Mekari Qontak
Marketing Other Business

Cara Meningkatkan Jumlah Click-Through di Facebook

Click Through

Popularitas sebuah halaman Facebook berbanding lurus dengan meningkatnya penjualan sebuah brand. Setidaknya begitulah pemahaman dunia marketing dan sales digital saat ini. Meski terkadang Anda merasa yang penting bukanlah berapa total likes yang diperoleh oleh halaman Facebook Anda, namun memang itulah cara untuk memperluas market Anda dan membuat brand Anda lebih relevan secara lebih cepat dan efektif.

Karena adanya persepsi yang demikian, seringkali para sales digital yang juga bertugas melakuan update di media sosial merasa sudah cukup berhasil dengan jumlah likes yang banyak dan terus bertambah. Padahal, peningkatan popularitas Facebook page Anda membutuhkan lebih dari sekedar jumlah likes yang banyak. Anda perlu mengarahkan pengunjung halaman Facebook Anda ke link yang akan membuat mereka masuk ke situs resmi brand Anda atau meningkatkan aktivitas click through. Begitulah cara berjualan secara digital yang benar-benar menguntungkan, baik dalam hal meningkatkan penjualan via halaman Facebook, maupun via website Anda.

Halaman Facebook dapat membuat siapa saja terkoneksi, dan semakin baik Anda mengeksekusi postingan di Facebook Anda sehingga menarik orang yang melihatnya untuk masuk dan membaca konten atau melihat produk di situs Anda, semakin baik hasil penjualannya. Berikut ini cara membuat click-through atau link yang terhubung ke situs Anda semakin banyak diklik.

  1. Gunakan analytics yang tersedia

Analytics berarti pengolahan dan pemanfaatan data yang sudah tersedia untuk mengukur mana cara Anda yang berhasil dan mana yang tidak. Perhatikan data analytics yang diperlihatkan olah laman Facebook Anda untuk melihat postingan dengan gaya seperti apa yang pernah populer di halaman Facebook Anda, dan coba kreasikan kembali postingan tersebut dengan elemen-elemen pendukung yang kurang lebih sama. Jangan terlalu idealis dan tidak mau mengulang postingan yang sama. Eksperimen memang baik, tapi konversi harus jadi yang lebih utama.

  1. Buatlah kontes lewat halaman Facebook

Dalam menjalankan kontes, jangan berpatokan pada berapa banyak jumlah klik yang Anda dapatkan. Lakukan targeting pada link agar orang-orang yang mengklik benar-benar bisa berinteraksi dengan Anda, dan sebagai balasannya, Anda akan mendapatkan data berharga dari prospek yang mungkin jadi customer Anda. Jadikan postingan di Facebook sebagai sejenis sneak peek saja, persingkat kata-katanya dan buat orang yang membacanya penasaran untuk melakukan klik. Tempatkan postingan kontes tersebut di urutan pertama agar siapa saja yang masuk ke halaman Facebook Anda akan langsung menemukannya.

Click Through

Sumber gambar: business2community.com

  1. Gunakan gambar yang sesuai dan menarik

Anda tidak bisa hanya melakukan copy paste links dalam suatu postingan dan membiarkan link tersebut bekerja dengan sendirinya. Masukkan gambar yang juga mengandung call-to-action atau kata-kata yang ketika dibaca akan mendorong orang untuk bersedia melakukan klik. Jangan hanya mengupload gambar yang  bagus saja, pastikan gambar Anda juga mengandung kalimat call-to-action yang penting tersebut. Anda dapat juga menggunakan video serta menambahkan call-to-action yang membantu orang yang mengklik untuk menemukan di mana mereka bisa membeli produk tersebut serta cara-caranya. Masukkan kata-kata yang langsung dapat dimengerti oleh  target audiens Anda untuk mempersingkat waktu pengambilan keputusan mereka. Lakukan A/B testing untuk melihat manakah postingan yang paling mendapatkan hasil.

Click Through

Sumber gambar: business2community.com

  1. Ingat selalu: interaksi, interaksi dan interaksi

Interaksi adalah nyawa sebuah brand di dunia digital marketing. Tanpanya, tidak akan ada koneksi antara sebuah brand dengan calon customer dan fans yang sudah mengklik like pada halaman Facebook brand yang bersangkutan. Buat percakapan dan pancing orang untuk berkomentar, dan berikan respon agar mereka tahu bahwa mereka penting bagi brand Anda. Bangunlah percakapan nyata yang bisa menjadi sumber inspirasi marketing atau perbaikan customer service brand Anda ke depannya. Dengan adanya interaksi, para fans yang sudah mengikuti halaman Facebook Anda juga tidak akan merasa rugi untuk melakukan klik dan membeli.

Selain empat trik di atas, sering memposkan opini pribadi dan meminta pendapat dari orang yang mengikuti atau menggunakan brand yang Anda pasarkan adalah cara terbaik untuk menambah likes ke halaman Anda secara organik dan membuat orang yang sepaham dengan Anda mendukung brand Anda. Pertimbangkan berbagai pertanyaan yang pasti langsung mendapatkan respon ‘ya’ (yes mindset) berupa klik ke link yang mengakhiri pertanyaan tersebut.

Perluas pandangan Anda mengenai brand Anda dan carilah berbagai kesempatan untuk menambah interaksi lewat berbagai eksperimen dan ulangilah yang berhasil.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales