Mekari Qontak
Other Business

Hati-Hati, 5 Sifat Ini Dapat Merusak Kredibilitas Bisnis Anda

Selain skill negosiasi dan persuasi yang handal, Anda yang merupakan pelaku bisnis juga harus mulai mengasah skill emosional Anda dan cara Anda berhubungan dengan orang lain. Kemampuan inilah yang akan membentuk karakter Anda saat berhubungan dengan orang lain, atau yang lebih dikenal dengan people skill. Kemampuan inilah yang akan menentukan seperti apa pendapat orang-orang yang bekerja sama dengan Anda secara profesional, dan pada akhirnya, kesuksesan Anda melakukan networking demi kemajuan bisnis Anda.

Meski termasuk ke dalam soft skill, tidak menghindari lima sifat ini dalam relasi bisnis Anda dengan orang lain akan perlahan namun pasti mengorbankan masa depan bisnis Anda.

Mudah meluapkan dan tidak bisa mengontrol emosi

Siapa yang ingin banyak berurusan dengan orang yang mudah marah atau frustrasi? Saat kondisi yang Anda hadapi terasa menyulitkan, perhatikanlah emosi yang Anda luapkan dan cobalah melatih diri Anda untuk memiliki kepala dingin. Luapan emosi yang meledak-ledak dapat membuat rekan dan kolega Anda merasa terancam serta membuat Anda menjadi tidak produktif.

Sumber gambar: visualisable.rssing.com

Sumber gambar: visualisable.rssing.com

Sering bermasalah dalam membangun rasa percaya diri

Merasa tertantang kemudian menjadi rendah diri karena harus memotivasi diri sendiri untuk maju sering melumpuhkan rasa percaya diri. Jika perasaan Anda hanya berupa rasa gugup, maka Anda tidak apa-apa dan akan berlalu begitu saja. Tapi, jika hal ini membuat Anda merasa tidak lagi percaya akan diri Anda sendiri, maka segeralah cari tahu apa penyebabnya dan bereskan. Aplikasikan fake it ‘til you make it dalam hal ini, paksakan diri Anda untuk percaya akan diri Anda sendiri sampai Anda yakin benar, agar orang lain juga dapat mempercayai Anda.

Kemampuan berkomunikasi yang buruk

Dalam hal membangun networking, Anda membutuhkan kemampuan yang satu ini melebihi yang lainnya. Bisakah Anda mengekspresikan apa yang Anda pikirkan sampai orang lain paham atau bisakah Anda mendengarkan orang lain dengan seksama? Harus ada keseimbangan antara memberi dan menerima sebagai persyaratan kemamluan berkomunikasi yang baik jika Anda ingin bisnis Anda tetap berjalan dengan baik.

Sumber gambar: uk.askmen.com

Sumber gambar: uk.askmen.com

Sifat yang mudah menyerah

Jika Anda berada dalam situasi yang sulit dan membuat kewalahan sehubungan dengan bisnis Anda, lantas Anda sering menyerah begitu saja dan tidak sabaran, maka tidak ada tujuan yang Anda tetapkan dalam bisnis Anda akan tercapai. Tanpa adanya ketahanan menghadapi situasi atau masalah yang sulit dalam bisnis, Anda tidak akan bisa memimpin bisnis Anda dan memotivasi rekan kerja serta kolega Anda.

Tidak tahan dengan politik di seputaran dunia bisnis

Anda yang merasa diri Anda sebagai sosok yang idealis mungkin akan muak dengan fakta adanya ‘permainan’ dan saling sabotase dalam dunia bisnis. Namun kabar buruknya, hal ini akan selalu ada dan tidam dapat Anda hindari. Sikap Anda dan cara Anda berhubungan dengan orang lain tidak perlu berkompromi dengan permainan politik yang tidak sehat ini. Hadapi, atasi dan sebisa mungkin hindari hal ini dalam bisnis Anda agar bisnis Anda tetap bersih dan kredibilitas Anda tetap terjaga.

Pertahankan sikap-sikap positif serta perlakukan orang lain, baik itu yang baru Anda kenal, rekan kerja, kolega atau siapapun itu sebagaimana Anda ingin diperlakukan, yaitu dengan rasa hormat. Kredibilitas Anda di bisnis yang Anda jalankan akan berbicara dengan sendirinya.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales