Daftar isi
5 min read

Mengenal Cara Kerja Aplikasi Sales serta Fitur untuk Meningkatkan Kinerja

Tayang 22 Februari 2024
Diperbarui 27 Februari 2024
Mengenal Cara Kerja Aplikasi Sales serta Fitur Unggulannya
Mengenal Cara Kerja Aplikasi Sales serta Fitur untuk Meningkatkan Kinerja

Menjadi seorang sales tentu bukan pekerjaan mudah. Seorang sales dituntut untuk bekerja cepat memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal tersebutakan sulit dicapai tanpa bantuan aplikasi sales.

Selain dapat membantu memaksimalkan workflow, aplikasi sales juga dapat membuat siklus penjualan bekerja lebih cepat dan optimal. Kemampuan tersebut diperoleh berkat dukungan sistem yang terotomatisasi dan terintegrasi CRM.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang apa itu aplikasi sales pada artikel berikut ini!


Apa itu Aplikasi Sales?

Aplikasi sales adalah sistem membantu bisnis mengelola dan mengoptimalkan setiap siklus penjualan. Aplikasi ini bekerja dengan mengoptimalkan kinerja setiap tahapan penjualan mulai dari mengidentifikasi prospek potensial, tindak lanjuti prospek, melacak kesepakatan hingga transaksi.

Aplikasi penjualan ini juga dapat membantu bisnis membuat laporan dan analisis yang membantu tim penjualan dalam mendapatkan informasi yang relevan untuk memahami kebutuhan pelanggan dengan satu kali klik saja. Hal ini memudahkan tim penjualan mengekonversi.

Mengutip laporan state of sales LinkedIn bahwa sekitar 73% tenaga penjualan mengaku menggunakan teknologi untuk menutup lebih banyak kesepakatan.

Selain itu, aplikasi sales management juga didukung dengan kecerdasan buatan AI yang terintegrasi dengan Omnichannel CRM. Hal ini tentu dapat membantu sales aplikasi untuk mengotomatiskan proses serta menghubungkannya dengan berbagai software pendukung penjualan lainnya.


Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Sales?

Infografis-Cara Kerja Aplikasi salesorder

Penerapan cara kerja aplikasi sales sebenarnya cukup mudah.  Pertama, pengguna dapat menggunakan aplikasi sales  untuk meminta dokumen online yang dibutuhkan tanpa harus kembali kantor.

Sementara itu, mereka juga tidak perlu repot membawa file dan dapat meminimalisir risiko, seperti dokumen yang rusak atau hilang.

Selain itu, aplikasi penjualan juga dapat bekerja untuk membantu tim penjualan memeroleh seluruh informasi yang mereka butuhkan, seperti perencanaan rute yang paling efisien dan semua deskripsi permintaan layanan yang dibutuhkan.

Lebih lanjut, manajer dapat menggunakan aplikasi sales untuk memantau tim penjualan di lapangan dengan melihat live GPS dan real-time updates dari hasil perkembangan tugas yang dilakukan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat membantu manajer untuk merotasi lokasi kerja, mengganti tugas, dan peran tim penjualan di lapangan. Sedangkan tim yang berada di lapangan akan langsung mengetahui perubahan tugas tersebut melalui aplikasi penjualan yang terinstall di perangkatnya.


Manfaat Aplikasi Sales untuk Bisnis

Manfaat utama aplikasi sales order adalah menyederhanakan proses penjualan sehingga mampu mempercepat serta meningkatkan penjualan secara keselurahan. Hal ini juga berdampak pada pendapatan bisnis yang ikut meningkat.

Selain itu, manfaat dari aplikasi sales adalah sebagai berikut:

  • Mengelola proses dan penawaran produk lebih efektif

Melakukan sales order management melalui software penjualan dapat membantu melacak semua proses bisnis dan penawaran dalam satu sistem. Aplikasi ini juga mampu memvisualisasikan sales pipeline menggunakan sistem papan Kanban yang memudahkan dalam proses pemantauan penjualan.

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah menyesuaikannya dengan setiap tahapan bisnis yang unik. Termasuk untuk mengotomatisasi reminder pada tiap tahapan bisnis.

  • Melacak aktivitas penjualan secara keseluruhan

Menggunakan aplikasi sales order juga membantu manajemen dan melacak aktivitas penjualan sehingga dapat meningkatkan kinerja keseluruhan. Aplikasi ini mampu melakukan banyak hal seperti berikut:

  • Memantau seluruh aktivitas penjualan dan membangun metrik KPI
  • Memperoleh perspektif 360 derajat seluruh pelanggan
  • Menyimpan seluruh data penjualan
  • Meningkatkan customer service
  • Memberikan tim sales informasi penting tentang pelanggan dengan sekejap tanpa harus mencari di tumpukan kertas.
  • Memenuhi kebutuhan pelanggan secara cepat dan efisien.
  • Melalui otomatisasi proses dan dokumen, kesalahan terkait pesanan maupun pembayaran dapat berkurang sehingga dapat memberikan kepuasan pelanggan.
  • Efisiensi waktu kerja lebih cepat

Pekerjaan administrasi merupakan salah satu tugas yang paling menghabiskan waktu bagi tim sales. Dengan bantuan aplikasi, tim sales dapat mengotomatisasi berbagai dokumen dan masuk ke sistem CRM.

Hal ini dapat mengurangi entry data yang berulang sehingga dapat mengurangi waktu dan tenaga pegawai. Hanya dengan memasukkan data sekali ke dalam sistem, data tersebut dapat digunakan oleh tim lain dari berbagai departemen, baik itu procurement, accounting, hingga customer service.

  • Akses data dari mana saja melalui perangkat mobile

Kemudahan aplikasi yang bisa diakses melalui perangkat mobile memungkinkan tim sales untuk memproses dan mengakses data dari mana saja. Akses data yang cepat akan meningkatkan efisiensi dan memuaskan pelanggan.

Hal tersebut juga sangat bermanfaat bagi tim sales lapangan. Selain membantu mereka untuk mengakses data kapan saja, beberapa aplikasi seperti Qontak dapat berfungsi sebagai aplikasi sales lapangan untuk memantau keberadaan mereka melalui fitur live GPS. Ini tentu saja sekaligus membantu manajer sales dalam mengukur kinerja mereka.


Apa Saja Fitur yang Wajib Aplikasi Sales?

Aplikasi sales memiliki banyak fitur unggulan yang mendukung peningkatan penjualan bisnis Anda di antaranya sebagai berikut:

  • Akses Mobile, membuat tim penjualan tidak akan kehilangan data produktivitas atau fungsionalitas saat berada di luar kantor.
  • Reporting Detail, memberikan laporan detail kinerja seluruh individu maupun perusahaan apakah target matriks KPI
  • Lead Management / Manajemen Prospek, memprioritaskan manajemen prospek seperti melacak prospek potensial dari sumbernya, memberi peringatan, menindaklanjuti prospek hingga mencapai close deal melacak kesepakatan.
  • Otomatisasi Dokumen, dapat mengotomatiskan dokumen secara real time setiap pembaruan tindak lanjut prospek.
  • Integrasi Omnichannel, menghubungkan dengan aplikasi pendukung lainnya untuk menangkap prospek sebanyak-banyaknya.
  • GPS Tracking, membantu manajer sales dalam monitoring keberadaan tim penjualan saat bertugas di luar kantor.

Dapatkan Aplikasi Sales Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Penggunaan aplikasi sales pada bisnis tidak hanya dapat membantu mengotomatiskan semua tahapan penjualan, tetapi juga dapat membantu merampingkan workflow, mengoptimalkan kinerja tim sales, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis.

Namun, sebelum memilih aplikasi untuk sales, penting bagi bisnis untuk mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan dan harapan dari sistem tersebut. Sehingga bisnis dapat memilih aplikasi sales yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Salah satu penyedia aplikasi sales terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak.

Aplikasi sales CRM Qontak memiliki fitur canggih yang dapat mengoptimalkan dan meningkatkan penjualan bisnis Anda. Maka dari itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan untuk mengotomatiskan tahapan bisnis dan penjualan mereka. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Konsultasikan Kebutuhan Bisnis Anda dengan tim ahli dari Mekari Qontak secara Gratis di sini.

Kategori : Bisnis ToolsSales
WhatsApp WhatsApp Sales