Mekari Qontak
Other Business

Cara Membuat Budget Secara Profesional

Marketing Budget

Begini Cara Membuat Budget yang Efisien dan Efektif

Budget atau perencanaan keuangan merupakan bagian penting bagi perusahaan yang hendak dijual produk maupun jasanya. Terkadang negosiasi untuk membuat budget atau alokasi keuangan bagi kegiatan promosi seringkali harus banyak disesuaikan dengan peraturan perusahaan, riwayat marketing sebelumnya, keterbatasan waktu atau banyaknya batasan lainnya seperti ketiadaan tenaga dan lainnya. Lalu bagaimana cara membuat budget perusahaan yang efisien serta profesional, hal-hal berikut dapat Anda lakukan:


Apa itu Budget?

Budget adalah rencana keuangan yang disusun secara sistematis dalam periode waktu tertentu. Biasanya rencana keuangan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan perusahaan yang akan datang yang dinilai berdasarkan satuan uang.

Budget membantu mengalokasikan biaya yang dikeluarkan bisnis untuk mencapai tujuan perusahaan. Cara membuat budget perusahaan yang baik, akan mendapatkan hasil maksimal. Rencana budgeting yang telah disusun sebelumnya akan menjadi pedoman atau petunjuk untuk pelaksanaan proyek atau kegiatan perusahaan.


Apa Fungsi Budget (Anggaran)?

Budgeting berfungsi untuk mengkoordinasi rencana perusahaan agar berjalan sesuai rencana. Fungsi budget lainnya sebagai berikut:

– Planning

  • Mendorong pihak manajemen untuk meneliti dan mempelajari semua aktivitas perusahaan yang akan dilaksanakan.
  • Mengontrol biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan
  • Mengarahkan seluruh sumber daya yang dimiliki perusahaan, mulai dari tenaga kerja, peralatan dan dana

– Coordinating

  • Menempatkan modal hanya pada saluran yang sesuai dengan program kerja perusahaan.
  • Membantu membandingkan antara rencana aktivitas perusahaan dengan pelaksanaan di lapangan.
  • Identifikasi kelemahan organisasi/perusahaan, dan proses perbaikan kelemahan yang ada.

– Controlling

  • Mengontrol pengeluaran yang tidak perlu
  • Membantu menetapkan standar baru

Apa Manfaat Budgeting?

Berikut Manfaat membuat budgeting, meliputi:

  • Menyediakan informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.
  • Kegiatan perusahaan dapat lebih terarah sesuai dengan tujuan.
  • Mendorong kolaborasi antar pekerja.
  • Dapat digunakan sebagai bahan evaluasi performa perusahaan dan pekerja.
  • Menghindari pemborosan dan pembayaran yang kurang perlu.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas sumber daya yang dimiliki perusahaan seperti tenaga kerja, peralatan dan modal.

Bagaimana Cara Membuat Budget Perusahaan yang Efisien?

1. Menentukan tujuan

Anda harus menentukan tujuan atau goal apa yang hendak Anda capai saat budget atau dana untuk menjalankannya sudah turun. Dengan berpikir demikian, Anda pun akan bisa memetakan berapa banyak biaya yang Anda butuhkan dan kebutuhan apa saja yang memerlukan biaya dan alokasi secara bijaksana agar goal dari strategi bisnis yang Anda buat dapat tercapai.

2. Memisahkan tujuan strategis jangka panjang serta tujuan jangka pendek

Dengan memisahkan mana tujuan jangka panjang atau gambaran besarnya, serta membuat bullet points mengenai tujuan-tujuan jangka pendek yang dibuat menjadi check list untuk segera dipenuhi, perencanaan keuangan Anda dapat menjadi lebih efektif dengan langkah lanjutan yang lebih jelas. Misalnya tujuan jangka panjang dari budgeting strategi marketing dapat berupa perkiraan pendapatan atau volume sales yang harus dicapai.

3. Tuliskan serta jabarkan secara jelas rencana alokasi keuangan

Meski memakan banyak waktu dan pikiran untuk mengerjakannya, hal ini lebih baik dilakukan sejak awal agar Anda tidak perlu kebingungan atau berisiko harus bertanggung jawab atau alokasi dana yang kurang jelas. Untuk memetakan secara mendetail, cobalah tentukan satu pendapatan sales yang hendak dicapai, misalnya IDR 60,000,000 atau sudah disepakati dengan usaha marketing yang hendak Anda lakukan, lalu riset apa saja strategi dan pihak ketiga yang akan terlibat untuk bisa melakukan usaha marketing dan perkiraan biayanya.

Jika budget yang Anda susun tampak membengkak, cobalah kembali mengevaluasinya, mulai dari objektif marketing, ekspektasi sales sesuai dengan budget yang memungkinkan, serta strategi marketing lain yang bisa lebih menekan budget.


Kelola Pengeluaran Budget Anda dengan Aplikasi CRM Sekarang!

Setelah membuat budget tentu saja Anda perlu mengawasinya apakah telah berjalan sesuai dengan rencana yang dibuat. Untuk mengontrol itu semua, saat ini banyak bisnis memanfaatkan aplikasi CRM. Salah satu penyedia aplikasi CRM terbaik di Indonesia adalah Qontak.com

Qontak.com mengelola seluruh aktivitas bisnis Anda dalam platform terpadu secara mendetail. Dengan begitu, Anda bisa mengawasi seluruh aktivitas bisnis hanya dari satu platform. Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000 bisnis untuk mengelola sales, marketing dan customer service mereka.

Hubungi Qontak.com sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales