Mekari Qontak
Other Business

Be A Smart Job Seeker

Kita semua pasti sudah pernah mengalami sulitnya mencari pekerjaan untuk pertama kali, frustasi dan sedikit depresi bercampur dengan tekanan dari diri sendiri maupun lingkungan dimana ada pandangan miring ketika usia produktif namun belum bekerja atau tidak ada kegiatan yang menghasilkan.

Daripada Anda bingung dan frustasi tentang pekerjaan yang tak kunjung dapat, coba evaluasi diri terlebih dahulu dan persiapkan diri Anda dengan lebih matang sebagai “Smart Job Seeker” dengan tips berikut ini.

 

Perhatikan Keadaan Finansial Anda.

Jika Anda sekarang sedang mencari pekerjaan baru atau pertama kali mencari pekerjaan, perhatikan dengan benar keadaan finansial pribadi, lihat dimana ada pengeluaran extra yang harusnya bisa Anda sisihkan untuk persiapan kerja nantinya.

 

Jujur Kepada Diri Sendiri.

Siapkan waktu untuk evaluasi diri Anda sendiri, baik kemampuan, kekurangan dan kelebihan dimana nantinya Anda sendiri yang paham dan mengerti pekerjaan atau karir apa yang Anda inginkan.

 

Target Yang Realistis.

Dengan target yang Anda tetapkan sendiri, buat setiap waktu berharga, kurangi aktifitas yang bisa memecah fokus Anda, buat catatan pribadi untuk berapa banyak aplikasi lamaran kerja yang sudah Anda kirimakan untuk memastikan Anda, catatan kecil untuk diri sendiri seperti “Hari ini minimal 10 lamaran kerja terkirim” atau “Minimal 5 orang relasi baru untuk memperluas jaringan profesional” bisa menjadi awal yang bagus.

 

Perlakuan Yang Sama.

Memang Anda belum mendapatkan pekerjaan tersebut, tetapi perlakuan profesional terhadap pekerjaan yang Anda cari juga tidak ada ruginya bukan? Tingkatkan disiplin terhadap diri sendiri selalu berakibat baik.

 

Bangun Jaringan Profesional Bukan Jaringan Pencari Kerja.

Kesalahan dasar dalam membangun jaringan profesional yang sering dilakukan, Anda berpikiran mereka akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan, ingat jaringan profesional bertujuan untuk memperluas bisnis dan karir juga pengetahuan Anda tentang kabar terbaru dari dunia profesional yang pasti berguna untuk Anda, mendapatkan pekerjaan dari jaringan profesional merupakan bonus.

 

Fokus Pengembangan Diri.

Belum bekerja? berarti banyak waktu luang untuk meningkatkan kemampuan Anda, pelajari skill dan kemampuan tambahan yang dapat meningkatkan nilai Anda dimata perekrut sambil kegiatan pencarian tetap dilakukan, buat aktifitas ini nyaman dan menyenangkan.

Contoh mudah, Anda seorang lulusan desain grafis, apa yang memberikan nilai tambah untuk Anda selain kemampuan Anda menguasai software desain dan membuat konsep? skill tambahan seperti fotografi atau desain website bisa menjadi nilai tambah yang bagus.

 

Bantuan Profesional.

Anda pasti memiliki teman atau anggota keluarga yang sudah bekerja bukan? tanya mereka untuk tau sedikit banyak mengenai lingkungan profesional, akan lebih bagus jika mereka memilki satu jurusan pekerjaan dengan Anda untuk menghindari kesalahan yang sama yang mungkin pernah mereka lakukan dulu.

 

Tetap Optimis.

Apa Anda mengetahui bahwa para staff perekrut bisa merasakan aura pesimis saat pertama kali mereka berbicara dengan Anda? Tidak ada yang mau merekrut orang pesimis. Tetap semangat dan optimis dan berikan keyakinan pada perekrut bahwa Anda yang mereka cari tapi jangan berlebihan seperti yang sudah kita bahas di point sebelumnya.

 

Ingat, dunia karir dan pekerjaan maupun bisnis berkembangn dengan pesat setiap saat, jenis pekerjaan baru banyak bermunculan, pastikan Anda bisa mengejar hal itu sesuai dengan bakat dan bidang Anda.

 

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales