Mekari Qontak
Marketing

Cara Brand Melakukan Personalisasi terhadap Konsumer

Personal Experience

Dari berbagai pembahasan-pembahasan sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa tren di dunia marketing dan sales adalah menciptakan tren yang membuat konsumer mendapatkan perlakukan spesial dan personal. Tidak peduli kelompok generasinya, hampir semua orang menyukai perlakuan spesial yang membuat mereka merasa terkoneksi dengan brand Anda.

Untuk membangun koneksi dengan konsumer pada level di mana mereka merasa diperlakukan secara spesial, sebuah brand harus jeli melihat peluang dan membangun jembatan untuk menyeberang ke tempat konsumer berada. Artinya, sebuah brand haruslah mampu menjawab kebutuhan konsumer sambil tetap mengutamakan kenyamanan konsumer. Jika Anda bisa memecahkan hal ini dan mengaplikasikan serta menyampaikan pesan brand Anda, di sinilah Anda bisa menarik minta konsumer Anda dan menghasilkan deal dan koneksi yang nyata.

Konsumer di era serba digital ini sudah lebih terbuka dengan intervensi dunia online ke dalam inbox email mereka, semua itu karena mereka mengharapkan adanya personalisasi dan kemudahan dalam keputusan-keputusan transaksi yang akan mereka buat. Intervensi yang dimaksudkan di sini adalah adanya pertukaran data yang secara sukarela diberikan oleh konsumer dengan tujuan ingin mempersingkat proses pemilihan dan pembelian yang mereka lakukan sehari-hari, yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Kini, para marketer harus menemukan cara mempersingkat proses keterlibatan konsumer sehingga mereka tidak lagi merasa seolah tengah ditawari sesuatu dan lebih merasa tengah melakukan interaksi dengan penasehat personal yang memahami kebutuhan dan ekspektasi mereka terhadap penawaran dan pengalaman berbelanja. Hanya dengan mendengarkan, memahami, serta menghormati apapun itu tuntutan customer Anda sajalah produk dan brand Anda akan menjadi pilihan mereka. Bagaimana Anda mewujudkannya?

  1. Ingatlah untuk memperlakukan customer sebagai individu dengan kebutuhan yang berbeda-beda

Data merupakan aset terbaik Anda dalam hal ini. Untuk memahami berbagai perbedaan dan ekspektasi setiap customer Anda, tidak ada cara yang lebih baik selain menggali data yang sudah Anda miliki. Kemudian, ciptakan suatu kampanye, produk maupun aplikasi sebagai jawaban atas kebutuhan customer dengan sentuhan personal dan terasa dekat dengan customer serta menyuarakan brand Anda secara tepat.

Personal Experience

Sumber Gambar: adobe.com

  1. Temui customer di mana mereka berada dan pada titik apa mereka sedang butuh didengarkan

Kebutuhan dan ketertarikan seorang persona brand Anda tidak selalu sama dan bisa berubah-ubah. Itu mengapa baik bagi brand Anda untuk memiliki interaksi yang konsisten di mana mereka biasa berada dan berinteraksi satu sama lainnya. Jadilah pengamat, berkomunikasilah dengan customer Anda dengan konten-konten yang menarik serta aktivitas lainnya, dan adakanlah pembaharuan data secara reguler. Cara ini membantu Anda membangun relasi yang solid dengan customer Anda dan Anda menjadi solusi utama yang muncul sebagai pilihan pertama customer Anda.

Personal Experience

Sumber Gambar: techcrunch.com

Selain dua kunci utama yang telah disebutkan di atas, terdapat banyak sekali cara untuk membuat customer merasa diperlakukan spesial dari sekedar membuat newsletter personal. Kini, saat semuanya mungkin diwujudkan dan dunia ada di dalam smartphone masing-masing customer Anda, Anda hanya perlu menemukan caranya.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales