Daftar isi
8 min read

9 Aplikasi Ticketing Berbasis Web Terbaik 2024

Tayang 07 Maret 2023
Diperbarui 31 Januari 2024
aplikasi ticketing-TalkDesk
9 Aplikasi Ticketing Berbasis Web Terbaik 2024

Aplikasi ticketing mengotomatisasi manajemen interaksi pelanggan dari berbagai saluran dalam satu panel. Aplikasi helpdesk ini mampu mengelola percakapan dari beberapa saluran  seperti email, telepon, video, media sosial, webchat dan SMS. Kemampuan ini membantu bisnis memberikan layanan pelanggan lebih cepat dan efektif.

Selain itu, aplikasi ticketing juga mampu meningkatkan efisiensi bisnis baik dari segi produktivitas maupun biaya operasional.

Bahkan aplikasi ini dapat meniadakan biaya tersebut dengan integrasi sistem otomatis. Dalam waktu bersamaan, aplikasi helpdesk dapat menghemat waktu kerja tim support hingga 670 jam per tahun.

Pelajari selengkapnya mengenai rekomendasi software aplikasi ticketing berbasis web terbaik untuk bisnis pada artikel dibawah ini.


Apa itu Aplikasi Ticketing Berbasis Web?

Aplikasi ticketing adalah sebuah program yang digunakan untuk menampung, mengelola, dan melacak seluruh permintaan pelanggan, seperti pertanyaan atau keluhan.

Sistem tersebut akan mengubah seluruh permintaan yang berasal dari berbagai saluran seperti WhatsApp, WhatsApp Chatbot, Facebook Messenger, email, dan sebagainya, menjadi sebuah tiket pelanggan.

Sedangkan Aplikasi ticketing berbasis web adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mempermudah dan mengontrol setiap pertanyaan, keluhan dan permintaan pelanggan yang masuk ke website bisnis. Lewat aplikasi helpdesk ini, Anda dapat memantau progres penyelesaian keluhan tersebut.

Selain itu, setiap departemen dalam bisnis Anda dapat melakukan pelaporan keluhan pelanggan yang dilakukan oleh pelanggan secara real-time dan dimana saja. Hal ini mendorong produktivitas karyawan serta menghemat waktu tunggu pelanggan


Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Ticketing Berbasis Web?

Aplikasi ticketing helpdesk bekerja secara otomatis merekam seluruh interaksi yang masuk dari saluran-saluran yang berbeda dalam satu database. Kemudian sistem akan membuat tiket untuk setiap interaksi yang akan ditampilkan pada papan kanban.

Tiket-tiket ini dapat digunakan untuk pelanggan atau tim support Anda dalam menginisiasi proses dari setiap pertanyaan di tahap manapun. Semua tiket yang terdaftar di ticketing system akan diteruskan ke konteks percakapan. Selanjutnya akan digabungkan dan dipisah sesuai kebutuhan tiap kasus.

Manajer dapat memantau sejauh mana tiket-tiket telah ditindaklanjuti. Mereka juga bisnis mengidentifikasi tiket yang akan membusuk atau experied untuk segera ditindaklanjuti oleh agen. Dengan begitu, tidak ada lagi tiket pelanggan yang terabaikan.


9 Rekomendasi Aplikasi Ticketing Berbasis Web

1. Mekari Qontak

aplikasi-ticketing-berbasis-web-qontak

Mekari Qontak adalah aplikasi ticketing berbasis web yang memudahkan tim menyelesaikan tiket lebih cepat. Anda juga bisa menambahkan catatan tertentu dan melakukan komunikasi sesama agen tanpa perlu berpindah aplikasi.

Aplikasi ticketing helpdesk Mekari Qontak juga memudahkan Anda dalam pelacakan tiket dan memastikan seluruh agen memiliki informasi yang sama. Bahkan Anda dapat menambah detail seperti foto maupun lokasi GPS.

Berikut fitur pendukung yang dimiliki aplikasi berbasis web dari Qontak.com:

  • Software ticket yang mudah disesuaikan dengan aliran tiket dan memungkinkan Anda untuk membangun pipeline dan tiket layanan pelanggan sendiri.
  • Integrasi sistem omnichannel yang memungkinkan Anda melayani pelanggan di mana saja berada dengan memanfaatkan pesan instan, telepon dan media sosial.
  • Manajemen service level agreement (SLA) yang memudahkan Anda memantau progres di setiap tahapan untuk menghindari pelanggan yang tidak dilayani.
  • Sistem Eskalasi & Reminder untuk menetapkan poin eskalasi sehingga dapat meningkatkan pelayanan pelanggan yang mulai membusuk untuk diproses ke tahap closing deal.
  • Business Intelligence Dashboard menampilkan laporan analitik bisnis Anda dalam bentuk spreadsheet atau rancang grafik yang dapat dipersonalisasi.
  • Sistem Perutean Agen yang dapat disesuaikan untuk menetapkan pesan secara otomatis sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Helpdesk Tiket Otomatis untuk melacak dan menyelesaikan tiket saat masuk atau cukup drag dan drop di sepanjang pipeline.
  • Integrasi robot ChatBot membuat obrolan FAQ dengan mudah dan mengotomatiskan tanggapan mudah dan memfasilitasi perdagangan.

2. LiveAgent

LiveAgent-aplikasi ticketing

LiveAgent adalah aplikasi ticketing berbasis cloud yang membantu Anda mempersonalisasi interasi pelanggan dalam satu platform. Aplikasi dini didukung dengan live chat web tercepat untuk membangun percakapan dengan pelanggan lebih luas. LiveAgent juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi untuk meningkatkan layanan.

Fitur yang ditawarkan oleh LiveAgent adalah:

  • Interactive Voice Response (IVR)
  • Rekaman panggilan tak terbatas
  • Pengaturan rute panggilan
  • Bantuan teknik selama 24/7

3. EVS7

EVS7-aplikasi ticketing

EVS7 adalah aplikasi ticketing berbasis cloud modern untuk segala skala bisnis. Aplikasi ini memungkinkan bisnis menagani panggilan secara efisien. EVS7 dilengkapi dengan laporan monitoring secara real time, dengan begitu manajer dapat proaktif memandu dan membantu agen mereka.

Fitur yang dimiliki EVS7 di antaranya sebagai berikut:

  • Click to Call with Voicemail Drops
  • Runs on Windows
  • Integrates with cloud-based CRMs
  • Send Emails & Texts
  • Receive Inbound Calls

4. TalkDesk

aplikasi ticketing-TalkDesk

TalkDesk merupakan aplikasi ticketing yang dirancang untuk mempermudah tim call center dalam menjalankan tugasnya. Salah satunya dalam menciptakan hubungan pelanggan yang konsisten dalam skala besar. TalkDesk juga menawarkan uji coba gratis untuk Anda yang ingin mencoba cloud call center software.

Fitur aplikasi TalkDesk adalah sebagai berikut:

  • Perekam panggilan otomatis
  • Integrasi dengan sistem live chat
  • Dashboard pelaporan
  • Routing Agent

 5. Jira Service Desk

Jira

Jira service desk adalah aplikasi helpdesk yang memungkinkan tim support Anda memproses permintaan pelanggan lebih cepat. Setiap tiket bisa diklasifikasikan berdasarkan produk, area atau departemen. Dengan begitu, Anda memiliki basis dokumentasi internal yang dapat digunakan untuk pelaporan dan analisis dalam pengambilan keputusan.

Fitur yang ditawarkan oleh Jira service desk antara lain:

  • Task assignment
  • Customization
  • Road maps
  • Integrasi dengan saluran lain
  • Pelaporan

6. Zendesk

Aplikasi-ticketing-zendesk

Zendesk memiliki aplikasi ticketing yang fleksibel untuk melaporkan insiden, peristiwa, masalah dan permintaan layanan dari berbagai saluran dengan. Bahkan fungsionalitas Zendesk dapat diperluas dengan mengintegrasikan alat yang sudah Anda gunakan sebelumnya seperti CRM software. Dengan aplikasi helpdesk ini, Anda dapat melacak matrik KPI sehingga dapat membuat keputusan yang tepat terkait cara mengatasi masalah operasional layanan pelanggan.

 7. Spiceworks

spiceworks-aplikasi-ticketing

Spiceworks adalah salah satu penyedia aplikasi ticketing helpdesk yang berlokasi di luar negeri. Saat ini mereka memiliki 3 kantor, yaitu di Amerika Serikat, Inggris, dan India. Dengan menggunakan Spiceworks network monitor, Anda bisa mengawasi server dan perangkat SNMP Anda melalui satu dashboard.

8. osTicket

osTicket-aplikasi ticketing

Dengan osTicket, Anda dapat menghubungkan SLA Anda dengan topik bantuan, departemen lainnya, atau filter tiket dan menyiapkan lansiran dan notifikasi terlambat saat Anda melewatkan tanggal jatuh tempo. Portal pelanggan berisi semua permintaan bantuan dan jawaban untuk akses di lain waktu.

10. Zoho Desk

zohodesk-aplikasi-ticketing

Zoho Desk menyediakan aplikasi ticketing helpdesk yang membantu tim support Anda untuk menyelesaikan masalah tiket secara efisien. Aplikasi ini didukung dengan  CRM software yang berguna untuk mengatur data pengguna dan mensinkronkan database. Dengan begitu, Anda memiliki akses ke riwayat tiket, seluruh aktivitas dalam sistem dan tren pengalaman pelanggan.

Baca juga: 23 Aplikasi Helpdesk Berbasis Web Terbaik untuk Bisnis


Manfaat Menggunakan Aplikasi Ticketing Berbasis Web

Aplikasi ticketing berbasis web membantu menangani semua permintaan layanan pelanggan secara efisien. Aplikasi helpdesk membantu meningkatkan produktivitas tim support Anda, karena mereka hanya fokus menyelesaikan permintaan pelanggan yang lebih kompleks.

Berikut manfaat lain yang akan dinikmati bisnis Anda setelah menerapkan aplikasi ticketing berbasis web:

  • Memprioritaskan permasalahan yang perlu diperhatikan dulu atau mendesak, komunikasi dengan pelanggan menjadi mudah dan memiliki alur pemecahan masalah yang kohesif antara semua pihak dengan pesan dari berbagai saluran dalam satu platform.
  • Menyelesaikan masalah pelanggan baik dengan cara yang sederhana maupun kompleks. Anda juga dapat menavigasi semua permasalah pelanggan yang masuk.
  • Mengorganisir daftar tugas yang dibuat berdasarkan prioritas yang akan membuat tim support dan pelanggan senang.
  • Menyimpan semua riwayat informasi pelanggan sehingga Anda tidak perlu menanyakan pertanyaan sama kepada mereka.
  • Bekerja secara efisien karena menangani banyak masalah yang berbeda dalam waktu bersamaan dan meminimalisir kesalahan manusia.
  • Respon cepat atas permintaan pelanggan kurang dari semenit dengan sistem otomatis ChatBot.
  • Memberikan solusi terbaik dari tim support yang menguasai keahlian sesuai permasalahan yang dialami pelanggan.
  • Memberikan pelayanan profesional karena solusi yang diberikan sesuai kebutuhan personal pelanggan bukan sekedar opsi umum.

Bagaimana Menentukan Aplikasi Ticketing yang Tepat?

Tidak semua sistem manajemen ticketing memiliki efisiensi yang sama. Ada beberapa fitur penting yang menjadi pertimbangan ketika memilih aplikasi helpdesk, di antaranya adalah kemudahan integrasi dan omnichannel.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menentukan aplikasi ticketing mana yang terbaik untuk bisnis Anda:

– Pahami Kebutuhan Pelanggan

Setiap pelanggan memiliki karakteristik berbeda-beda. Anda dapat mempelajari persona mereka dengan mengajukan beberapa pertanyaan umum. Atau memantau mereka dari media yang digunakan untuk menghubungi Anda seperti telepon, media sosial, atau email. Bisa juga menanyakan feedback pelanggan yang sudah berinteraksi, seberapa puas mereka dengan pelayanan yang Anda berikan.

– Kenali Kemampuan Tim Support

Sebuah bisnis harus mengetahui sejauh mana kemampuan tim support untuk menjangkau pelanggan. Apabila banyak pelanggan yang lebih suka berinteraksi melalui media sosial, maka Anda harus memfasilitasi tim support dengan Aplikasi ticketing yang terhubung dengan medsos. Begitu juga dengan media lainnya. untuk memudahkan menghubungkan semua saluran Anda bisa menggunakan ticketing terintegrasi dengan aplikasi CRM.

– Menentukan Sales Strategy untuk Tim Support

Pastikan tim support Anda dapat mengoperasikan dan mengatur aplikasi yang akan Anda pilih. Dengan begitu mereka bisa memanfaatkan software CRM menyelesaikan permasalahan pelanggan secara maksimal. Jangan lupa bekali mereka dengan sales strategy yang telah dibuat untuk memberikan layanan pelanggan lebih baik. Jelaskan juga dalam sales strategy Anda untuk tim supports memanfaatkan semua media yang dimiliki baik email, website, telepon dan sosial media. Maka dari itu Anda membutuhkan Aplikasi CRM helpdesk yang dapat mengakses semua media itu dari satu platform.

– Merencanakan Budget yang akan Dikeluarkan

Penting untuk membandingkan budget yang akan Anda keluarkan dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan dari software ticketing. Beberapa hal yang bisa jadi bahan pertimbangan sebelum Anda mengeluarkan biaya seperti ukuran tim Anda, Kompatibel dan dapat terintegrasi dengan aplikasi lain


Dapatkan Aplikasi Ticketing Berbasis Web Sekarang

Aplikasi ticketing berbasis web mendatangkan sejumlah keuntungan bagi bisnis Anda. Apapun pilihan software ticketing gratis  Anda, pastikan aplikasi helpdesk tersebut dapat membantu bisnis Anda dalam melacak, memprioritaskan, kemudahan integrasi dan omnichannel.

Mekari Qontak menyediakan solusi aplikasi ticketing helpdesk yang akan sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Kemudahan integrasi omnichannel CRM Mekari Qontak menyempurnakan strategi bisnis Anda. Omnichannel CRM akan mengotomatisasikan sistem sehingga akan membuat pekerjaan Anda dikelola dengan mudah dan efisien.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan layanan pelanggan lebih efisien. Qontak.com juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

WhatsApp WhatsApp Sales