Mekari Qontak
Other Business

Ini Tanda Saatnya Anda Melirik Karir Sebagai Seorang Freelancer

Bagi Anda yang tahu seberapa membosankannya terkungkung di kubikel meja kerja dari pukul 9 pagi sampai 5 sore, tentu permah terpikirkan akan pilihan karir sebagai seorang freelancer. Menulis, mendesain, membangun website, menerjemahkan, adalah beberapa contoh karir yang dapat dilakukan dari rumah atau di manapun Anda berada. Melakukan pekerjaan freelance memungkinkan Anda mengerjakan beberapa proyek sekaligus dengan gaji yang menyerupai satu pekerjaan kantoran, bahkan terkadang lebih banyak. Tidak hanya itu, Anda harus mulai mempertimbangkan karir Anda sebagai freelancer lewat diskusi berikut ini.

Sekarang, sudah banyak situs freelance yang membantu Anda mendaftarkan diri sebagai freelancer terpercaya dan menunggu klien menemukan Anda. Tinggal mengetik kata freelance di search engine seperti Google,  dan berbagai pilihan bermunculan bagi Anda. Daftarkan diri Anda dan cobalah mengambil satu atau dua proyek sebagai pembanding dengan pekerjaan Anda saat ini. Selain itu, beberapa tanda Anda sebaiknya mulai beralih haluan menjadi manajer dari diri Anda sendiri dengan melakukan pekerjaan freelance dapat Anda cocokkan sebagai berikut 


1. Jenis pekerjaan Anda adalah pekerjaan yang tidak harus bertemu dengan banyak orang setiap harinya dan lebih mengharuskan Anda untuk berkomunikasi lewat email atau telepon.

Sumber gambar: lifehack.org

Sumber gambar: lifehack.org

2. Anda merasa Anda lebih produktif bekerja di malam hari, bukan di jam aktif bekerja biasanya sehingga sulit sekali bagi Anda untuk berkonsentrasi di tempat kerja.

Sumber gambar: freelancernews.co.uk

Sumber gambar: freelancernews.co.uk

3. Anda sulit bekerja dengan deadline yang ditentukan oleh orang lain karena sulitnya Anda berkonsentrasi di jam kerja di mana Anda merasa tidak produktif.

Sumber gambar: theatlantic.com

Sumber gambar: theatlantic.com

4. Anda sangat mencintai dan passionate terhadap bidang pekerjaan Anda

Anda hanya tidak suka harus berada di kantor dan dimonitori terus-menerus oleh atasan Anda. Anda butuh kebebasan dalam mengatur diri Anda sendiri sambil tetap mengerjakan hal yang Anda sukai sebagai gaya hidup Anda.

Sumber gambar: freelancewrite.about.com

Sumber gambar: freelancewrite.about.com

5. Anda merasa lebih termotivasi saat Anda bisa mengeksekusi semuanya seorang diri tanpa harus terlalu sering bekerja sama dalam tim.

Sumber gambar: creativedigest.co.uk

Sumber gambar: creativedigest.co.uk

6. Meski gaji yang diterima cenderung lebih tidak menentu, namun dengan kesadaran penuh Anda mengetahui bahwa pekerjaan Anda adalah pekerjaan yang memang Anda senangi dan Anda menjadi lebih strategis dalam memgatue keuangan Anda.

Sumber gambar: peerhustle.com

Sumber gambar: peerhustle.com

7. Anda menjadi lebih terorganisir karena Anda harus berkutat dengan beberapa proyek sekaligus.

Menjadi freelancer bukan berarti Anda bermalas-malasan dengan jam kerja Anda, namun dapat berarti Anda harus lebih bijaksana menggunakan waktu Anda yang biasanya juga meliputi waktu di akhir pekan. Bagaimana caranya Anda harus menyelesaikan semuanya tepat waktu sambil tetap memiliki waktu luang untuk bersantai? Anda harus menjadi lebih terorganisir.

Sumber gambar: goweloveit.info

Sumber gambar: goweloveit.info

8. Kreativitas yang tinggi dituntut untuk ada pada setiap freelancer.

Anda harus terus berpikir mengenai cara Anda dapat memperoleh proyek baru. Jika sebelumnya Anda berpikir bahwa menjadi seorang freelance membuat Anda terisolir karena tidak sering bertemu dengan orang lain, Anda salah besar. Karena Anda harus terus menangkap kesempatan yang ada dan terus mencari peluang kerjasama baru, Anda jadi mengumpulkan banyak database yang berisikan telepon perusahaan, alamat perusahaan, email perusahaan maupun alamat email individu yang dapat Anda ajak bekerjasama. Untuk menumbuhkan database Anda, mencari nomor telepon dan alamat perusahaan dapat Anda lakukan melalui situs macam qontak.com dan masih banyak lainnya.

Sumber gambar: wunderlustlanguages.com

Sumber gambar: wunderlustlanguages.com

Jika ternyata Anda lebih menemukan passion di pekerjaan sampingan Anda ini karena Andalah yang menentukan apakah Anda ingin mengambil suatu proyek atau tidak, Anda bisa mulai mengambil lebih banyak proyek dan mulai mempersiapkan surat pengunduran diri dari pekerjaan Anda yang tidak lagi membuat Anda bersemangat.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales