Mekari Qontak
Marketing

Bagaimana Cara “Berkisah” di Dunia Serba Digital?

Digital Storytelling

Berkisah atau menyampaikan sebuah cerita merupakan salah satu teknik marketing di era digital yang lebih efektif dibandingkan dengan langsung menawarkan produk ke hadapan para calon customer. Dengan kisah yang tepat, penonton atau penikmat akan memiliki gambaran jelas dan terketuk sisi emosionalnya, yang merupakan pemicu terkuat untuk terjadinya pembelian. Di dalam menyampaikan kisah di dunia digital, terdapat beberapa aturan kunci dan trik mendasar yang dapat menjadi awal Anda memformulasikan sebuah kisah, yaitu sebagai berikut:

  1. Apakah kisah yang Anda sampaikan untuk menjual bisnis Anda adalah kisah yang mudah diingat untuk selamanya?

Kisah disampaikan dengan tujuan menciptakan kenangan yang menempel, dan itulah elemen penting dalam melakukan penjualan di era serba visual, digital dan cepat berubah ini. Saat kisah yang dibuat berhasil mengajak pembaca menjadi bagian di dalamnya, besar kemungkinan mereka akan mengingat brand Anda. Kisah yang menyentuh emosi, bersifat personal sehingga siapa saja bisa merasa dirinya terwakili, merupakan tipe kisah yang berpotensi melekat dalam ingatan calon customer, dan membuat mereka memiliki asosiasi dengan brand Anda.

Digital Storytelling

Sumber gambar: creativeeducator.tech4learning.com

  1. Mengertilah platform distribusi Anda dalam berkisah

Social media yang menjadi medium Anda untuk berkomunikasi dengan audiens Anda dalam bentuk kisah dan cerita yang menarik memiliki karakteristik yang berbeda-beda satu sama lain. Kenali media sosial yang ingin Anda jadikan medium Anda, dan formulasikan kisah yang sesuai dan relevan dengan target market Anda. Setelah itu, lakukan postingan pada jam-jam yang tepat dan lakukan ‘dorongan’ call to action ewat pemasangan ads yang dapat memberikan Anda trafik dan leads yang berharga.

Digital Storytelling

Sumber gambar: techlearning.com

  1. Masukkan produk dan branding bisnis Anda dalam cara yang tidak terlalu ‘menjual’

Pembeli di dunia digital sudah lebih pintar sehingga branding bisnis yang Anda lakukan perlu lebih cerdik lagi. Kisah dapat menjadi kendaraan yang tepat saat kontennya sesuai dan dengan mulus memasukkan produk Anda. Selain mengundang interaksi, yang merupakan awal yang baik bagi penjualan yang sukses, kisah yang murni bercerita akan mendapatkan lebih banyak dukungan, yang akhirnya menjadi dukungan bagi brand bisnis Anda.

Bagaimanakah cara Anda berkisah dengan bisnis Anda? Sudahkah kisah bisnis Anda didengar banyak orang dan mudah diingat?

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales