Mekari Qontak
Other Business Sales

Cara Menjual Ide Anda untuk Mendatangkan Keuntungan

Pitching Ideas

Menjual benda fisik atau produk serta jasa yang nyata dan dapat disentuh serta kasat mata adalah hal yang jauh lebih mudah bagi Anda para pemilik profesi sales. Namun, bagaimana jika yang harus Anda jual adalah sebuah ide? Pada dasarnya, meyakinkan seseorang akan sebuah ide sehingga membuat mereka mau melakukan deal hanya membutuhkan waktu kurang dari tiga menit mengingat tidak adanya produk fisik yang bisa dipresentasikan langsung. Tiga menit pertama adalah waktu yang krusial untuk membuat orang yakin akan ide yang Anda tawarkan.

Untuk memanfaatkan tiga menit pertama saat sedang menjual sebuah ide secara maksimal, berikut ini hal-hal yang harus Anda lakukan.

  1. Jelaskan mengenai kesempatan yang bisa diperoleh jika menyetujui ide yang Anda jual

Jelaskan mengapa Anda peduli dengan ide tersebut dan bagaimana ide tersebut dapat meyakinkan customer untuk melakukan pembelian. Jawablah pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan ide tersebut seperti:

  • Apa saja permasalahan atau kesempatan yang dijawab dengan adanya ide ini?
  • Apa solusi Anda terhadap masalah yang ada dan bagaimana cara ide tersebut bisa menangkap kesempatan?
  • Kesulitan customer yang mana yang akan teratasi?
  • Apa visi dari ide tersebut dan mengapa ide tersebut penting?

Sumber gambar: laptoplounge.biz

  1. Jelaskan mengenai kondisi pasar dari ide yang Anda tawarkan ini

Langkah berikutnya setelah selesai meyakinkan bahwa ada pangsa serta kesempatan untuk menjalankan ide untuk menuai keuntungan adalah membuat kasus yang meyakinkan bahwa pertaruhan ide ini layak dicoba. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut untuk membantu pitching ide yang Anda lakukan:

  • Kelompok customer yang mana yang akan Anda targetkan?
  • Seberapa besarnya potensi pasar dari ide ini dan seberapa cepat kemungkinan pertumbuhan marketnya?
  • Siapa saja kompetitor dari ide ini dan apa yang membuat ide ini berbeda dari pesaingnya?

Sumber gambar: culttt.com

  1. Jelaskan mengenai model bisnis dari ide yang Anda tawarkan tersebut

Jelaskan bagaimana cara ide Anda tersebut dapat mencetak profit nyata. Berarti, Anda harus menjelaskan secara detail cara Anda menciptakan peluang penjualan serta berapa banyak biaya yang akan diperlukan dalam menjalankan promosi dari ide tersebut. Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya dapat membantu penjelasan Anda di tahap ini:

  • Berapa harga yang akan dikenakan ke para customer untuk ide Anda dan apa yang membuat mereka mau mengeluarkan uang untuk ide Anda ini?
  • Apa saja variabel dan dana yang dibutuhkan sebagai modal awal untuk ide ini dan seberapa banyak keuntungan yang dapat diperoleh?
  • Berapa banyak customer yang dapat Anda kumpulkan seiring dengan berjalannya waktu dan apa alasan mereka mau sepaham dengan ide Anda ini?

Dengan melakukan tiga cara tersebut, Anda akan menghemat banyak waktu Anda dan prospek atau investor yang Anda tawari ide tersebut. Latihlah presentasi tiga menit Anda ini untuk membuatnya semakin meyakinkan di depan orang-orang dan mintalah komentar mereka untuk tahu apakah orang yang Anda tawarkan ide di dunia nyata juga akan tertarik nantinya.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales