Daftar isi
7 min read

7 Cara Mudah Mendaftar API Instagram (Updated 2024)

Tayang 19 Februari 2023
Diperbarui 30 Januari 2024
Cara Mudah Mendaftar API Instagram
7 Cara Mudah Mendaftar API Instagram (Updated 2024)

API Instagram merupakan fitur Instagram untuk meningkatkan layanan pelanggan pemilik bisnis toko online (shop) di Instagram.

Dengan API Instagram, Anda dapat mengintegrasikan Instagram Shop dan menerapkan auto IG Direct Message (DM) dengan aplikasi penjualan CRM sehingga proses sales dalam bisnis Anda lebih terotomatisasi.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan chat bot Instagram sehingga dapat memberikan balasan otomatis (auto reply) pada setiap Instagram DM yang masuk.


Apa itu API Instagram?

API Instagram adalah fitur IG yang dapat membuat interaksi antara pelanggan dan perusahaan atau bisnis lebih efisien.

Kata API diambil dari singkatan Application Programming Interface yang berisi serangkaian kode yang dapat diintegrasikan dengan software tertentu dimana akan terkoneksi dengan akun Instagram Anda.

Karena sifatnya yang fleksibel, Messenger API Instagram dapat diintegrasikan atau disambungkan dengan alur kerja atau sistem lain yang sudah Anda miliki atau aplikasi lain.

Pada hal ini, Messenger API akan sangat berguna jika diintegrasikan dengan aplikasi Omnichannel untuk pelayanan pelanggan dan aplikasi CRM untuk monitor status tiket atau penjualan.

Perbedaan antara Instagram Messeger dengan API Instagram:

Fitur Instagram Instagram API 
Akses untuk Multi Agent (Instagram Banyak Admin) Agen CS perlu akses akun Instagram asli Agen CS perlu akses akun Qontak.com
Chat Bot Instagram (Auto reply Instagram DM) Ya
Sistem Perutean Agen (Agent Routing) Ya
Integrasi Omnichannel Ya
Integrasi Sistem CRM Ya
Manajemen Database Pelanggan & Obrolan Ya
Manajemen Order untuk Penjualan Ya
Laporan Kinerja dan Analisis Ya

 


7 Cara Mendapatkan Instagram API

Step 1. Daftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia Qontak.com

Qontak.com

Mendaftar ke Mitra Resmi Messenger API untuk Instagram seperti Qontak.com sangatlah penting. Hal tersebut merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan Messenger API. Qontak.com akan memastikan Anda memiliki seluruh fitur IG API shop yang dibutuhkan salah satunya seperti bot Instagram dengan harga terjangkau.
Qontak.com akan men-set up aplikasi Omnichannel yang merupakan medium untuk Messenger API.

Step 2. Pastikan Memiliki Akun Facebook Business Manager

Untuk dapat menggunakan Messenger API, Anda perlu memiliki akun Facebook Business Manager. Jika belum memilikinya, Anda bisa dengan mudah membuat dan mendaftarkannya untuk proses selanjutnya. Untuk API Instagram, Akun Facebook Business Manager tidak perlu diverifikasi terlebih dahulu.

Step 3. Pastikan Memiliki Facebook Page dan Role Admin

Pastikan bisnis atau perusahaan sudah memiliki Facebook Page. Jika belum memilikinya, Anda dapat membaca panduan resmi dari Facebook mengenai Cara Membuat Facebook Page

Setelah memiliki Facebook Page, pastikan akun Facebook yang Anda gunakan memiliki role sebagai Admin di Facebook Page tersebut. Cek disini apakah akun Facebook yang Anda gunakan merupakan Admin.

Step 4. Pastikan Menggunakan Akun Instagram Business

Penyedia IG API

Karena penggunaannya diutamakan untuk bisnis dan perusahaan, maka pastikan akun Instagram yang Anda miliki adalah akun Instagram Business atau Professional Account. Berikut adalah cara mengubah akun Instagram biasa ke akun Instagram Business (Professional Account):

  1. Buka halaman profile Instagram dan klik tombol di pojok kanan atas.
  2. Klik ‘Settings’ lalu klik ‘Account’.
  3. Klik ‘Switch to Professional Account’ dan klik ‘Continue’.
  4. Pilih kategori bisnis Anda dan klik ‘Done’ dan selanjutnya ‘OK’ untuk konfirmasi.
  5. Klik ‘Next’ dan masukkan detail kontak.

Step 5. Sambungkan Facebook Page dengan Akun Instagram Business

Setelah memiliki Facebook Page dan akun Instagram Business (Professional Account), langkah selanjutnya ialah memastikan Facebook Page dan akun Instagram Anda tersebut tersambung.

Berikut adalah cara menyambungkan Facebook Page dengan akun Instagram Business:

  1. Buka halaman profile Instagram.
  2. Pilih ‘Edit Profile’.
  3. Di bagian ‘Public Business Information’, klik ‘Page’.
  4. Klik ‘Create Facebook Page’ atau ‘Connect an Existing Page’.
  5. Pilih Facebook Page yang ingin Anda sambungkan atau pilih ‘Create a New Facebook Page’.
  6. Klik ‘Done’ setelah Anda memilih Facebook Page atau membuat baru.

Step 6. Mitra Resmi akan Set Up Instagram API

Instagram API Setup oleh Mitra Resmi

Setelah persyaratan di atas sudah dilengkapi, Qontak.com sebagai Mitra Resmi akan set up Messenger API Anda melalui aplikasi Omnichannel Qontak.com.

Step 7. Instagram API Siap Digunakan

Instagram API Inbox

Setelah di set up, Qontak.com akan memberikan informasi berupa username dan password untuk mengakses Messenger IG API. IG API pun siap digunakan.


Mengapa API Instagram Penting untuk Bisnis Anda?

Penggunaan Messenger API menjadi penting untuk bisnis karena sifatnya yang fleksibel dapat memudahkan proses penjualan di bisnis atau perusahaan Anda lebih efektif.

Berikut adalah beberapa manfaat lainnya dari penggunaan Instagram API:

  • Bisnis dapat menjawab pesan pelanggan 24/7 karena dibantu oleh chat bot Instagram yang mampu menjawab pertanyaan atau melayani pelanggan (autoresponder bot Instagram Direct Message).
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan karena personalisasi pesan atau respon yang diberikan, baik melalui admin atau bot Instagram.
  • Hemat biaya dibandingkan harus mempekerjakan banyak tim untuk melakukan laporan dan analisis penjualan di Instagram Shop dan percakapan.
  • Mudahkan pelanggan berbelanja langsung dari platform Instagram Shop.
  • Integrasi dengan aplikasi Omnichannel terbaik sehingga Anda dapat menjawab pesan pelanggan dari WhatsApp, Facebook Messenger, Instagram, Twitter, Line, Telegram, dan Email dalam satu dashboard atau tampilan.
  • Integrasi dengan aplikasi CRM untuk mengatur dan memonitor penjualan dari toko online Instagram Anda.
  • Keamanan terjamin dengan sistem end-to-end encryption dipastikan semua percakapan hanya dapat diakses oleh bisnis dan pelanggan yang berinteraksi.

Baca juga: Cara Meningkatkan Engagement Rate di Instagram


Bagaimana Contoh Penggunaan API Instagram yang Baik bagi Bisnis?

Berikut adalah 12 contoh penggunakan API Instagram untuk bisnis:

1. Balasan Cepat (Quick Reply)

Anda bisa menjawab direct message (DM) pelanggan secara cepat dengan fitur Balasan Cepat (quick reply). Anda cukup klik opsi jawaban quick reply tersebut yang sudah Anda atur sebelumnya.

Balasan-Cepat-pada-API-Instagram

2. Ice Breaker

Sebagai pelanggan, saat mereka mulai tertarik dengan bisnis atau perusahaan Anda, mereka mungkin ingin bertanya langsung melalui DM Instagram. Pelanggan Anda dapat menggunakan fitur Ice Breaker sebagai cara untuk memulai sebuah percakapan. Fitur ini hanya terdapat pada akun Instagram API.

Ice-Breaker-pada-API-Instagram-

3. Sesi 24 Jam

Untuk menjaga pelayanan pelanggan agar tetap baik, bisnis atau perusahaan perlu menjawab pesan pelanggan dalam kurun waktu 24 jam dari waktu terakhir pelanggan mengirimkan pesan tersebut. Namun tidak perlu khawatir, Anda juga dapat mengirimkan pesan ke pelanggan di luar sesi 24 jam.

Sesi-24-Jam-pada-API-Instagram

4. Simpan History Pesan Otomatis

Dengan Messenger API, Anda dapat menyimpan seluruh kontak dan history percakapan secara otomatis ke database Anda. Termasuk seluruh percakapan dengan bot Instagram.

History-Pesan-Otomatis-pada-API-Instagram

5. Balas Comment/Mention secara Pribadi

Messenger Instagram API memudahkan Anda menerima notifikasi komen atau mention lalu menjawabnya melalui pesan langsung (direct message).

Balas-Comment-Mention-pada-API-Instagram-

6. Kategorisasi Pesan (Filter Pesan)

Semua pesan yang Anda terima di Instagram dapat dikategorisasikan atau diberi tanda sehingga memudahkan Anda untuk memfilter pesan-pesan tersebut.

Kategorisasi-Pesan

7. Asisten Robot (Chat Bot Instagram)

Bisnis dan perusahaan sekarang dapat menggunakan asisten robot atau chatbot di Instagram untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan yang berulang (FAQ) atau mudah.

Chat-Bot-pada-API-Instagram

8. Distribusi Pesan ke Admin (Agent Routing)

Jika bisnis atau perusahaan Anda menerima ratusan pesan setiap harinya dari orang berbeda, akan menyulitkan jika Anda tidak memiliki admin atau agen CS yang cukup dan tangkas. Oleh karena itu, dengan menggunakan Messenger Instagram API, Anda dapat mendistribusikan banyak pesan yang masuk di Instagram secara rata dan adil ke admin/agen CS dengan sistem agent routing.

Agent-Routing-pada-API-Instagram

9. Menyelesaikan Pesan (Resolved)

Admin atau agen CS dapat mengubah status pesan dari open menjadi resolved, yang artinya pesan atau permasalahan pelanggan telah diselesaikan dengan baik oleh admin/agen CS. Hal ini penting jika bisnis atau perusahaan Anda mengukur KPI customer serviceLogo Mekari Qontak.

Menyelesaikan-Pesan

10. Laporan dan Analisa Seluruh Pesan Masuk

Dapatkan seluruh laporan dan analisa menyeluruh dengan API Instagram untuk setiap pesan yang Anda terima. Laporan dan analisa berupa jumlah pesan yang diterima setiap harinya, jenis pesan yang diterima, jumlah kontak baru yang diterima, dan lain-lain.

Analisa-Pesan-Masuk

11. Laporan dan Analisa Kinerja Admin

Anda dapat mendapatkan laporan dan analisa kinerja admin atau agen CS yang menangani seluruh pesan pelanggan. Laporan dan analisa Messenger API berupa jumlah pesan yang ditangani admin berdasarkan waktu, jumlah pesan yang sudah diselesaikan, lama waktu admin atau agen CS menjawab merespon pesan, status online/offline, dan lain-lain.

Laporan-Kinerja-Admin-pada-API-Instagram

12. Monitor Hasil Penjualan

Lihat dan monitor seluruh hasil penjualan yang Anda dapatkan melalui Instagram secara langsung di aplikasi CRM. API Instagram dapat diintegrasikan dengan aplikasi penjualan seperti CRM sehingga Anda dapat melihat seluruh aktivitas penjualan yang terjadi melalui Instagram Anda.

Hasil-Penjualan


Maksimalkan Penggunaan API Instagram pada Bisnis Anda Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Dengan ketatnya persaingan antar bisnis saat ini, Messenger API dapat menjadi strategi komunikasi dengan pelanggan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Dilengkapi dengan bot Instagram untuk Instagram Shop Anda, Qontak.com telah memudahkan lebih dari 1000+ bisnis untuk memperoleh manfaat di atas.

API Instagram bisa didapatkan melalui Mekari Qontak yang tersertifikasi ISO 27001 untuk menjamin keamanan data Anda dan pelanggan. Dengan begitu, Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan lebih nyaman. Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis lebih baik.

Kategori : BisnisInstagram
WhatsApp WhatsApp Sales