Mekari Qontak
Marketing Other Business

Memanfaatkan Facebook Instant Articles untuk Strategi Marketing

Online Brand Reputation

Baru saja tahun 2016 dimulai, dan Facebook sudah ‘menendang’ dengan inovasi demi inovasi dalam bentuk penambahan fitur-fitur baru yang bertujuan meningkatkan interaksi para penggunan Facebook dan brand page seperti yang dimiliki bisnis Anda. Salah satu inovasi yang langsung menjadi populer dan baru diluncurkan bulan lalu adalah Facebook Reaction, namun sedikit lebih awal dari itu, Facebook sudah lebih dahulu memperkenalkan Facebook Instant Articles.

Facebook Instant Articles merupakan fitur Facebook baru yang memungkinkan apra content creator untuk langsung melakukan publishing atau menerbitkan tulisan atau konten pada platform Facebook. Hal ini tentunya mengubah banyak hal mengenai konten marketing, sekaligus strategi yang Anda gunakan dalam melakukan inbound marketing. Platform yang Anda sediakan sendiri sebagai tempat Anda melakukan publishing pun harus beradaptasi demi mempertahankan social media presence serta image brand Anda sebagai brand yang mudah diakses dan interaktif.

Untuk bisa memaksimalkan fitur terbaru Facebook ini, cobalah melihat keunggulan-keunggulan dari mempostingkan artikel instan di Facebook berikut ini.

  1. Cepat loading

Dibandingkan dengan melakukan copy paste link dari postingan orisinil Anda di situs brand Anda sendiri, fitur terbaru ini memungkinkan loading yang lebih cepat untuk artikel Anda. Lebih cepat diterbitkan, akan lebih cepat artikel Anda ini diakses, dan mempermudah Anda menjangkau audiens Anda yang dengan mudah membuka artikel Anda. Fitur ini layak sekali untuk dicoba karena Anda bisa memberikan versi pendek dari artikel panjang Anda dan menghadirkan versi yang jauh lebih hemat waktu bagi audiens Anda untuk membaca dan melakukan share.

  1. Interaktivitas tinggi

Interaktivitas tinggi dari fitur terbaru Facebook ini memungkinkan tidak hanya loading yang lebih cepat, namun juga ruang untuk interaksi pembaca dan penikmat serta fans page Anda dengan artikel atau konten yang Anda postingkan. Postingan berkualitas dapat Anda poskan dengan cepat dan bisa Anda strategikan agar menarik interaksi para pembacanya sekaligus sesuai dengan brand Anda dan pesan yang ingin disampaikan. Fitur ini juga tergolong sederhana hingga ramah pengguna.

Sumber gambar: theatlantic.com

  1. Mudah diakses

Hampir serupa dengan loading yang lebih cepat, akses yang mudah dilakukan ke konten dapat terjadi dengan Facebook Instant Articles meski terdapat foto berkualitas tinggi dan video dengan ukuran yang besar sekalipun. Bagi Anda yang melakukan posting, artikel instan ini juga mudah diakses karena Anda dapat menerbitkan artikel atau konten lewat desktop, iPhone maupun smartphone Android.

  1. Dapat menjual ads di dalam artikel

Artikel yang Anda terbitkan ini dapat langsung berperan sebagai iklan juga dengan memasang target audiens yang ingin konten tersebut jangkau. Hal ini memakai prinsip Facebook Ads yang biasanya Anda gunakan untuk menjangkau audiens ke page atau ke konten yang Anda posting sebagai status page. Namun, fitur terbaru ini mengombinasikan postingan konten di page Anda serta Facebook Ads menjadi satu fitur yang lebih tertarget dan menghemat waktu serta tenaga dan pikiran Anda.

Sumber gambar: urad.com.tw

Memanfaatkan Facebook Instant Article ini akan sangat bermanfaat bagi usaha content marketing Anda dan memperbaiki digital marketing yang Anda lakukan bagi bisnis kecil, menengah maupun besar sekalipun. Lakukan sekarang untuk menjadi early adapter bagi brand Anda dan meraih lebih banyak audiens.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales