connect an Existing Page’.
  5. Pilih Facebook Page yang ingin Anda sambungkan atau pilih ‘Create a New Facebook Page’.
  6. Klik ‘Done’ setelah Anda memilih Facebook Page atau membuat baru.

Step 6. Mitra Resmi akan Set Up Instagram API

Instagram API Setup oleh Mitra Resmi

Setelah persyaratan di atas sudah dilengkapi, Qontak.com sebagai Mitra Resmi akan set up Messenger API Anda melalui aplikasi Omnichannel Qontak.com.

Step 7. Instagram API Siap Digunakan

Instagram API Inbox

Setelah di set up, Qontak.com akan memberikan informasi berupa username dan password untuk mengakses Messenger IG API. IG API pun siap digunakan.


Dorong Penjualan dengan Instagram Messenger API, Sekarang!

Dengan ketatnya persaingan antar bisnis saat ini, Messenger API dapat menjadi strategi komunikasi dengan pelanggan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Dilengkapi dengan bot Instagram untuk Instagram shop Anda,

Qontak.com telah memudahkan lebih dari 1000+ bisnis untuk memperoleh manfaat di atas. Dengan mendapatkan Messenger API melalui Qontak.com, Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan lebih mulus dan memberikan pelayanan yang lebih baik. Coba gratis sekarang atau hubungi Qontak.com untuk info lebih lanjut.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Frequently Asked Question (FAQ)

Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Messenger Instagram API?
      • Akun Facebook Business Manager
      • Facebook account dengan role Admin di sebuah Facebook Page bisnis Anda
      • Akun Instagram Business atau Professional Account

    Setelah Anda memiliki 3 hal di atas, Anda bisa mendaftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia seperti Qontak.com.

Apakah Messenger API Instagram dapat digunakan oleh akun individu atau perorangan?
        • Tidak bisa. Messenger

      Instagram API

        • dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau bisnis yang menggunakan Instagram sebagai salah satu medium berkomunikasi dengan pelanggannya. Oleh karena itu, akun yang didaftarkan untuk Messenger

      API

        • pun adalah akun

      Instagram

        Business (Professional Account).
Dapatkan saya melakukan upgrade akun Instagram saya ke Instagram Messenger API Instagram?
      • Ya, Anda hanya perlu mengubah akun Instagram biasa Anda menjadi Instagram Business (Professional Account) – khusus bisnis/perusahaan. Setelah itu, daftarkan akun tersebut ke Qontak.com sebagai Mitra Resmi Instagram.

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales