Mekari Qontak
Marketing Other Business

Geomarketing: 4 Strategi untuk Membantu Bisnis Anda

Geomarketing

Apa Itu Geomarketing?

Geomarketing merupakan salah satu disiplin ilmu yang menggunakan lokasi atau geografis dalam proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan marketing atau pemasaran. Ini dapat digunakan dalam aspek marketing mix apa pun – produk, harga, promosi, atau tempat.

Tempat atau lokasi serta area tempat bisnis Anda berada merupakan salah satu bagian vital bagi penjualan dan strategi marketing bisnis Anda. Tempat menentukan juga budaya dan gaya hidup setempat yang mempengaruhi kecenderungan pembelanjaan yang dilakukan oleh seseorang. Letak geografis merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari para target audiens Anda.


4 Strategi Geomarketing untuk Membantu Bisnis Anda Dikunjungi Pelanggan

Kini, berbagai operator seluler sudah menambahkan fitur geo tagging untuk menarik berbagai bisnis agar memasang tagging yang kemudian akan dikirimkan ke berbagai pengguna seluler. Fitur tersebut menginformasikan mengenai apa saja promosi atau produk yang ditawarkan oleh bisnis yang bersangkutan. Cara ini tentu saja cukup efektif jika penggunaan seluler sedang berada di daerah tempat bisnis berada serta memang memiliki segmen market dan behavior yang sesuai dengan target market bisnis.

Operator seluler yang kaya akan database seperti ini dapat meraup keuntungan. Sales pun dapat ditingkatkan dengan cara ini, dan strategi marketing juga dapat disesuaikan dengan geomarketing seperti berikut:

  1. Susun strategi mendapatkan customer baru

Geomarketing memampukan operator seluler untuk melakukan pelacakan area-area yang kadang tidak terjangkau oleh usaha Anda dan media sosial untuk menargetkan area tersebut secara spesifik, membantu Anda mendapatkan prospek baru yang potensial. Data analitik dari geomarketing ini juga dapat menyediakan informasi mendetail untuk tahu apa masalah yang membuat bisnis Anda sepi sehubungan dengan area dan mengambil langkah perbaikan.

Geomarketing

  1. Fokuskan promosi untuk satu daerah lokal saja dan bisa membuatnya lebih tertarget

Melakukan penargetan market dalam wilayah yang terlampau luas dapat menjadi penyebab bisnis yang sepi. Hal itu bisa karena adanya kompetitor di area yang berdekatan dengan Anda. Penggunaan geomarketing membantu Anda menjadi lebih kreatif untuk fokus pada satu area. Anda pun dapat merancang promo yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat setempat dan relevan. Jadi, penjualan berlangsung lebih efektif dan benar-benar tertarget, juga menghemat budget marketing Anda.

  1. Tumbuhkan loyalitas customer dan penyebaran informasi yang lebih merata

Operator seluler yang membantu Anda melaksanakan geomarketing dapat melacak pertumbuhan pendapatan lewat data analitiknya. Selain itu juga memberitahu Anda mana wilayah yang merespon upsell dengan baik sehingga Anda dapat bergerak secara lebih terfokus. Geomarketing juga dapat membantu calon customer Anda mendapatkan informasi seperti di mana letak toko atau toko cabang yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan promo yang sama.

Geomarketing

  1. Hemat pengeluaran dengan melakukan geomarketing

Dengan mengalokasikan dana yang terbatas sesuai budget, paket untuk melakukan geomarketing sudah tersedia dengan biaya yang Anda keluarkan, membuat pengeluaran Anda tidak membengkak. Berapa kali SMS informasi dikirimkan serta meraih berapa banyak pengguna operator seluler yang berada dalam radius beberapa kilometer dari tempat usaha Anda sudah akan disesuaikan, menghemat tidak hanya biaya, namun juga waktu Anda.


Mana yang Sudah Anda Aplikasikan dalam Geomarketing Bisnis Anda?

Pelaksanaan geomarketing ini akan meliputi pelacakan area-area tempat tinggal pengguna operator seluler yang Anda pakai jasanya. Biasanya, area tempat tinggal ini dapat diketahui dari lokasi di mana mereka berkomunikasi via telepon selulernya di malam hari atau pada akhir pekan. Kemudian, operator seluler akan menentukan area mana yang akan dimonitor dan berapa populasi pengguna di area tersebut. Dengan begitu dapat mengarahkan populasi tersebut ke daerah bisnis Anda jika dekat dengan tempat tinggal kelompok pengguna seluler ini. Kecenderungan pembelanjaan mereka pun direkam dalam data analitik yang bisa diolah oleh bisnis Anda.

Terlepas dari teknik atau strategi geomarketing seperti apa yang Anda lakukan, lebih baik jika Anda bisa mengotomasi setiap strategi marketing Anda dengan bantuan sebuah software atau aplikasi marketing yang tepat. Marketing automation telah berkembang dan menjadi sangat populer dengan berbagai manfaatnya. Dengan mengotomasi kegiatan marketing, Anda dapat menghasilkan calon pelanggan, melakukan kampanye untuk menjaga pelanggan, dan juga melakukan marketing berbasis akun.

geomarketing

Pastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan sesuai dengan budget. Anda dapat memulai dengan metode CRM marketing. Aplikasi CRM Qontak.com dapat membantu Anda melakukan marketing automation melalui email campaigns.

[quote_colored name=”” icon_quote=”no”]Tertarik mencoba? Konsultasikan strategi marketing Anda kepada tim Qontak.com atau coba GRATIS aplikasi CRM Marketing sekarang juga![/quote_colored]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales