Mekari Qontak
Other Business

10 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

Pahami Cara Menjadi Pemimpin yang Baik Agar Tim Bekerja dengan Senang dan Maksimal

Kesuksesan setiap bisnis atau pekerjaan tidak lepas dari kerja tim yang baik dan kuat, dengan saling membantu menyelesaikan masalah, dari mulai pekerjaan, finansial sampai ke target tim, disini pentingnya seorang leader atau pemimpin, dimana seorang leader tidak lah harus pemilik perusahaan. Namun masih banyak orang yang bingung dalam cara menjadi pemimpin yang baik karena tidak berpengalaman dalam memimpin tim. Berikut ini adalah 10 cara menjadi pemimpin yang lebih baik.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

10 Cara Menjadi Pemimpin yang Lebih Baik

Berikut beberapa kebiasaan yang pasti ada di tiap leader yang pastinya Anda juga harus memiliki hal ini jika Anda yakin dan mampu menjadi seorang leader :

1. Mempertahankan Visi dan Misi

Cara menjadi pemimpin yang baik

Setiap pemilik bisnis pasti mempunyai visi dan misi, tapi apakah tim mereka memiliki pandangan yang sama? diperlukan  seseorang yang dapat menjaga visi dan misi ini kesemua anggota tim juga terus menjalankan agar bisnis tetap terjaga.

2. Membangun Aura Positif Tim

Memberikan semangat kepada tim mengenai apa yang mereka kerjakan, goal dan tujuan perusahaan, pengembangan diri baik personal maupun profesional akan sangat berharga bagi tim dan bisnis.

Contoh dari hal ini : berikan pujian untuk hal kecil yang mereka lakukan, bahkan seorang pesuruh pun akan merasa berharga apabila kita perlakukan secara adil, ajak seluruh anggota tim beraktifitas jangan membeda bedakan, asal tetap dalam aturan yang berlaku.

3. Berikan Contoh

Berikan contoh

Seorang leader akan selalu memberikan contoh pada hal yang dia kerjakan atau minta Anda kerjakan, mereka pasti pernah melalui tahapan dimana mereka juga mengerjakan hal yang Anda kerjakan sekarang, akan terlihat aneh apabila seorang leader memberikan perintah pekerjaan yang dia tidak tahu seperti apa bentuk pekerjaannya.

4. Tahan Banting

Tahan banting

Alasan seorang leader dipilih pasti tidak luput dari ketahan baik mental maupun fisik didalam melakukan tugasnya, tetap percaya pada visi dan misi bisnis biasanya akan membuat seseorang memiliki daya tahan terhadap tekanan yang menghasilkan kompetensi baik skill dan kemampuan yang berharga. Jika Anda tidak bisa bertahan lebih baik pergi dan lupakan untuk menjadi seorang leader.

5. Mendelegasikan Tugas

Cara menjadi pemimpin yang baik

Seperti apapun dan sekuat apapun leader, tetap lah memiliki keterbatasan, dimana tidak semua pekerjaan bisa mereka kerjakan, untuk itulah delegasi pekerjaan menjadi hal yang penting, seorang leader yang baik tahu dan paham dengan keadaan timnya dan mengerti siapa yang terbaik untuk mengerjakan suatu pekerjaan.

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah, leader one man show , dimana semua pekerjaan mau diambil dan di kerjakan sendiri dan semua pujian mengalir, satu waktu mungkin berhasil, tapi sampai dimana ketahanan dan kemampuan Anda?

6. Bertanya kepada Tim

Bertanya pada tim

Bila Anda baru menjadi pemimpin tim, mungkin banyak hal yang belum diketahui. Jangan ragu untuk bertanya kepada tim Anda mengenai regulasi dan kebiasaan yang mereka jalani. Fungsinya adalah utuk mempelajari gaya kerja mereka sehingga tidak terjadi shock dalam diri Anda.

Sesuaikan gaya pimpinan Anda dengan gaya kerja mereka, lakukan perubahan terhadap hal yang masih kurang. Lakukan juga evaluasi dengan bertanya kepada tim mengenai cara kerja yang efektif.

7. Berkomunikasi dengan Jelas

Pemimpin harus memiliki target yang terukur. Komunikasi kepada tim juga harus dilakukan dengan jelas agar tim dapat mengerti. Bila Anda berkomunikasi secara inkonsisten dan tidak jelas, tim akan kebingungan yang berujung pada kegagalan proyek. Latihlah kemampuan komunikasi Anda dengan membuat struktur pesan yang akan disampaikan.

8. Mendengarkan Keluhan dan Saran dari Tim

Pemimpin yang baik akan mendengarkan keluhan dan saran dari timnya. Hal ini dapat membantu membuat tim bekerja dengan lebih nyaman karena merasa didengarkan. Menerima saran juga akan membawa tim kearah yang lebih baik.

Banyak pemimpin keras kepala yang mengakibatkan tim tidak menyukainya. Alhasil proyek yang dijalani mengalami kemunduran, tim juga akan mengalami stress berat. Keluhan dan saran dari tim akan membuat mereka merasa didengarkan, pastikan tampung masukan dari mereka.

9. Akui Kesalahan

Cara menjadi pemimpin Akui kesalahan

Bila Anda melakukan kesalahan, janan pernah ragu untuk meminta maaf. Meminta maaf menunjukan kerendahan hati seorang pemimpin yang membuat tim semakin menerima Anda. Maklum, semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan hal itu normal terjadi. Akui kesalahan Anda, minta maaf kepada tim dan belajar dari kesalahan tersebut.

10. Memberikan Rewards and PunishmentMemberikan Rewards and punishment

Pemimpin harus memantu performa tim untuk evaluasi. Berikan reward atau hadiah kepada anggota yang bekerja sesuai bahkan melebihi target, berikan hadiah seperti alat-alat, bonus atau hal lainnya yang membuat mereka senang. Hal ini akan memotivasi tim untuk bekerja dengan lebih baik.

Namun berikan juga hukuman atau teguran pada karyawan yang tidak memenuhi target. Tanyakan kepada mereka apa masalah yang dihadapi dan bantu carikan solusinya. Bila tim Anda malas-malasan, berikan hukuman yang setimpal. Namun pastikan hukuman tersebut manusiawi dan tidak melanggar hak dan kewajiban karyawan.

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dengan Lebih Efektif Menggunakan Qontak

Aplikasi CRM Qontak

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Ditengah era yang makin digital dan online, pemantauan terhadap performa tim akan lebih sulit bila dilakukan secara manual. Menggunakan aplikasi Omnichannel CRM Qontak, Anda dapat memantau kinerja tim secara otomatis lewat dashboard analytics. Anda juga dapat mendelegasikan tugas dengan lebih mudah dan teratur, semua hanya dalam satu aplikasi saja.

Qontak.com menawarkan implementasi gratis, pengaturan gratis, dan uji coba gratis selama 14 hari tanpa risiko apa pun. Klik disini untuk mencoba penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales