Daftar isi
6 min read

Chat Management System: 5 Pilihan Terbaik

Tayang 16 September 2021
Diperbarui 26 Desember 2023
5 Pilihan Chat Management System Terbaik
Chat Management System: 5 Pilihan Terbaik

Chat management system sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis dewasa ini. Bagaimana tidak, saat ini terdapat begitu banyak pilihan saluran atau channel komunikasi yang kebanyakan memang perlu untuk digunakan dalam sebuah bisnis.

Menggunakan channel-channel tersebut tanpa sebuah sistem akan merepotkan dan tidak efektif. Untuk itulah diperlukan sebuah chat management system yang baik yang dapat mengatur semua channel komunikasi yang dibutuhkan.


Apa Definisi Chat Management System?

Chat Management System merupakan sistem yang mengatur dan menggabungkan banyak saluran komunikasi (juga saluran penjualan) yang digunakan pada sebuah bisnis kedalam satu bentuk antarmuka. Chat management software ini sering disebut sebagai Omnichannel yang bertujuan untuk memberikan pengalaman pelanggan tanpa batas karena dirancang untuk dapat mengintegrasikan banyak aplikasi atau saluran pada satu panel atau platform.

Chat system Omnichannel mendukung semua aktivitas bisnis dalam menargetkan, memperoleh, mempertahankan dan memahami pelanggan. Secara keseluruhan aktivitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience). Chat management system juga memudahkan Anda untuk menerapkan strategi baru, melakukan integrasi dengan teknologi terbaru, serta pengembangan lainnya sesuai kebutuhan bisnis Anda.


Apa Manfaat Menggunakan Chat Management System pada Sebuah Bisnis?

Chat management software sangat direkomendasikan untuk digunakan karena memiliki sejumlah manfaat positif yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari chat management system untuk sebuah bisnis:

– Tingkat Retensi Menjadi Lebih Baik

Bisnis yang memiliki chat system yang baik dapat memperoleh peningkatan retensi pelanggan. Hal itu terjadi karena pelanggan dapat menghubungi tim bisnis Anda melalui aplikasi yang mana saja yang mereka sukai. Semakin banyak saluran komunikasi yang Anda gunakan, peluang untuk meraih pelanggan menjadi semakin besar.

Omset Meningkat

Dengan menjangkau lebih banyak prospek, maka peluang untuk memperoleh pelanggan terjadinya kesepakatan akan meningkat. Peningkatan tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan omset pada bisnis Anda.

– Chat Management System Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan dapat meningkat karena chat management software dapat mengintegrasikan semua saluran komunikasi pada satu platform sehingga memudahkan tim customer support untuk merespon pelanggan.

– Meningkatkan Jumlah Referensi dan Rekomendasi

Semakin banyak pelanggan yang puas, maka akan semakin banyak pula pelanggan yang mereferensikan atau merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain. Hal ini dapat menjadi sarana promosi gratis untuk bisnis Anda.

– Efisiensi Meningkat

Database yang komprehensif dan terpusat kepada pelanggan dapat selalu diakses melalui saluran apa pun menggunakan chat management system. Dengan sistem ini, efisiensi pada bisnis Anda meningkat seiring waktu.

– Mengumpulkan Data Pelanggan dengan Lebih Baik

Anda dapat memantau pelanggan di semua saluran yang digunakannya, sehingga Anda akan mampu memahami mereka dengan lebih baik. Anda juga dapat mengetahui preferensi mereka, seperti: produk apa yang telah mereka lihat, penawaran apa yang telah mereka klik, dan lain sebagainya.

– Menghubungkan Pengalaman Belanja Offline dan Online

Saat ini banyak bisnis offline yang mulai merambah ke dunia online karena perkembangan teknologi serta tingginya permintaan produk dan jasa di dunia online. Dengan menggunakan chat system yang baik, Anda akan dapat menggabungkan pengalaman belanja pelanggan Anda pada bisnis online dan offline Anda.


Fitur Apa yang Wajib Ada pada Sebuah Aplikasi Chat Management System yang Baik?

Sebuah aplikasi atau sistem yang baik harus memiliki beberapa fitur penting didalamnya, sama halnya dengan chat management system. Beberapa fitur tersebut adalah sebagai berikut:

  • Chatbot AI: Memanfaatkan Otomasi & Kecerdasan Buatan (AI)
  • Dashboard Multiple Channel: Membangun Analisis yang Kuat untuk Meningkatkan Produktivitas
  • Agent Routing: Menugaskan Percakapan dengan Mudah ke Tim Anda
  • Auto Save History (Database): Penyimpanan Database secara Otomatis
  • Message Report: Laporan tentang Bisnis secara Akurat dan Real-time
  • Agent Performance Report: Laporan tentang Kinerja Tim Bisnis yang Terkait

5 Pilihan Chat Management System Terbaik untuk Bisnis

1. Mekari Qontak

Logo Mekari Qontak

Mekari Qontak adalah salah satu chat management software di Indonesia yang mendorong pertumbuhan bisnis serta meningkatkan pelayanan pelanggan. Chat management system ini memudahkan Anda untuk mengukur produktivitas, menyelesaikan percakapan, meningkatkan  produktivitas, mempercepat closing deal dan banyak lagi.

Harga berlangganan Mekari Qontak bisa cek disini

Fitur:

    • WhatsApp & Chat integration: Menghubungkan chat atau media sosial dengan memanfaatkan saluran WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Telepon, Email, dan lainnya dalam platform terpadu.
    • Call center integration: Memungkinkan melakukan percakapan call center dengan pelanggan.
    • Chatbot: Memanfaatkan Otomasi & Kecerdasan Buatan (AI)
    • Dashboard Multiple Channel: Membangun Analisis yang Kuat untuk Meningkatkan Produktivitas
    • Agent Routing: Menugaskan Percakapan dengan Mudah ke Tim Anda
    • Auto Save History (Database): Penyimpanan Database secara Otomatis
    • Message Report: Laporan tentang Bisnis secara Akurat dan Real-time
    • Agent Performance Report: Laporan tentang Kinerja Tim Bisnis yang Terkait

2. TalkDesk

Chat Management System TalkDesk

TalkDesk menyediakan chat system yang terintegrasi dengan SMS, live chat, email, social massaging dan lainnya. Layaknya Omnichannel software pada umumnya, Talkdesk dapat memudahkan Anda untuk berpindah dari satu saluran ke saluran lainnya saat berinteraksi. Dengan begitu, Anda memiliki akses cepat ke informasi profil pelanggan, sehingga Anda bisa memastikan pelanggan mendapat pengalaman yang responsif dan dipersonalisasi. Talkdesk juga didukung oleh Chatbot yang otomatis merespon pelanggan kurang dari satu menit.

Harga: mulai dari $65/bulan untuk setiap pengguna.

Fitur:

  • Laporan Analitik: Memungkinkan melihat kinerja agen.
  • Routing Agent: Meneruskan pesan atau panggilan dari pelanggan ke agen yang tersedia secara adil.
  • Integrasi: Menghubungkan dengan sistem live chat.

3. NetSuite

Chat Management System NetSuite

NetSuite merupakan chat management software berbasis cloud yang dapat digunakan untuk mobile. Chat system ini juga menjadi sistem commerce yang dapat beradaptasi dengan mudah karena memiliki AI (Artificial Intelligence). Chat management system ini dapat dengan mudah mengakses laporan, indikator performa dan menganalisa data vital bisnis.

Harga: Lisensi dasar seharga $999/bulan dengan biaya akses $99/bulan untuk setiap pengguna pengguna.

Fitur:

  • Cloud Suitecommerce: Memberikan pengalaman menarik kepada pelanggan di semua perangkat dengan rangkaian solusi e-commerce.
  • Suitecommerce Instore: Memberikan  solusi yang menyatukan pengalaman belanja fisik dan digital dalam satu platform perdagangan berbasis cloud.
  • Content Management: Mengintegrasikan data produk di semua sistem dan proses.

4. FreshDesk

Chat Management System FreshDesk

Freshdesk menawarkan platform terpusat yang akan melayani semua kebutuhan chat management system pada bisnis Anda. Chat system  ini menyederhanakan percakapan pelanggan melalui email, chat dan panggilan. Freshdesk didukung kecerdasan buatan (Al) yang memungkinkan penggunanya untuk memberikan respon cepat kepada pelanggan di berbagai channel.  Selain itu, Anda akan mendapatkan semua informasi tentang customer journey dari berbagai channel dalam satu platform.

Harga: mulai dari $18/bulan untuk setiap pengguna.

Fitur:

  • Collaboration: Memudahkan sesama karyawan untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah pelanggan.
  • Automations: Mengotomatiskan sistem sehingga bisnis dapat memberikan pelayanan optimal.
  • Reporting & Analytics: Memberikan laporan analitik mengenai aktivitas pelanggan dan karyawan pada dashboard interaktif.

5. Kustomer

Kustomer

Kustomer merupakan chat management software terakhir yang kami rekomendasikan untuk Anda. Lewat chat system ini Anda dapat menetapkan berbagai pengaturan untuk memberikan pelayanan komunikasi yang optimal bagi pelanggan Anda. Anda memiliki kendali atas pengaturan dan fungsionalitas obrolan untuk setiap tim. Cukup pilih waktu, lokasi, dan cara yang tepat bagi tim Anda untuk tetap terhubung dengan pelanggan melalui aplikasi obrolan pilihan Anda.

Harga: mulai dari $89/bulan untuk setiap pengguna

Fitur:

  • Email, Chat, SMS, Social, WhatsApp, Self-service
  • Voice Provider Integration
  • Proactive Service & Actionable Integrations
  • Standard and Custom Reporting
  • Satisfaction Measurement and Reporting

Dapatkan Chat Management System Terbaik untuk Bisnis Anda Disini!

Chat management system atau yang biasanya dikenal sebagai Omnichannel dapat diperoleh dengan mudah hanya di Qontak.com. Chat management system tersebut terdapat pada aplikasi CRM yang Qontak.com tawarkan.

Sistem CRM yang berbasis Omnichannel dapat merampingkan proses bisnis serta meningkatkan keefektifan call center; media sosial seperti Facebook Messenger dan Instagram; aplikasi obrolan seperti WhatsApp,  dan Line; serta saluran bisnis lainnya seperti telepon dan email; semuanya dalam satu platform terpadu.

 

Kategori : BisnisOmnichannel
WhatsApp WhatsApp Sales