Mekari Qontak
Other Business Sales

6 Cara Meningkatkan Penjualan Sales dengan CRM

Penjualan Musim Liburan

Cara Meningkatkan Penjualan Sales dengan CRM, Salah Satu Metode Wajib Dicoba!

Cara meningkatkan penjualan sales bagi seorang salesperson dan marketer, adalah hal yang wajib dilakukan, apalagi di musim liburan bisa menjadi musim yang paling ‘subur’ dan menghasilkan. Namun, beruntung tidaknya cara seorang marketer meningkatkan penjualan sales akan bergantung pada berbagai strategi marketing dan promosi yang sesuai dengan perayaan yang tengah berlangsung. Adapun salah satu cara meningkatkan penjualan sales adalah dengan CRM.

Marketing CRM = Salah Satu Cara Meningkatkan Sales?

CRM atau customer relationship management adalah sistem bisnis yang dirancang untuk mengelola interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan Anda. Tujuannya adalah untuk membantu bisnis Anda dalam mengembangkan hubungan yang dapat bertahan lebih lama dengan para pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Metode CRM Marketing adalah istilah yang mengacu pada strategi dan taktik, serta teknologi yang mendukung pelaksanaan marketing, yang berguna untuk mengelola hubungan dengan pelanggan mereka di sepanjang siklus hidup pelanggan. Tujuan CRM marketing adalah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan hubungan pelanggan, mendorong loyalitas pelanggan, retensi, meningkatkan pendapatan, penjualan sales, dan nilai umur pelanggan. Tentunya untuk mengimplementasikan CRM marketing, Anda tidak perlu repot karena sekarang sudah ada program sales marketing, yaitu software sales dan marketing yang sudah terintegrasi.

6 Cara Meningkatkan Penjualan Sales dengan CRM

1. Tawarkan diskon spesial tepat sasaran dengan segmentasi pelanggan

Salah satu cara meningkatkan penjualan sales dengan CRM adalah dengan melakukan segmentasi pelanggan lalu menawarkan diskon spesial untuk mereka. Dengan program sales untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa melakukan segmentasi pelanggan dengan menggunakan aplikasi CRM. Segmentasi disini artinya adalah berikan diskon kepada pelanggan yang sudah pernah membeli di tempat Anda. Aplikasi CRM akan membantu Anda mengingat dan menyimpan data customer journey setiap pembeli, sehingga akan lebih mudah untuk Anda melakukan personalisasi dan pastinya akan meningkatkan penjualan sales.

2. Jaga hubungan pelanggan dengan tawarkan sertifikat gift atau hadiah

Jika Anda merupakan marketer bagi brand yang menawarkan jasa maka pemberian sertifikat hadiah adalah hal terbaik dalam cara meningkatkan penjualan sales. Berikan sertifikat atau semacam kupon yang dapat ditebus oleh pelanggan Anda sehingga mereka merasa mendapatkan perlakuan spesial dari Anda. Dengan aplikasi CRM, Anda akan dibantu dalam mengingat dan menyimpan customer journey dan data-data pelanggan yang Anda perlukan.

3. Gunakan juga kesempatan ini untuk melakukan cross selling

Tawarkan produk dan jasa yang dapat diperoleh sekaligus dalam bentuk paket. Tawarkan produk yang sekiranya cocok dengan barang atau jasa yang mereka ingin dapatkan. Cross selling dapat juga dilakukan lewat pemberian gift certificate atau sertifikat hadiah dengan menawarkan harga yang lebih murah dengan tambahan jumlah barang atau jasa yang ditebus oleh pelanggan Anda.

4. Tawarkan jasa antar gratis

Biasanya, bisnis online yang menjual barang-barang akan dikenakan biaya atau ongkos kirim. Tawarkan bebas ongkir dan juga bonus khusus seperti free buket bunga atau free cokelat untuk dinikmati gratis oleh pelanggan yang berbelanja. Tambahan ini akan membuat pelanggan merasa spesial dan tidak ingin ketinggalan.

Kirimkan kartu atau hadiah kecil untuk klien yang dulu pernah menjalin hubungan maupun klien yang sedang berlangsung kerjasamanya.

5. Lakukan analisis terperinci dan terprediksi

Paling utama, cara meningkatkan penjualan sales adalah dengan mengetahui pasar dan kemampuan menganalisis data yang ada. Dengan menggunakan aplikasi CRM, semua data pelanggan yang masuk dapat secara otomatis dianalisa dan diprediksi. Hal ini tentu sangat memudahkan para marketer dan tim sales untuk meningkatkan penjualan salesnya.

Permudah Cara Meningkatkan Penjualan Sales Anda Sekarang

qontak adalah salah satu cara meningkatkan penjualan sales

Itulah 5 cara meningkatkan penjualan sales pada perusahaan Anda. Dengan bantuan aplikasi CRM Qontak.com, Anda dapat dengan mudah meningkatkan penjualan. Qontak.com menyediakan solusi end-to-end melalui aplikasi sales marketing yang dapat terhubung ke WhatsApp API dan omnichannel lainnya. Qontak.com telah menangani klien dengan berbagai skala perusahaan dari beragam jenis industri. Teknologi yang ditawarkan Qontak.com telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi sales marketing Qontak.com adalah sebagai berikut:

  • Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan. Aplikasi CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis para pelanggannya.
  • Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung.
  • Pelaporan dan analisis yang lengkap untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
  • Memiliki fitur pelacakan KPI marketing maupun sales dan task management yang dapat dikostumisasi. Sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan.
  • Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
  • Memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan/layanan penuh terhadap penggunanya.

Untuk mengetahui cara kerja CRM marketing serta konsultasi aplikasi sales marketing  yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, segera hubungi Qontak.com.

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales