Mekari Qontak
Marketing Other Business

Cara Mengampanyekan Startup Lebih Efektif

Marketing Campaign

Mengadakan kampanye marketing merupakan bagian dari strategi marketing yang harus dilakukan oleh siapa saja yang memiliki bisnis di dunia online. Kampanye merupakan salah satu cara membangun exposure terbaik, dan menjangkau bahkan mereka yang tadinya bukan termasuk ke dalam target market utama dan persona dari brand Anda. Beberapa cara untuk melakukan kampanye marketing bagi Anda pemiliki startup agar bisnis Anda segera dikenal antara lain.

  1. Tetaplah lakukan cara-cara marketing konvensional yang terbukti berhasil

Dulu tanpa adanya internet, marketing konvensional terbukti berhasil. Mengapa tidak menggunakan cara-cara lama yang memang masih terbukti bekerja sekarang? Lakukan networking dengan cara bertemu langsung dan bertatap muka dengan mereka yang berpotensi menjadi partner bagi startup Anda atau bahkan menjadi orang yang akan membantu operasional di dalam bisnis Anda. Anda dapat melakukan networking dengan orang-orang yang bisa memberikan nasehat berharga bagi bisnis Anda dengan cara yang tidak terduga. Sukses dapat dicapai jika Anda banyak bertemu dengan orang-orang yang sudah paham dengan apa yang Anda hadapi sebelumnya.

Marketing Campaign

Sumber gambar: designbyfriday.com

  1. Manfaatkan website bisnis Anda

Dalam melakukan kampanye, percuma saja jika Anda tidak sekaligus mengoptimasi website Anda untuk menerima trafik dari mereka yang melihat dan mengakses kampanye Anda. Anda dapat memulai dengan blog sebelum membeli nama domain, sehingga saat kampanye dijalankan, orang yang terekspos oleh kampanye Anda ini tahu ke mana harus mencari dan menghubungi. Pasangi juga website Anda dengan SEO agar kampanye marketing Anda juga efektif.

  1. Melakukan kampanye marketing melalui social media

Ibarat pasar tempat berkumpulnya semua orang yang merupakan trafik bagi website Anda, promosi dan kampanye juga perlu dilakukan melalui social media sehingga mereka yang ada di dalamnya dan aktif menggunakannya akan mendapatkan informasi mengenai siapa Anda dan apa yang brand Anda sediakan, sehingga dapat berubah menjadi warm traffic yang menghasilkan konversi. Strategikan cara Anda menjangkau orang-orang di media social dan pilih platform tempat market Anda paling banyak berada. Atur update di platform media sosial bisnis Anda menggunakan dashboard yang memungkinkan Anda melakukan monitoring.

Marketing Campaign

Sumber gambar: marketingmo.com

  1. Gunakan email marketing

Email marketing boleh jadi merupakan medium kampanye marketing yang paling efektif. Dengan menggunakan software pembangun kampanye marketing via email yang sudah ditata mengikuti kebutuhan bisnis Anda, dijamin kampanye marketing via email marketing Anda dapat sukses dan mendatangkan konversi yang dibutuhkan. Pastikan Anda memiliki database yang sudah cukup solid karena Anda membangunnya lewat landing page dan penawaran yang tepat, sehingga mereka yang merupakan subscriber memang adalah orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda. Rancang sales funnel yang strategis sehingga membuat customer yang melakukan subscribe mau tidak mau akan menerima email Anda yang dirancang personal bagi mereka, membuka dan mengikuti instruksi yang ada di dalamnya yang tidak hanya menawarkan sejumlah benefit, namun juga berujung pada konversi yang bisnis Anda butuhkan.

Bagaimanakah kampanye marketing yang ideal bagi bisnis Anda?

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales