Mekari Qontak
Marketing Other Business

Efektifnya Blogging Bagi Sales Bisnis Anda

teamwork

Kebanyakan dari Anda mungkin berpikir bahwa sales lebih memerlukan skill berkomunikasi dengan orang lain untuk menyampaikan mengenai mengapa mereka harus membeli dari Anda dan tidak lebih dari itu. Padahal, jika Anda mau melihat dalam gambaran yang lebih luas, jelas banyak sekali medium komunikasi lain yang bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau calon customer Anda, salah satunya adalah dengan blogging.

Blogging merupakan aktivitas menuliskan jurnal online yang dapat dimanfaatkan sebagai promosi dalam bentuk konten yang menarik sehingga dapat mendatangkan trafik, yang sama dengan calon customer yang potensial. Bagaimana blogging bisa memberikan banyak manfaat bagi para salesperson? Awalilah dengan keinginan untuk memberikan informasi bermanfaat bagi masyarakat dunia maya, khususnya mereka yang relevan dengan bisnis Anda dan termasuk ke dalam kategori target market Anda serta konsistensi untuk melakukannya.Kemudian, karena alasan-alasan inilah Anda sebaiknya mulai melakukan blogging sebagai pelaku di bidang sales.

  1. Untuk mendapatkan trafik website

Trafik yang datang ke blog Anda akan terukur, tidak seperti ketika Anda memasang iklan atau melakukan tampilan di radio maupun televisi. Anda harus bersabar dalam mengundang trafik ke dalam blog mengenai bisnis Anda dengan terus memproduksi konten berkualitas yang memang dicari oleh calon customer Anda dan memanfaatkan Google Adwords.

  1. Menjalin kontak dengan customer secara konsisten

Melakukan aktivitas blogging secara teratur dapat membantu Anda terus terkoneksi dengan para calon customer atau orang-orang yang sudah melakukan subscribe di blog bisnis Anda. Dengan memiliki database followers blog, Anda dapat memastikan mereka yang menerima informasi dari Anda memang benar-benar orang yang membutuhkan informasi mengenai brand Anda, mau menerima update, dan siap membeli saat mereka sudah benar-benar siap. Pastikan konten yang Anda update di blog dan informasikan kepada mereka yang melakukan subscribe memang adalah konten yang bermanfaat bagi mereka dan edukatif.

sales-strategy-300x150

  1. Pertajam kontennya

Jarang sekali konten blog yang diupdate secara reguler dapat memiliki informasi yang senantiasa bermanfaat dan mengikuti perkembangan terkini. Untuk dapat melakukannya, Anda perlu mempertajam konten. Lakukan dengan selalu berusaha mengikuti tren berita yang terkait dengan produk atau bisnis Anda dan jadikan itu sebuah konten yang menarik. Dengan sering latihan membaca berita terkini dan menuliskannya, Anda sudah mempertajam konten sekaligus kemampuan menulis dan pengetahuan Anda soal bisnis Anda.

  1. Buatlah branding di mana Anda dan blog mengenai bisnis Anda adalah ahlinya

Dengan memilih niche market yang benar-benar fokus dan membangun konten blog Anda di sekitar niche tersebut saja, Anda lama-kelamaan akan mengundang kredibilitas sebagai ahli di bidang yang Anda diskusikan dalam blog tersebut. Akhirnya, sebagai sales pun, Anda akan memiliki reliabllitas yang tinggi untuk dipercaya dan bahkan memiliki tribes atau pengikut setia yang pasti selalu menggunakan produk Anda.

ecs enterprise collaboration system

ecs enterprise collaboration system team work online

  1. Karena blogging adalah hal yang menyenangkan

Kebosanan memang dapat menghampiri Anda, namun pada dasarnya, blogging secara lebih konsisten dengan ragam topik menarik dapat menjadi hal yang menyenangkan. Melihat buah pemikiran Anda dibaca oleh orang lain yang menemukannya dapat memberikan Anda keistimewaan perasaan bangga dan memuaskan. Anda pun akan menjadi semakin semangat memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

Mulailah blogging sekarang juga!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales